Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Denny Suryadharma

21 Agustus 2019 13:35

3 Fakta unik Augmented Reality (AR), bisa bikin karya seni makin hidup

Dari film Avatar hingga game Pokemon Go, ternyata ini loh teknologi virtual yang ada di dalamnya..

3 Fakta unik Augmented Reality (AR), bisa bikin karya seni makin hidup

0



Saat sebuah karya seni di sebuah pameran diberi sentuhan teknologi, sudah kebayang bakalan seru karena kita ga cuma melihat lukisan saja, tapi bisa melihat karya itu jadi lebih hidup. Nah, hal tersebut bakalan kamu temuin nih di gelaran Bandung Art Moon 2019.

Sebuah lukisan dengan sentuhan teknologi Augmented Reality (AR) atau realitas tertambah ini jadi lebih menarik karena bisa hidup. "Berbagai pesan atau informasi dari hasil karya seni tersebut bisa di tangkap dengan mudah karena lebih atraktif", ungkap seniman Punjung Wratsongko, pegiat seni yang tergabung dalam Komunitas Kultse saat ditemui di sela-sela Bandung Art Moon 2019.

Wih keren yah. Lalu ada fakta apa saja sih dengan teknologi Augmented Reality ini? Nah, mengutip dari monsterar.net, AR ini ternyata dibagi menjadi 3 jenis loh. Apa saja? Yuk kita telusuri bersama di bawah ini yah.

1. Marker Based Tracking.

3 Fakta unik Augmented Reality (AR), bisa bikin karya seni makin hidup

Loading...

AR jenis pertama ini paling banyak digunakan karena prinsip dasar kerjanya yang sederhana, yaitu memindai tanda (marker). Nah, marker ini biasanya berupa gambar ilustrasi hitam dan putih. Sebagai batasan di mana nantinya akan muncul benda virtual 3 D, maka dibuatlah garis hitam tebal dengan layar putih.

Setelah itu, aplikasi yang ada di smartpone kamu bakal memindai posisi dan orientasi maka, dan muncullah penampakan gambar virtual 3 D tersebut. Nah buat yang mau baru belajar menggunakan teknologi AR bisa dimulai dari sini yah.

2. Markerless Based Tracking.

3 Fakta unik Augmented Reality (AR), bisa bikin karya seni makin hidup

Jenis AR yang kedua ini udah mulai rumit karena algoritmanya sudah lebih kompleks.
Di markerless AR ini, pola hitam putih buat nampilin objek maya sudah ga dibutuhin lagi alias marker-nya tidak disiapkan sebelumnya.

Nah, oleh karena itu algoritma yang berjalan di aplikasinya harus rekognisi pola, warna, atau fitur lainnya yang dibutuhkan. Kata sederhananya adalah database-nya musti banyak. Contohnya saat algoritma mengidentifikasi wajah, maka biar aplikasi ini berjalan sempurna, database gambar setiap bentuk wajah, rambut, mata, hidung, warna dan detail lainnya sudah dimasukkan terlebih dahulu. Setelah itu dimulai projeknya.

Oh iya, sering dengan berkembangnya tenologi virtual ini, saat ini udah dikembangin teknik markless AR yaiti Face tracking, 3 D Object tracking, motion tracking, dan location based.

3. GPS based tracking.

Pixabay

Nah, untuk jenis yang ketiga ini sempet booming di kalangan para gamers Pokemon Go yang sempet bikin heboh. GPS AR ini memanfaatkan fitur GPS atau kompas yang disematkan dalam smartphone. Aplikasi GPS AR ini bakalan ngambil data dari GPS kamu lalu ditampilkan dalam betuk arah yang telah ditentukan secara real time. Bahkan sudah ada yang dalam bentuk 3 D. Wiih, keren yah.

Nah, itu tadi 3 jenis dari teknologi AR yang lagi dan akan terus berkembang. Manfaatnya, sudah pasti banyak dong. Tidak hanya diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari tapi juga saat beririsan dengan seni sehingga kamu ga akan lagi bosan saat datang ke sebuah pameran karya seni.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top