×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DwiS

20 April 2021 10:15

13 Manfaat rajin minum air putih setiap hari, baik bagi kesehatan

Sering pusing dan lemas? Bisa jadi kamu mengalami dehidrasi akibat kurang minum air putih..

13 Manfaat rajin minum air putih setiap hari, baik bagi kesehatan

0



foto: Pexels/Adrienn

Rajin minum air putih tidaklah penting? Coba pikirkan lagi.

Begitu besar manfaat air putih bagi kesehatan. Namun, sering kali kita menyepelekan kebiasaan ini. Apakah kamu termasuk yang malas minum air putih karena rasanya yang tawar? Saat kehausan, mungkin kamu akan memilih minum softdrink atau minuman manis lainnya. Air putih? Mungkin segelas atau dua gelas sehari cukuplah, pikirmu.

Sesungguhnya, orang dewasa minum air putih idealnya itu sekitar dua liter atau lebih setiap hari. Ini supaya tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Kebutuhan air untuk tubuh bergantung dari berbagai faktor seperti gender, kondisi fisik (sehat/sakit/hamil), aktivitas yang dilakukan, serta kondisi suhu lingkungan sekitar. Cairan yang kamu butuhkan itu sekitar 20% berasal dari makanan yang mengandung air seperti buah dan sayuran.

Hal penting yang mungkin belum kamu sadari bahwa air putih yang tampaknya "biasa-biasa saja" itu ternyata sangat berperan dalam menjaga tubuhmu agar tetap sehat. Jangan tunggu hingga sakit baru kamu mulai menghargai dan mengerti bahwa sehat itu mahal. Cegah sakit dengan kebiasaan rajin minum air putih setiap hari. Jadi, apa saja sih, manfaat air putih bagi kesehatan tubuhmu?

1. Meningkatkan stamina saat berolahraga.

Cegah dehidrasi dengan minum air putih sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Ketika berolahraga berat misalnya, keringat tentunya mengucur deras di sekujur tubuhmu. Kehilangan cairan tubuh melalui keringat ini bisa kamu pulihkan dengan cara berikut ini.

Loading...

Setengah jam atau 15 menit sebelum berolahraga, minum air putih yang cukup, misalnya sebanyak 300 ml atau secukupnya. Saat berolahraga, konsumsi air putih sebanyak 200 ml tiap 15 menit. Nah, usai berolahraga pun kamu perlu minum sebanyak 600 ml air. Yang terakhir itu jika berat badanmu ternyata turun hingga 0.5 kg akibat melakukan aktivitas tersebut. Intinya, jaga tubuh supaya tidak kekurangan cairan apa pun kegiatan yang kamu lakukan.

2. Menjaga fungsi otak.

Sebagian besar otakmu terdiri dari air. Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi asupan cairan supaya fungsi otak tidak terganggu.

3. Membuat kulit sehat.

Ingin mendapatkan kulit sehat dan lentur? Ya, mengonsumsi air putih bisa membuat kulitmu tampak sehat dan meminimalisir kerutan. Tak heran karena tubuh kita terdiri dari sekitar 60% air. Nah, kalau sampai tubuh kekurangan cairan, sel-sel kulit pun ikut terganggu. Akhirnya, kulit tampak kusam dan hilang kelembapan. So, merawat kulit pun bisa dengan cara termudah bahkan gratis, yaitu dengan rajin minum air putih.

4. Meredakan sakit kepala.

Sakit kepala bisa kamu alami ketika sedang dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Tentunya, hal tersebut bisa kamu atasi dengan minum air putih yang cukup. Setidaknya, ini bisa mengurangi tingkat sakit kepala yang mungkin selama ini sering kamu rasakan.

5. Menghindari risiko batu ginjal.

Biasanya, orang yang malas minum air putih lebih berisiko terkena penyakit batu ginjal. Kamu tidak mau, kan, saat buang air kecil terasa sakit karena hal tersebut? Nah, mulai sekarang, biasakan untuk rajin mengonsumsi air putih dimanapun kamu berada baik di rumah, kampus, ataupun saat bekerja di kantor.

6. Membantu menstabilkan suhu tubuh.

Terutama saat sedang berada di tempat bersuhu tinggi, mudah bagimu mengalami dehidrasi. Misalnya saat siang terik, biasakan minum air putih yang cukup supaya kamu tidak cepat lemas akibat udara panas. Ini juga untuk menjaga supaya suhu tubuhmu tetap stabil.

7. Melancarkan tubuh menyerap nutrisi.

Tubuh yang sehat salah satunya berasal dari makanan bergizi yang kamu konsumsi setiap hari. Nah, tubuhmu membutuhkan air untuk menyerap sempurna berbagai vitamin, mineral, dan segala nutrisi dari makanan tersebut. Jadi, ingin tubuhmu tetap sehat? Rajinlah konsumsi air putih.

8. Menjaga mukosa tetap basah dan lembap.

Mukosa di dalam mata, hidung, dan mulut perlu tetap lembap dan basah, jangan sampai terasa kering. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi air putih untuk menjaga area tersebut tetap dalam kondisi normal.

9. Melindungi jaringan, organ tubuh dan melumasi sendi.

Fungsi penting lainnya dari rajin minum air putih adalah melindungi organ-organ serta jaringan tubuh. Sel-sel tubuh terdiri dari air, fungsinya tentu akan terganggu jika kekurangan cairan. Selain itu, air berperan sebagai pelumas pada sendi supaya semua anggota tubuhmu bisa bergerak dengan nyaman.

10. Melancarkan transfer oksigen.

Darah yang terdiri dari lebih 80% air berperan membawa oksigen serta zat besi ke seluruh bagian tubuh. Proses tersebut akan terganggu jika tubuh kekurangan cairan. Ini jadi alasan lainnya kenapa kamu harus rajin minum air putih.

11. Membantu cegah hangover.

Adakah di antara kamu yang sering minum alkohol? Biasanya sehabis mengonsumsi minuman beralkohol di malam hari, keesokan paginya kamu merasa hangover, bukan?

Atasi kondisi tidak nyaman alias hangover ini dengan minum air putih yang cukup. Ini juga bisa mencegahmu mengalami dehidrasi penyebab sakit kepala, lemas, dan mulut yang terasa kering.

12. Mencegah sembelit.

Susah buang air besar? Jangan sedih, cobalah minum air putih yang banyak supaya bisa melancarkan prosesnya. Jangan meremehkan konstipasi atau kesulitan buang air besar ini karena bisa menyebabkan ambeien. Tidak mau kan, duduk membuatmu tak nyaman karenanya? Maka dari itu, jangan malas untuk penuhi asupan cairan tubuhmu setiap hari.

13. Menjaga berat badan ideal.

Tampaknya menarik, ya? Tapi itu benar, mengonsumsi air putih bisa menjaga berat badanmu tetap ideal.

Cobalah minum air putih sekitar setengah jam sebelum makan. Ini bisa membuatmu merasa lebih kenyang hingga tidak terlalu banyak menghabiskan makanan. Otomatis, kalori yang masuk pun tidak berlebih. Jika biasa melakukannya, bisa mencegah obesitas bahkan membuat tubuhmu langsing. Itu salah satu cara untuk hidup sehat selain rajin bergerak atau berolahraga.

Minum air putih yang cukup sanggup meningkatkan metabolisme hingga membuang racun dalam tubuh. Mengerikan, bukan, jika racun atau limbah menumpuk akibat tubuh kekurangan cairan untuk mengeluarkannya? So, jangan ragu untuk rajin mengonsumsi air putih jadi kebiasaan sehatmu setiap hari.

Tapi ingat, minum air putih jangan sampai berlebihan, ya. Jika hal itu terjadi, justru bisa membahayakan kesehatanmu. Mengonsumsi air putih terlalu banyak bisa mengganggu fungsi ginjal hingga menyebabkan pembengkakan otak, bahkan berisiko kematian. So, bijaklah mengonsumsi air putih secukupnya, tidak kekurangan ataupun kelebihan, ya!

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Air putih Manfaat air putih Cegah dehidrasi Air mineral Minum air
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top