×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Info_Kita

27 April 2021 14:04

3 Gunung tertinggi di dunia dan fakta menarik di baliknya

Para pendaki tentu sudah tak asing dengan nama ketiga gunung ini..

3 Gunung tertinggi di dunia dan fakta menarik di baliknya

0



Apakah kamu adalah orang yang suka mendaki atau tertarik dengan gunung? Jika iya, tentu kamu sudah tidak asing dengan beberapa gunung berikut ini. Gunung-gunung ini merupakan gunung tertinggi di dunia. Nah, ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui terkait ketiganya.

1. Gunung Everest.

3 Gunung tertinggi di dunia dan fakta menarik di baliknya

Gunung Everest yang mempunyai ketinggian 29.035 kaki atau sekitar 8.850 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut menjadikannya sebagai gunung tertinggi di dunia. Nah, ada beberapa fakta menarik mengenai Gunung Everest:

- Gunung Everest memiliki oksigen yang tipis. Hal ini tentu tidak mengherankan sebab berhubungan dengan ketinggiannya. Para ilmuwan berpendapat apabila manusia tidak mampu bertahan saat melewati batas yang sudah mencapai ketinggian di atas 19.000 kaki.

Loading...

- Memiliki 17 rute pendakian berbeda. Hal ini tidak terlepas dari betapa besar dan tingginya gunung ini.

- Ada ritual tersendiri sebelum mendaki Everst. Konon puncak Everest dianggap sebagai tempat yang suci. Sebelum melakunan pendakian, para pendaki diharuskan meminta izin sebelum benar-benar menginjakan kakinya di Gunung Everest.

2. Gunung K2.

3 Gunung tertinggi di dunia dan fakta menarik di baliknya

Gunung yang terletak di pegunungan Karakoram, Pakistan ini juga berbatasan dengan China di sisi utara. Gunung yang mempunyai selisih 237 meter lebih rendah dari Gunung Everest atau sekitar 8.611 meter atau 28.251 kaki ini memiliki beberapa fakta menarik:

- K2 adalah satu-satunya gunung dengan ketinggian 8000 meter di pegunungan Himalaya dan Karakoram yang belum berhasil dicapai puncaknya pada musim dingin.

- Gunung ini banyak memakan korban para pendaki. Dalam sejarah pendakian, Gunung K2 telah membunuh banyak sekali pendaki gunung terbaik dunia.

- Merupakan gunung dengan 8000 meter tersulit di dunia karena medan dan geografis yang ditempuh.

3. Gunung Kanchenjunga.

3 Gunung tertinggi di dunia dan fakta menarik di baliknya

Gunung Kanchenjunga menjadi gunung tertinggi ketiga di dunia. Ketinggiannya mencapai 8.450 meter atau 28.169 kaki. Ada dua fakta menarik mengenai Gunung Kangchenjunga:

- Memiliki lima puncak dengan ketinggian yang berbeda-beda.

- Nama Kanchenjunga berarti lima harta karun salju. Yang dimaksud dengan harta karun yaitu lima tempat penyimpanan dewa, di antaranya emas, perak, batu permata, biji bijian, dan kitab suci.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

everest elbrus mount everest mason mount travelling
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top