Dalam hidup, pasti nggak terelakkan dari yang namanya masalah. Secara sederhana masalah itu sendiri didefinisikan sebagai suatu kondisi di mana ekspektasi nggak sesuai dengan realita. Dan kunci penyelesaiannya pun terletak pada respon diri sendiri dalam menyikapinya.

Memang nggak bisa dipungkiri ketika dihadapkan dengan masalah apalagi yang cukup pelik, hal itu akan sangat menyita fokus kamu. Tapi coba deh sebentar kamu lihat masalah itu dari sudut pandang berbeda selain hanya jadi beban. Berikut penulis akan bahas tiga alasan kenapa kamu justru bisa bersyukur dari adanya masalah. Nggak melulu harus berujung pada keluhan, kok.

1. Semakin mendekatkan kamu dengan sang Pencipta.

Masalah itu porsinya beda-beda, ada masalah yang porsinya besar, sedang, dan kecil. Selagi masalahnya masih bisa diselesaikan kamu mungkin masih boleh bernapas lega. Tapi gimana ceritanya kalau masalah itu di luar kendalimu untuk diselesaikan?

Menyadari kalau kamu punya keterbatasan dan dalam waktu bersamaan dipertemukan dengan masalah yang nggak bisa diselesaikan oleh dirimu sendiri justru sangat baik dipandang sebagai sebuah kesempatan untuk membangun hubungan yang semakin dekat dengan sang Pencipta. Dalam situasi yang sulit itu kamu sadar bahwa kamu butuh pertolongan-Nya dan semakin paham esensi dari yang namanya berserah.

2. Melatih dan membentuk kamu jadi pribadi yang kuat.

Hidup memang penuh kejutan dengan banyak ketidakpastian. Bisa jadi ketika dirundung berbagai masalah yang datangnya beruntun, sangat wajar kamu menyikapinya dengan keluhan. Tapi perlu disadari juga kalau masalah itu selalu datangnya sepaket dengan solusi.

Dan ketika kamu sudah terbiasa menghadapi masalah dari yang kecil sampai yang besar sekalipun secara nggak langsung sebenarnya itu adalah sarana untuk terus bertumbuh dan membentukmu jadi pribadi yang kuat. Seiring berjalannya waktu kamu akan sadar dan mendapati dirimu sudah sekuat itu bisa melewati berbagai macam hal yang menguras pikiran dan perasaan.

3. Kamu belajar ikhlas dari yang namanya masalah.

Saat menjumpai masalah bisa jadi rasanya seperti sebuah ancaman yang mengganggu ketentraman hidupmu. Belum lagi kalau bukan karena kamu yang jadi sebab dari permasalahan yang timbul. Kamu mungkin kerap menjumpai situasi di mana hakmu direbut, diperlakukan tak adil, disalahpahami, atau mungkin dikucilkan.

Hal-hal demikian pasti buatmu terluka, kecewa, dan merasa tak terima. Tapi kendati memaksakan untuk membela diri, dengan berjalannya waktu, perlahan kamu sadar bahwa lebih baik mengikhlaskan dan menerima apa yang sudah terjadi alih-alih berniat membalas.

Jadi itulah tiga alasan kenapa kamu justru bisa bersyukur ketika dihadapkan dengan masalah. Masalah nggak selalu berarti kamu sedang ditimpa kemalangan dan penderitaan. Apa pun masalah yang kamu hadapi kunci utamanya akan selalu tergantung respon kamu dalam menyikapinya. Gimana menurut kamu?