×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Eka Kusumaningrum

14 Februari 2020 10:30

13 Software ini wajib dimiliki mahasiswa statistika dan matematika

Calon mahasiswa matematika ataupun yang masih mahasiswa baru harus tahu nih software yang kamu butuhkan..

13 Software ini wajib dimiliki mahasiswa statistika dan matematika

0



 

Ketika memilih jurusan matematika, nantinya kamu tidak hanya sekadar menghitung. Kamu akan mempelajari suatu teorema dan pembuktiannya, serta akan menerapkan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan matematika inilah yang nantinya membutuhkan suatu software.

Sebagai calon mahasiswa matematika ataupun yang masih mahasiswa baru harus tahu nih software yang kamu butuhkan. Simak, yuk!

1. Android Studio.

Android studio

Android Studio merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi dengan kode-kode. Biasanya mahasiswa matematika menggunakan software ini ketika ada mata kuliah pemrograman perangkat mobile.

Loading...

2. App Inventor.

App Inventor

App inventor atau yang dikenal dengan MIT App Inventor digunakan untuk membuat aplikasi bagi sistem operasi Android. App inventor bisa digunakan secara online melalui website https://appinventor.mit.edu/ dan bisa juga digunakan secara offline dengan mengunduh terlebih dahulu. Software ini juga akan kamu temukan pada mata kuliah pemrograman perangkat mobile.

3. Eclipse.

Eclipse

Hampir sama dengan Android Studio, Eclipse berfungsi untuk mengembangkan suatu aplikasi. Walaupun Eclipse lebih rumit dalam penggunaannya, tetap saja Eclipse lebih sering digunakan. Hal ini dikarenakan Eclipse cocok dengan komputer 32 bit, di mana sering digunakan oleh mahasiswa. Sama dengan Android Studio, Eclipse juga digunakan saat bertemu mata kuliah pemrograman perangkat mobile.

4. Euler Math Toolbox.

Euler Math Toolbox

Merupakan software numerik mencakup Maxima untuk simbol komputasi. Fitur termasuk library untuk algoritma numerik, optimasi, merencanakan dalam 2D dan 3D, ekspor grafis, sistem bantuan lengkap, tutorial dan contoh. Nantinya kamu akan menggunakan software ini ketika kamu bertemu mata kuliah metode numerik.

5. Geogebra.

Geogebra

Ketika bertemu mata kuliah geometri, nantinya kamu akan disuruh menggunakan software Geogebra. Jadi, kamu tidak perlu repot untuk menggambar suatu bidang atau lainnya dan kamu akan lebih mudah dalam memahami geometri. Tak hanya itu, software ini bisa digunakan untuk mata kuliah aljabar dan kalkulus.

6. Grammarly.

Grammarly

Ketika menerjemahkan suatu dokumen dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, biasanya kamu menggunakan Google Translate. Biasanya hasil translate-nya masih ada yang salah. Nah, kamu bisa menggunakan software Grammarly untuk mengoreksinya agar menjadi benar terjemahannya.

7. LAZARUS.

Lazarus

Lazarus merupakan software yang berguna untuk membuat suatu program. Jadi, kamu bisa menerapkan ilmu matematika ke dalam suatu program. Kamu nantinya akan menggunakan software ini ketika ada mata kuliah komputer.

8. LINDO.

Lindo

Banyak masalah matematika yang tidak bisa diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, beberapa masalah tersebut diperlukan sebuah software. Salah satunya masalah pemrograman linier yang diselesaikan dengan menggunakan LINDO (Linear Ineraktive Discrete Optimizer). Kamu akan menggunakan software ini ketika ada mata kuliah pemrograman linier.

9. MAPLE.

maple

Software ini biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dalam berbagai bidang, yaitu stastistika dan aljabar.

10. MATLAB.

MATLAB

Merupakan software dengan bahasa pemrogaman tinggi yang berbasis matriks. Hal ini dikarenakan matriks dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam matematika, misalnya persamaan linier. Walaupun Matlab berbasis matriks, tidak menutup kemungkinan dapat menyelesaikan permasalahan non-matriks.

11. NOTEPAD++

 Notepad++

Software ini merupakan pengembangan dari software sebelumnya yaitu notepad. Software ini digunakan untuk membantu memahami bahasa pemrograman, dengan fungsi sebagai teks editor, penyuntingan teks dalam bahasa pemrograman.

12. R & R Studio.

r and rstudio

R merupakan software yang biasa digunakan untuk mengolah dan menganalisis suatu data. Sedangkan R Studio merupakan integrated development environment (IDE) bagi R. Dalam menganalisis data, diperlukan suatu package dan harus diinstall terlebih dahulu. Sehingga diperlukan sebuah koneksi internet ketika menggunakan software ini. Tak hanya itu, software ini harus di-update setiap waktu. Biasanya kamu akan memakai software ini ketika memilih mata kuliah terkait statistika, misalnya komputasi.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Matematika Teknologi aplikasi penerapan sains
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top