×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
afifah nur aini

08 Juli 2020 11:40

10 Reaksi tubuh aneh yang sering terjadi pada manusia

Ternyata ada beberapa hal yang tak dapat kita kendalikan dalam tubuh. .

10 Reaksi tubuh aneh yang sering terjadi pada manusia

0



Selama hidup pasti kamu semua pernah merasakan hal ini. Hal ini nggak bisa dijauhi karena terjadi secara mendadak dan biasanya tanpa ada kendali dari tubuh kita. Penasaran?

Inilah beberapa hal aneh yang sering kali terjadi pada tubuh manusia serta penjelasan sederhananya.

1. Mengapa ototmu berkedut tanpa alasan?

Jika matamu mulai berkedut sesekali, itu adalah pertanda bahwa kamu sedang menghadapi stres atau mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak.

2. Mengapa kamu gemetar ketika dingin?

Loading...

Kita tahu keadaan saat gigi-gigi bergemeletuk tak terkendali dan kaki yang menggigil ketika kedinginan. Ini terjadi karena meski pelan, semua ototmu bergerak untuk menghasilkan panas dari gesekan.

3. Mengapa kakimu mati rasa?

Ini terjadi karena kamu duduk dengan posisi yang aneh. Cara dudukmu membatasi jumlah darah yang bisa mencapai kakimu. Sepuluh menit saja tanpa sirkulasi darah yang baik akan menyebabkan mati rasa. Dan perasaan tak nyaman setelahnya adalah sensasi saat darah mengalir kembali ke setiap bagian kakimu.

4. Mengapa matamu basah saat bangun tidur?

Untuk mengimbangi kurangnya perlindungan dan membersihkan debu-debu yang menempel di matamu sepanjang malam, kelenjar khusus di sudut mata kita menghasilkan air mata.

5. Bagaimana dengan menguap ketika kamu tidak ingin tidur?

Menguap pada dasarnya meregangkan rahang dan menghirup udara sedalam mungkin. Kedua tindakan itu membuat darah di pembuluh darahmu mengalir ke kepala dan cairan tulang belakang turun ke tulang belakangmu.

6. Apa yang dimaksud dengan floater mata?

Floaters bukan objek nyata; mereka hanya cacat kecil di satu bagian khusus dari bola mata yang disebut badan bening mata. Kita dapat melihatnya karena ketidaksempurnaan struktural ini menghalangi cahaya yang lewat dari pupil ke retina, yang membentuk pandangan matamu.

7. Mengapa tertidur terasa seperti jatuh?

Saat terbangun paling buruk adalah ketika kamu tersentak atau melompat, kaget, dengan sensasi mengerikan seolah kamu jatuh dari tempat tidur atau tebing. Ternyata itu terjadi sesaat setelah kamu terlelap, saat semua ototmu rileks bersamaan. Otakmu mungkin menganggapnya sebagai panggilan darurat, karena normalnya, jika semua ototmu rileks, kamu akan jatuh.

8. Mengapa jari-jarimu keriput karena air?

Kerutan terjadi ketika pembuluh darah kecil mengerut di bawah kulit; tapi ini bukan bagian yang paling menarik. Para ilmuwan menemukan bahwa jika saraf di jari-jarimu rusak, kerutan tidak akan muncul sama sekali, tak peduli berapa lama tangan berada di air.

9. Mengapa persendian berbunyi?

Bunyi itu terjadi saat ada dorongan yang kuat pada persendian yang tertekuk dengan sedemikian rupa sehingga menyebabkan gelembung gas kecil keluar dan meletup.

10. Apa yang membuat perutmu bergemuruh?

Saat perutmu kosong, otak mengirimkan sinyal untuk memulai proses mencerna sesuatu dan meneruskannya ke sistem pencernaan. Tapi tidak ada yang diteruskan kecuali gas, yang menyebabkan suara itu.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#reaksi aneh manusia wow info kesehatan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top