×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sylvanto Budi Utomo

18 Januari 2022 11:56

3 Cara menemukan inspirasi dalam berkarya, pemula perlu coba

Cara ini bakal membuat kamu jauh lebih mudah dalam mendapat inspirasi..

3 Cara menemukan inspirasi dalam berkarya, pemula perlu coba

0



Foto: https://www.pexels.com/photo/clear-light-bulb-on-black-surface-356043/

Tak bisa dimungkiri, kreativitas manusia bisa muncul kapan saja. Namun, ada saat di mana seseorang ingin membuat suatu karya tetapi tak memiliki inspirasi atau ide. Maka, akan sulit rasanya membuat suatu karya jika tanpa inspirasi. Tak ada sesuatu yang menjadi gambaran, acuan, atau isi dari karya yang akan dibuat. Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari inspirasi karyamu. Untuk pemula, wajib dicoba nih!

1. Mendengar kisah hidup orang lain.

Banyak membaca, maka banyak pengetahuan. Begitu pun mendengar cerita atau kisah orang lain. Sebab, perjalanan hidup setiap orang berbeda-beda. Maka, sudah pasti kejadian, cerita, atau kisah-kisah hidup orang lain bisa jadi lebih menarik, tragis, bahkan lucu dari cerita atau kisah pengalaman hidup kita sendiri. Maka tak ada salahnya banyak mendengar cerita atau kisah hidup orang lain, yang nantinya bisa menjadi inspirasi untuk karyamu, entah tulisan, lagu, atau puisi, dengan seizin pemilik atau narasumber cerita.

2. Mengingat-ingat momen yang pernah dialami.

Setiap kejadian bisa mengubahmu, mulai dari cara berpikir, caramu menilai, hingga caramu menyelesaikan suatu masalah atau kejadian. Di balik kejadian yang kamu alami, sangat mungkin dan bisa dijadikan inspirasi untuk karyamu. Bahkan, tak sedikit karya yang sudah terbukti ada, terinspirasi dari suatu kejadian yang dialami si pembuat karya tersebut.

Misalnya saja sebuah kejadian kecelakaan. Kamu bisa menceritakan itu lewat tulisan yang kamu tulis. Kamu bisa menulis dengan isi: Apa yang menyebabkan kamu kecelakaan, kronologinya bagaimana, kondisimu bagaimana, hingga bisa membagi tips untuk menghindari kecelakaan yang kamu alami. Semua bisa diceritakan, asal kamu tidak keberatan.

3. Jeli dengan keadaan sekitar.

Banjir, tsunami, kemiskinan, hingga korupsi adalah suatu bencana atau fenomena alam dan sosial. Melihat dengan jeli keadaan sekitar, bukan tidak mungkin justru menjadi inspirasi untuk karyamu. Melihat bagaimana kesedihan suatu bencana, bisa dijadikan sebuah karya tulis, atau mungkin sebuah video/film dokumenter. Begitu pun jika jeli melihat sekitar, dengan kasus korupsi misalnya. Bisa dijadikan inspirasi tulisan dalam bentuk esai dengan kritik yang menggelitik, atau bahkan cerpen tentang sebuah kasus korupsi di suatu negeri.

Loading...

Sejatinya, inspirasi apa pun bisa dijadikan karya. Selama mau menggarapnya, itu akan menjadi abadi, meskipun kamu telah mati nanti.  

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top