×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Hilmiyatus Sholihah

08 Juli 2020 12:10

3 Cara menghindari perilaku syirik menurut ajaran Islam

Syirik termasuk dosa besar, karena itu kita harus menghindari perbuatan ini..

3 Cara menghindari perilaku syirik menurut ajaran Islam

0



Foto: xegxef dari Pixabay

Syirik merupakan suatu perbuatan yang diniatkan dan dilaksanakan bukan sepenuhnya karena Allah SWT atau mencampur keesaan dzat, perbuatan, dan sifat Allah SWT dengan unsur-unsur lain. Maksud dari perbuatan syirik kepada Allah yakni berarti munculnya kepercayaan terhadap sesuatu yang dianggap mampu melakukan sesuatu sebagaimana sifat-sifat atau perbuatan Allah terhadap manusia, makhluk, atau alam. Padahal Allah tidak ada keserupaan, tidak ada yang menyaingi serta membandingi-Nya, dan satu-satunya Tuhan Yang Maha Kuasa.

Perbuatan menyekutukan Allah atau syirik merupakan dosa besar. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari perilaku syirik dan upaya agar kita tidak terjerumus dalam perbuatan ini.

Berikut ini adalah cara menghindari perilaku syirik menurut ajaran Islam.

1. Ikhlas dalam berbuat.

Meyakini bahwa setiap amal kebajikan yang dilakukan hanyalah semata-mata karena pertolongan Allah yang diberikan kepada hamba-Nya yang beriman.

Loading...

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (Q.S. Al Bayyinah: 5)

2. Yakin adanya balasan Allah.

Meyakini bahwa setiap amal kebajikan yang dilakukan hanyalah Allah yang memberikan pujian dan balasan. Kalaupun ada pujian dari manusia tidak lantas besar kepala dan mabuk kepayang dengan pujian itu, namun segera dikembalikan kepada Allah.

Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai- sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadanya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.” (Q.S. AI Bayyinah: 8)

3. Memperbanyak dzikrullah.

Dzikrullah atau mengingat Allah merupakan obat dari penyakit hati, riya' termasuk di dalamnya. Dengan memperbanyak dzikrullah, baik dengan lisan maupun hati berarti seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah.

Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang.” (Q.S. Al A'raf: 205)

Demikianlah cara menghindari perilaku syirik menurut ajaran Islam. Semoga kita dijauhkan dan terhindar dari hal-hal yang bersifat mempersekutukan Allah. Amin.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Syirik Menghindari Islam Cara menghindari syirik
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top