Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
H. N. Sobolim

11 Juli 2019 16:30

20 Prestasi Thomas Sankara, Che Guevara dari Afrika

Thomas Sankara merupakan salah satu tokoh Afrika dan presiden pertama negara Burkina Faso..

20 Prestasi Thomas Sankara, Che Guevara dari Afrika

0



Mungkin nama Thomas Isidore Noël Sankara asing bagi kamu. Pria yang lahir pada 21 Desember 1949  dan wafat 15 Oktober 1987 ini adalah seorang kapten militer negara Burkina Faso, Afrika. Dia juga adalah pengikut ajaran Marxis revolusioner, Pan-Africanist, dan Presiden Burkina Faso dari tahun 1983 hingga 1987. Ia dijuluki oleh para pendukungnya sebagai tokoh revolusi yang karismatik dan ikonik dan biasa disebut sebagai Che Guevara dari Afrika.

Berikut adalah beberapa prestasi menakjubkan yang dibuat oleh Sankara di masa kepemimpinannya.

1. Dia memprakarsai sebuah kampanye melek huruf di seluruh negeri, meningkatkan tingkat melek huruf dari 13% di tahun 1983 menjadi 73% di tahun 1987.

2. Dia menanam lebih dari 10 juta pohon untuk mencegah penggurunan

3. Dia memvaksinasi 2,5 juta anak-anak terhadap meningitis, demam kuning, dan campak dalam hitungan minggu.

Loading...

4. Dia membangun jalan dan kereta api untuk mengikat bangsa bersama-sama, tanpa bantuan luar negeri.

5. Dia menjual armada mobil Mercedes milik pemerintah dan membuat Renault 5 (mobil termurah yang dijual di Burkina Faso saat itu) mobil dinas resmi para menteri.

6. Dia berbicara di forum seperti Organisasi Persatuan Afrika melawan penetrasi neo-kolonialis yang terus berlanjut di Afrika melalui perdagangan dan keuangan Barat.

7. Dia menunjuk wanita ke posisi pemerintahan tinggi, mendorong mereka untuk bekerja, merekrut mereka ke militer, dan memberikan cuti hamil selama pendidikan.

8. Dilarang melanggar mutilasi alat kelamin perempuan, pernikahan paksa, dan poligami untuk mendukung hak-hak perempuan.

9. Dia mengurangi gaji semua pegawai negeri, termasuk miliknya sendiri, dan melarang penggunaan sopir pemerintah dan tiket pesawat kelas satu.

10. Dia memaksa pegawai negeri sipil membayar gaji sebulan ke proyek publik.

11. Dia menolak untuk menggunakan AC di kantornya dengan alasan bahwa kemewahan seperti itu tidak tersedia bagi siapa pun selain segelintir Burkinabes.

12. Sebagai Presiden, dia menurunkan gajinya menjadi $450 sebulan dan membatasi barangnya ke mobil, empat sepeda, tiga gitar, dan lemari es yang rusak.

13. Seorang pengendara sepeda motor sendiri, ia membentuk penjaga pribadi semua wanita motor.

14. Dia meminta pegawai negeri untuk mengenakan tunik tradisional, ditenun dari kapas Burkinabe dan dijahit oleh pengrajin Burkinabe. (Alasannya untuk mengandalkan industri dan identitas lokal daripada industri dan identitas asing).

15. Ketika ditanya mengapa dia tidak ingin potretnya tergantung di tempat umum, seperti juga norma bagi pemimpin Afrika lainnya, Sankara menjawab "Ada tujuh juta Thomas Sankaras."

16. Seorang gitaris berprestasi, ia menulis lagu kebangsaan baru itu sendiri.

17. Dia mendistribusikan tanah dari tuan tanah feodal dan memberikannya langsung kepada para petani. Produksi gandum meningkat dalam tiga tahun dari 1.700 kg per hektare menjadi 3.800 kg per hektar, membuat pangan negara mandiri.

18. Dia menentang bantuan asing, mengatakan bahwa "dia yang memberi makan Anda, mengendalikan Anda."

19.  Dia menyerukan sebuah front persatuan negara-negara Afrika untuk menolak hutang luar negerinya. Dia berpendapat bahwa orang miskin dan eksploitasi tidak memiliki kewajiban untuk membayar uang kepada orang kaya dan mengeksploitasi Di Ouagadougou, Sankara mengubah toko persediaan tentara menjadi supermarket milik negara yang terbuka untuk semua orang (supermarket pertama di negara ini).

20. Dia mencapai semua itu dalam 4 tahun

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

tokoh dunia tokoh sukses afrika pemimpin negara che guevara
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top