Mungkin nama Thomas Isidore Nol Sankara asing bagi kamu. Pria yang lahir pada 21 Desember 1949 dan wafat 15 Oktober 1987 ini adalah seorang kapten militer negara Burkina Faso, Afrika. Dia juga adalah pengikut ajaran Marxis revolusioner, Pan-Africanist, dan Presiden Burkina Faso dari tahun 1983 hingga 1987. Ia dijuluki oleh para pendukungnya sebagai tokoh revolusi yang karismatik dan ikonik dan biasa disebut sebagai Che Guevara dari Afrika.

Berikut adalah beberapa prestasi menakjubkan yang dibuat oleh Sankara di masa kepemimpinannya.

1. Dia memprakarsai sebuah kampanye melek huruf di seluruh negeri, meningkatkan tingkat melek huruf dari 13% di tahun 1983 menjadi 73% di tahun 1987.

2. Dia menanam lebih dari 10 juta pohon untuk mencegah penggurunan

3. Dia memvaksinasi 2,5 juta anak-anak terhadap meningitis, demam kuning, dan campak dalam hitungan minggu.

4. Dia membangun jalan dan kereta api untuk mengikat bangsa bersama-sama, tanpa bantuan luar negeri.

5. Dia menjual armada mobil Mercedes milik pemerintah dan membuat Renault 5 (mobil termurah yang dijual di Burkina Faso saat itu) mobil dinas resmi para menteri.

6. Dia berbicara di forum seperti Organisasi Persatuan Afrika melawan penetrasi neo-kolonialis yang terus berlanjut di Afrika melalui perdagangan dan keuangan Barat.

7. Dia menunjuk wanita ke posisi pemerintahan tinggi, mendorong mereka untuk bekerja, merekrut mereka ke militer, dan memberikan cuti hamil selama pendidikan.

8. Dilarang melanggar mutilasi alat kelamin perempuan, pernikahan paksa, dan poligami untuk mendukung hak-hak perempuan.

9. Dia mengurangi gaji semua pegawai negeri, termasuk miliknya sendiri, dan melarang penggunaan sopir pemerintah dan tiket pesawat kelas satu.

10. Dia memaksa pegawai negeri sipil membayar gaji sebulan ke proyek publik.

11. Dia menolak untuk menggunakan AC di kantornya dengan alasan bahwa kemewahan seperti itu tidak tersedia bagi siapa pun selain segelintir Burkinabes.

12. Sebagai Presiden, dia menurunkan gajinya menjadi $450 sebulan dan membatasi barangnya ke mobil, empat sepeda, tiga gitar, dan lemari es yang rusak.

13. Seorang pengendara sepeda motor sendiri, ia membentuk penjaga pribadi semua wanita motor.

14. Dia meminta pegawai negeri untuk mengenakan tunik tradisional, ditenun dari kapas Burkinabe dan dijahit oleh pengrajin Burkinabe. (Alasannya untuk mengandalkan industri dan identitas lokal daripada industri dan identitas asing).

15. Ketika ditanya mengapa dia tidak ingin potretnya tergantung di tempat umum, seperti juga norma bagi pemimpin Afrika lainnya, Sankara menjawab "Ada tujuh juta Thomas Sankaras."

16. Seorang gitaris berprestasi, ia menulis lagu kebangsaan baru itu sendiri.

17. Dia mendistribusikan tanah dari tuan tanah feodal dan memberikannya langsung kepada para petani. Produksi gandum meningkat dalam tiga tahun dari 1.700 kg per hektare menjadi 3.800 kg per hektar, membuat pangan negara mandiri.

18. Dia menentang bantuan asing, mengatakan bahwa "dia yang memberi makan Anda, mengendalikan Anda."

19. Dia menyerukan sebuah front persatuan negara-negara Afrika untuk menolak hutang luar negerinya. Dia berpendapat bahwa orang miskin dan eksploitasi tidak memiliki kewajiban untuk membayar uang kepada orang kaya dan mengeksploitasi Di Ouagadougou, Sankara mengubah toko persediaan tentara menjadi supermarket milik negara yang terbuka untuk semua orang (supermarket pertama di negara ini).

20. Dia mencapai semua itu dalam 4 tahun