×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Crusita Maharani Samsudin

06 Agustus 2020 16:05

12 Cara sederhana merawat diri ala perempuan muslim

Cara merawat diri ala perempuan muslim ini mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari..

12 Cara sederhana merawat diri ala perempuan muslim

0



Foto: Daniel Reche from Pexels

Sebagai seorang perempuan muslim, merawat diri merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Bahkan merawat diri, tidak hanya dianjurkan untuk kebersihan dan kesehatan saja. Melainkan, dalam islam merawat diri ialah salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadist shahih:

Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim).

Dengan merawat diri, kita sebagai perempuan akan terlihat cantik dan juga sehat. Merawat diri adalah cara kita menghargai diri sendiri. Hal ini patut dilakukan setiap hari, saat kamu berencana ingin keluar rumah atau pun tetap berada di rumah saja. Berikut ini, beberapa cara merawat diri ala perempuan muslim:

1. Rutin berwudu.

Wudu adalah salah satu cara yang mudah untuk menjaga kebersihan diri. Dengan berwudu minimal lima kali dalam sehari saat sebelum beribadah maka bisa membersihkan diri dari kuman dan bakteri di wajah, tangan, dan juga kaki. Lakukanlah cara wudu dengan benar agar semua kotoran yang ada di beberapa bagian tubuh dapat hilang. Rutin berwudu juga bisa membuat wajah terlihat lebih bersih dan bersinar.

Loading...

2. Perawatan wajah dengan produk kecantikan yang halal.

Bagi seorang perempuan, menggunakan skin care penting untuk merawat kecantikan wajah. Serta hal ini tidak dilarang dalam Islam yaitu selama produk yang digunakan halal dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Penggunaan skin care patut dilakukan setiap hari, ketika berada di rumah saja, ataupun saat keluar rumah. Kamu bisa melakukannya dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka, pakai pelembap dan sunscreen saat pagi hari. Sedangkan pada malam hari gunakanlah serum dan krim malam agar wajah tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk perawatan wajah. Seperti dengan penggunaan susu, minyak zaitan, dan juga madu. Ketiga bahan ini telah digunakan oleh para wanita Mesir sebagai perawatan kecantikan sejak zaman kuno. Kamu juga bisa menggunakan gula, lemon, atau buah-buahan untuk scrub yang fungsinya mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Menggunakan pelembap bibir.

Seorang perempuan juga perlu memperhatikan kecantikan bibirnya. Apabila bibi kamu pecah-pecah dan tampak gelap, maka sangat berpengaruh pada wajahmu yang akan terlihat tidak fresh. Hal ini bisa membuat penampilanmu terkesan kurang maksimal. Jadi, penting sekali untuk menjaga kesehatan bibir dengan rutin memakai pelembap bibir. Kamu bisa menggunakan produk pelembap bibir yang halal atau dapat memanfaatkan madu dan minyak zaitun.

4. Mandi dan gunakan lulur 1-2 kali dalam seminggu.

Hal termudah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit perempuan muslim ialah dengan rutin mandi atau membersihkan badan dengan air sabun. Karena mandi bisa membuat badan menjadi bersih, wangi, dan juga segar. Kamu bisa mandi sesering mungkin yang kamu butuhkan, terutama ketika cuaca panas dan badan mudah berkeringat. Sebaiknya segeralah mandi sebab keringat yang menumpuk pada pakaian bisa memicu perkembangan kuman dan bakteri. Tetapi ingat, hindarilah mandi saat tengah malam karena cuacanya yang dingin bisa meningkatkan risiko paru-paru basah.

Selain mandi, perempuan juga perlu menggunakan lulur setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Pemakaian lulur ini bertujuan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit. Sehingga kulit akan tampak bersih dan cerah. Jangan lupa untuk menggunakan produk lulur yang halal, ya.

5. Mencuci rambut minimal tiga kali dalam seminggu.

Rambut merupakan mahkota perempuan, tidak terkecuali bagi perempuan muslim yang mengenakan hijab. Serta sebagai amanah yang Allah berikan, kita tetap harus menjaga dan merawat rambut dengan baik. Caranya dengan rajin mencuci rambut menggunakan sampo atau keramas minimal tiga kali dalam seminggu.

6. Mencukur bulu ketiak dan kemaluan.

Dalam Islam mencukur bulu pada wajah dan alis memang tidak dianjurkan. Bahkan dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa “Allah melaknat wanita yang membuat tato dan yang minta dibuatkan (tato), yang mencukur alis dan yang meminta dicukurkan.” (HR Muslim).

Namun demikian tidak dengan bulu pada badan. Sebaliknya justru disarankan untuk mencukur bulu-bulu di ketiak dan kemaluan. Karena ketika bulu sudah berlebihan bisa menyebabkan bau dan mudah mengeluarkan keringat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Memotong kuku.

Memotong kuku juga merupakan bagian dari cara menjaga kebersihan diri perempuan muslim. Kuku yang dibiarkan panjang dapat menjadi sarang pertumbuhan kuman dan penyakit. Selain itu kotoran juga mudah menumpuk pada kuku yang panjang. Maka, sebaiknya potonglah kuku secara rutin agar terlihat lebih bersih.

8. Mengganti pakaian secara rutin.

Untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan badan, maka gantilah pakaian dua kali dalam sehari atau sekali dalam sehari. Lakukanlah sesuai dengan kebutuhanmu, terlebih jika cuaca panas, sebaiknya ganti pakaian dua kali, pada pagi dan sore hari untuk menghindari penumpukan keringat. Lalu saat tidur malam sebaiknya gunakan baju tidur. Bahkan ketika salat sangat dianjurkan mengenakan pakaian yang bersih dari kotoran.

9. Menjaga kebersihan miss V.

Bagi seorang perempuan, menjaga kebersihan miss V atau organ kewanitaan adalah hal yang penting dilakukan. Caranya dengan rutin mengganti celana dalam dua kali dalam sehari serta pilih celana yang mudah menyerap keringat dan hindari penggunaan pewangi pada miss V.

10. Menerapkan pola makan yang sehat.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat tentu saja itu merupakan cara terbaik untuk merawat diri. Cukupi nutrisi tubuhmu dengan makanan sehat dan segar, seperti sayur dan buah-buahan. Serta sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi junk food. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih minimal delapan gelas per hari. Karena air putih sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan dan menjaga kesehatan tubuh serta berdampak kepada kecantikan.

11. Aktif bergerak dan olahraga.

Merawat diri dan selalu ingin tampil cantik tidak hanya bisa dilakukan dari luar saja. Kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam tubuh dengan cara aktif bergerak dan melakukan olahraga. Luangkan sedikit waktu untuk jogging atau sekadar berjalan santai mengelilingi kompleks perumahan. Atau kamu juga bisa mengikuti berbagai gerakan olahraga yang ada di media sosial.

12. Menjaga kebersihan lingkungan.

Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih akan membuat diri kamu menjadi lebih sehat dan bersih. Karena apabila kamu hidup di lingkungan yang kotor, berbagai penyakit akan mudah menyerang, bahkan lingkungan yang kotor tempat menumpuknya bakteri dan juga kuman. Oleh sebab itu, rajinlah membersihkan lingkungan tempat tinggalmu.

Nah, itulah beberapa cara merawat diri ala perempuan muslim. Perlu diingat, ya, menjadi perempuan muslim yang baik itu bukan sekadar memperbanyak ibadah, melainkan juga harus senantiasa merawat kebersihan dan juga kesehatan diri sendiri.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#perawatan #muslimah #perempuan #teladan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top