×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Uli Wahyuliana

14 September 2017 13:56

11 Olahan pisang khas Makassar ini lezatnya bikin ngiler

Alternatif kudapan enak..

11 Olahan pisang khas Makassar ini lezatnya bikin ngiler

0



Tak hanya seafood atau olahan daging seperti coto dan konro, Makassar juga terkenal dengan olahan pisangnya. Orang Makassar bisa mengolah berbagai macam kudapan dari buah pisang. Kuliner pisang ala Makassar ini pun hits abis bahkan sampai di luar kota.

Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Pisang ijo

Foto: http://billyantoro.com

Olahan pisang yang satu ini sudah hits ke mana-mana. Bahkan kini rasanya pun kian beragam, tidak hanya original, ada juga rasa keju, cokelat, sampai rasa durian.

Membuat pisang ijo tidaklah sulit. Pisang utuh cukup dikukus, dibuang kulitnya, lalu dibalut dengan adonan tepung atau kulit dadar yang sudah diberi pewarna ekstrak daun pandan. Setelah itu, potong kecil pisang, lalu tambahkan dengan bubur fla. Bubur flanya sendiri terbuat dari tepung yang dicampur santan, dan dimasak sampai kental. Terakhir, jangan lupa hidangkan dengan tambahan sirup DHT khas rasa pisang ambon. Lalu tambahkan es serut sesuai selera.


2. Pallubutung.

Foto: https://www.doyanmasak.com

Pallubutung ini hampir sama seperti pisang ijo. Hanya saja pallubutung, pisangnya tidak dibalut dengan adonan tepung.

Loading...


3. Barongko.

Foto: http://reseponline.info

Barangko terbuat dari pisang yang dihaluskan dicampur dengan gula, santan, telur, dan sedikit tepung. Adonan yang masih cair kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus.

Barongko enak dihidangkan saat dingin. Bisa juga dibekukan hingga menyerupai es kue. Barangko bisa dikreasikan dengan berbagai varian rasa, mulai dari yang original, gula merah, dan pandan. 


4. Pisang Peppe' (Sanggara' Janda)

https://makassarkuliner.com

Bosan dengan pisang goreng? Olahan pisang muda yang satu ini bisa jadi alternatif. Pisang yang masih muda digoreng sebentar lalu dipipihkan dan digoreng kembali sampai garing. Biar lebih nampol, santap dengan sambel terasi.


5. Sanggara' Belanda.

Foto: http://resepdanmasakan.com

Sanggara' dalam bahasa Bugis Makassar artinya olahan pisang goreng. Untuk membuat sanggara belanda ini harus menggunakan pisang raja atau pisang tanduk yang sudah matang. Pisang utuh yang masih bulat digoreng sampai matang. Setelah itu, dibelah bagian tengahnya dan diberi campuran kacang tanah sangrai, karamel, mentega dan gula. Untuk sausnya bisa menggunakan lelehan mentega yang dicampur dengan gula dan kacang tanah.

6. Pisang Epe'

http://www.jalanpedia.com

Kudapan yang satu ini paling enak disantap sore-sore. Kalau di Makassar biasanya dijajakan di pinggir Pantai Losari. Terbuat dari pisang muda yang dibakar dengan arang lalu dipipihkan dan ditambahkan gula merah cair. Untuk tambahan topping tergantung selera. Bisa dengan keju parut, durian, cokelat bubuk, meses, atau kacang tanah.

7. Brownis pisang.

Foto: https://makassar.merdeka.com

Sama seperti olahan brownis pada umumnya, hanya saja adonannya ini lebih banyak menggunakan bahan pisang. Rasanya pun sedikit beda dibanding brownis lainnya, teksturnya lebih padat namun tetap lembut dan enak.


8. Bandang-bandang (Rokoroko)

Foto: www.sajiansedap.com

Mirip seperti kue nagasari dan biasanya dihidangkan untuk acara-acara tradisional.

9. Jadde' Utti.

Foto: http://resephariini.com

Dalam bahasa Bugis Makassar, Jadde' berarti olahan singkong, sedangkan unti atau utti adalah pisang. Jadde’ utti merupakan olahan pisang yang dibalut dengan singkong parut. Dimasak hingga matang dan dihidangkan dengan kelapa parut. Jadde' utti bisa dibuat berwarna-warni dengan mencampurkan pewarna makanan pada singkong parut sebelum dikukus.

10. Pisang nugget.

http://instagram.com/pisang_nugget

Pisang nugget terbuat dari pisang setengah mengkal dipotong kecil memanjang lalu digoreng. Setelah digoreng, tambahkan toping berbagai rasa seperti palm sugar, keju, cokelat, meses, durian, green tea, ikan tuna atau abon.

11. Kambeng-kambeng.

http://dapurantee.blogspot.co.id

Sama seperti pisang goreng, hanya saja kambeng-kambeng ini pisangnya dipotong kecil atau dihaluskan dan dicampur tepung beras. Adonan yang sudah kental dan padat kemudian digoreng dalam minyak panas.

Wah, ternyata banyak sekali olahan pisang dari Kota Makassar. Kamu, sudah coba yang mana saja?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Kuliner Pisang Khas Tradisional Makassar
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top