Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
cherry kari

11 Februari 2019 19:00

10 Warisan pemerintahan SBY yang masih dirasa hingga sekarang

Termasuk beasiswa..

10 Warisan pemerintahan SBY yang masih dirasa hingga sekarang

0



Meskipun sudah berlalu, apa masih ingat warisan apa saja yang ditinggal mantan presiden Susilo Bambang Yudoyono untuk bangsa Indonesia?

Cukup banyak. Sebagai seorang kelahiran 1996, saya merasakan di zaman Pak SBY, itu adalah pertama kalinya Indonesia menjadi negara “normal” 

Beberapa kebijakan Pak SBY yang warisannya bisa dirasakan sampai sekarang,

1. Program BOS (Bantuan Operasional Sekolah), biaya pendidikan digratiskan hingga jenjang SMP (sekolah negeri). Waktu saya masuk kelas VIII SMP (tahun 2009), saya sudah tidak perlu lagi membayar SPP bulanan.


2. Program beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa tidak mampu, yang diberikan sejak tahun 2010. Ada juga Beasiswa LPDP, yang memberikan kesempatan bagi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.


3. Program PNPM Mandiri Pedesaan, program pemberdayaan masyarakat & penanggulangan kemiskinan di pedesaan. Saluran air yang digunakan warga di desa saya dulu (Cobanblimbing, Wonorejo, Kab. Pasuruan) dibangun dari program ini.


4. Pembangunan infrastruktur memang tidak seintensif sekarang, karena alokasi dana pembangunan infrastruktur di APBN porsinya tidak sebesar saat ini (dulu terkuras oleh anggaran untuk subsidi BBM), tetapi di era SBY ada sejumlah proyek monumental yang selesai & diresmikan: Jembatan Suramadu, Bandara Kualanamu, Jalan Layang Kelok 9, & Jalan Tol Mandara Bali. Peranan dari proyek-proyek ini sangat vital di daerah masing-masing.


5. Perdamaian antara GAM dengan pemerintah Indonesia di tahun 2005, sehingga kini Aceh menganut hukum pidana Islam & sistem pemerintahan lokal Aceh.


6. Penanggulangan bencana alam menjadi lebih terencana dengan dibentuknya BNPB berdasarkan UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.


7. Pelayanan transportasi kereta api menjadi semakin bermutu (kredit terutama untuk Pak Ignatius Jonan, Dirut KAI 2009–2014).


8. Sebagai siswa SMP & SMA waktu itu, saya mengamati, penegakan hukum di era SBY cukup bagus (besan & pengurus inti partai sendiri saja bisa jadi tersangka, berarti hukum ditegakkan tanpa pandang bulu), walaupun masih ada banyak PR, seperti kasus Century, dan e-KTP misalnya. Lembaga seperti KPK menjadi tajam taringnya, meski sempat ada konflik antar lembaga pemerintah (kasus cicak vs buaya), tetapi KPK tetap berdiri kokoh dan masih utuh kewenangannya sampai sekarang.


9. Sebagai masukan dari sdr. Kenzo Variant di kolom komentar, salah satu warisan SBY yang dampaknya bisa kita rasakan semua adalah BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan, mulai tahun 2014. Walaupun sampai saat ini program ini belum sempurna pelaksanaannya, namun pengaruhnya sangat nyata di kehidupan sehari-hari.


10. Ada lagi sebenarnya program SBY yang dulu saya ekspektasikan akan berjalan bagus di masa yang akan datang, yaitu MP3EI (Masterplan Percepatan & Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Dulu saya saksikan langsung di televisi launchingnya, disertai peresmian sejumlah proyek di penjuru Nusantara, & pembagian wilayah Indonesia menjadi koridor-koridor ekonomi dengan pendekatan pembangunan yang sudah disesuaikan. Namun sayang, kini saya tidak pernah lagi dengar kabar berita & aksi dari program ini.

Itu daftar warisan SBY yang bisa dirasakan sampai sekarang, menurut saya. Pemerintahan SBY tentu juga banyak meninggalkan warisan PR kepada pemerintahan sekarang. Setiap presiden punya cara sendiri-sendiri untuk memajukan negaranya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

sosok inspiratif Susilo Bambang Yudhoyono presiden ke-6 RI presiden Indonesia
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top