Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Eric

24 Juni 2019 12:56

13 Hewan ini berumur paling panjang di dunia, bahkan ada yang abadi

Salah satunya ada yang hidup abadi..

13 Hewan ini berumur paling panjang di dunia, bahkan ada yang abadi

0



Di dunia manusia, jika berusia hingga 90 tahun atau lebih, kamu dianggap orang yang paling tua di dunia. Namun di dunia binatang ada beberapa jenis binatang dengan usia 90 tahun tetapi masih dianggap muda. Beberapa makhluk ini telah ada sejak lama, sehingga saat ini mereka dianggap sebaga fosil hidup karena dinosaurus adalah kerabat langsungnya.

Kita lihat saja dibawah ini 13 hewan berumur panjang yang ada di dunia.

1. Tuatara, berumur lebih dari 110 tahun.

Image Crdit : www.brightside.me

Tuatara adalah reptil kecil yang menghuni Selandia Baru. Mereka mungkin terlihat seperti kadal. Tetapi pada kenyataannya mereka adalah bagian dari garis keturunan yang berbeda terkait dengan dinosaurus yang hidup di Bumi lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Meskipun saat ini spesies ini terancam punah, beberapa dari mereka memiliki umur yang sangat panjang, yaitu lebih dari 110 tahun.

Loading...

 

2. Orange roughy, 149 tahun.

Image Crdit : www.brightside.me

Orange roughy adalah spesies yang pertumbuhannya lambat tetapi mereka dapat berumur panjang loh. Umur maksimum mereka diperkirakan mencapai 149 tahun, tetapi saat ini hewan ini sangat terancam punah karena penangkapan ikan yang berlebihan.

 

3. Geoduck, 168 tahun.

Image Crdit : www.brightside.me

Geoduck adalah kerang besar yang menghuni pantai barat Amerika Utara. Ia memiliki cangkang kecil dibandingkan dengan bagian lunak tubuhnya, sehingga ia tidak bisa bersembunyi di dalamnya.

Geoducks dikenal sangat produktif. Betina mereka menghasilkan lebih dari lima miliar telur sepanjang hidupnya. Dan tidak mengherankan mengingat fakta bahwa geoduck tertua telah tercatat hingga berusia 168 tahun.

 

4. Landak laut merah, berumur sekitar 200 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Landak laut merah hanya dapat ditemukan di Samudra Pasifik. Ia hidup di pantai berbatu dan di daerah yang sangat bergelombang. Tubuh spesies ini sepenuhnya ditutupi oleh duri tajam yang membantu mereka melindungi diri saat merangkak di dasar laut. Mereka menua sangat lambat, oleh karena itu beberapa spesimen ini dapat hidup selama 200 tahun.

 

5. Paus Bowhead, berumur 211 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Meskipun paus Bowhead tidak setenar paus biru, tetapi paus Bowhead memiliki beberapa ciri khas yang menjadikannya spesies unik. Pertama, paus Bowhead memiliki mulut terbesar di antara hewan, dan kedua, makhluk ini bisa hidup lebih dari 200 tahun. Itu menjadikan mereka mamalia laut dengan masa hidup terpanjang. Paus Bowhead tertua yang diketahui berumur 211 tahun.

 

6. Ikan Koi, 226 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Umumnya, ikan koi dapat hidup hingga 50 tahun. Tetapi salah satu dari jenisnya, ikan koi merah bernama Hanako adalah ikan berumur panjang yang pernah tercatat. Ia meninggal pada usia 226 tahun dan masih menjadi misteri mengapa seekor ikan air tawar dapat hidup begitu lama. Mayoritas orang berpegang pada pendapat bahwa ikan itu hanya menikmati hidupnya, menerima cinta dan perhatian dari pemiliknya dan kemampuan untuk berenang di perairan jernih di pegunungan Jepang.

 

7. Cacing tabung lamellibrachia, berusia hingga 250 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Spesies cacing tabung yang ditemukan jauh di Teluk Meksiko mampu hidup hingga 250 tahun. Mereka dapat mencapai panjang lebih dari 10 kaki tetapi mereka tumbuh sangat lambat. Mereka juga dapat membentuk habitat biogenik dengan menciptakan agregasi besar ratusan hingga ribuan individu.

 

8. Kura-kura raksasa Aldabra, berusia 255 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Kura-kura raksasa cukup terkenal karena umur panjangnya yang luar biasa, tetapi Adwaita si kura-kura Aldabra adalah binatang yang benar-benar unik yang mati pada usia 255 tahun. Banyak ilmuwan menganggapnya sebagai hewan darat tertua yang pernah hidup.

 

9. Kerang mutiara air tawar, 280 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Kerang mutiara air tawar adalah spesies yang berumur panjang. Mereka tumbuh sangat lambat sehingga usia rata-rata mereka berkisar antara 86 hingga 102 tahun, tetapi itu sangat tergantung pada faktor lingkungan seperti kualitas air. Kerang mutiara air tawar tertua yang ditemukan berusia 280 tahun.

 

10. Hiu Greenland, berusia 400 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Hiu Greenland merupakan vertebrata tertua yang diketahui berkeliaran di Bumi. Mereka hanya mencapai kematangan dewasanya pada usia sekitar 150 tahun dan umumnya hidup selama 400 tahun.

 

11. Ocean quahog, 507 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Ocean quahog adalah spesies kerang yang dapat dimakan. Moluska kerang laut yang berumur panjang, kerang ini menambahkan satu lapisan ke cangkangnya setiap tahun. Mereka menunjukkan umur panjang yang luar biasa dan salah satunya adalah Ming, kerang yang hidup selama 507 tahun, usia terpanjang yang dilaporkan di antara spesies non-kolonial.

 

12. Spons Antartika, berusia 1.550 tahun.

Image Credit : www.brightside.me

Mayoritas ilmuwan berpikir bahwa spons Antartika dapat hidup selama berabad-abad karena suhu Samudra Antartika yang sangat rendah dan laju pertumbuhannya yang lambat. Beberapa memperkirakan spesimen tertua yang diketahui berumur 1.550 tahun.

 

13. Ubur-Ubur Immortal.

Image Credit : www.brightside.me

Ubur-ubur "Immortal" ini dapat beregenerasi dalam krisis. Alih-alih mati seperti semua spesies lain di Bumi, Turritopsis mengubah sel dewasa mereka menjadi lebih muda dan kemudian menjadi polip. Tapi itu tidak berarti mereka tidak bisa mati. Lautan penuh dengan spesies lapar sehingga mereka dapat dengan mudah dibunuh oleh predator atau mati karena penyakit.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

hewan paling tua hewan abadi binatang hewan paling tua di dunia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top