×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Eko Baskoro

22 Maret 2022 12:26

10 Negara ini punya nilai sumber daya alam terbesar di dunia

Beberapa negara yang masuk posisi teratas dari 10 negara ini didominasi oleh negara dengan wilayah daratan yang luas..

10 Negara ini punya nilai sumber daya alam terbesar di dunia

0



foto: https://synergysolusi.com/indonesia/berita-terbaru/produksi-hingga-proses-pendistribusian-minyak-dan-gas-bumi

Sumber Daya Alam (SDA) terdiri dari SDA yang tak terbarukan dan SDA yang terbarukan. Nilai SDA pada suatu negara biasanya ditentukan berdasarkan jumlah cadangan SDA dan nilainya bagi ekonomi modern. 

Berdasarkan data yang dirilis di website statista.com pada awal tahun 2022, ternyata beberapa negara yang masuk posisi teratas dari 10 negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia didominasi oleh negara dengan wilayah daratan yang luas. Negara yang memiliki SDA tertinggi di dunia pun ternyata sedang mengalami konflik perang dan diprediksi akan mengalami krisis ekonomi.

Negara-negara manakah yang masuk ke dalam daftar? Menurut penelitian Statista, berikut adalah daftar 10 teratas negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia.

10. Venezuela.

   Bendera Venezuela    

Loading...

foto: https://www.theflagshop.co.uk/venezuela-flag.html 

Venezuela merupakan sebuah negara yang berada di wilayah benua Amerika Selatan. Minyak bumi dan komoditas turunan minyak bumi menyumbang sekitar 95% dari total pendapatan ekspor negara, karena itulah tak heran jika Venezuela akan memiliki masalah ekonomi yang serius ketika harga minyak bumi turun.

Namun Venezuela juga punya sumber daya alam lain yang menjadi andalan, termasuk berlian, emas, gas alam, bauksit, dan bijih besi. Sumber daya alam Venezuela yang berada di posisi 10 ini memiliki total nilai sebesar US$ 14,3 triliun.

9. Irak.

  Bendera Irak

foto: https://www.theflagshop.co.uk/iraq-flag-2592.html

Meskipun dilanda masalah politik, ternyata Irak memiliki cadangan sumber daya alam yang cukup besar. Selain memiliki beberapa cadangan minyak terbesar di dunia, dengan lima ladang "super raksasa", Irak juga memiliki sumber daya lain seperti belerang, fosfat, dan gas alam yang melimpah.

Di sektor kelistrikan, Irak menghasilkan tenaga listrik dari bahan bakar cair, gas alam, dan sumber daya hidroelektrik. Nilai SDA yang dimiliki Irak sebesar US$ 15,9 triliun.

8. Australia.

  Bendera Australia

foto: https://www.theflagshop.co.uk/australia-australian-flag.html

Salah satu negara tetangga Indonesia ini ternyata masuk ke dalam daftar negara dengan SDA terbesar. Geografi Australia yang luas memungkinkan pertambangan yang beragam dengan emas, batu bara, gas alam, minyak bumi, dan bijih besi yang menjadi ujung tombak sebagian besar aktivitas industri negara itu. Uranium, nikel, bauksit, seng, zirkon, ilmenit, dan rutil juga merupakan sumber daya pentingnya. Nilai total SDA Australia adalah US$ 19,9 triliun.

7. Brasil.

  Bendera Brasil

foto: https://www.theflagshop.co.uk/brazil-flag-nylon.html

Brasil merupakan negara terluas kelima di dunia yang berada di wilayah benua Amerika Selatan. Hasil pertambangan Brasil di antaranya emas, berlian, bauksit, besi, timah, aluminium dan platinum. Brasil juga memiliki banyak mineral yang kurang terkenal lainya masuk posisi teratas untuk niobium, tantalitem, kaolin, grafit, talc dan vermikulit.

Selain itu Brasil termasuk negara yag memiliki hutan tropis terluas di dunia. Jumlah SDA yang dimiliki brasil cukup fantastis yaitu US$ 21,8 triliun.

6. Cina

  Bendera China

foto: https://www.theflagshop.co.uk/china-chinese-flag.html

Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan punya luas negara terbesar keempat di dunia. Cina memiliki cadangan minyak dan gas alam yang sangat besar. Cina juga produsen bijih besi terbesar ketiga. Mineral utama lainnya adalah batu bara, bauksit, berlian, emas, timbal, merkuri, dan batuan fosfat. Cina merupakan salah satu pengekspor magnesium terbesar.

Cina juga memiliki potensi hidro energi terbesar dengan jumlah waduk atau bendungan terbanyak di dunia sehingga pembangkit listrik tenaga air merupakan salah satu sumber energi utama negara itu. Cina diprediksi dalam waktu dekat ini menjadi negara adikuasa ini memiliki nilai SDA sebesar US$ 23 triliun.

5. Iran.

  Bendera Iran

foto: https://www.theflagshop.co.uk/iran-flag.html

Iran merupakan sebuah negara di kawasan benua Asia. Sumber daya mineral utama negara Timur Tengah ini di antaranya adalah minyak, gas, batu bara, kromium, tembaga, bijih besi, timah, mangan, seng, dan belerang.

Iran telah memulai upaya eksplorasi untuk mengidentifikasi cadangan baru di ladang gas besar Pars Selatan. Negara yang sedang mengalami krisis ekonomi ini memiliki cadangan SDA sebesar US$ 27,3 triliun.

4. Kanada.

  Bendera Kanada

foto: https://www.theflagshop.co.uk/canada-flag.html

Kanada merupakan negara yang berada di wilayah benua Amerika Utara, sebelah utara Amerika. Kanada sering menjadi berita utama energi dan pertambangan untuk waktu yang lama, dengan cadangan minyak bumi, batu bara, bijih besi, uranium, dan kaliumnya yang sangat besar. Salah satu jenis SDA yaitu permata dalam sumber dayanya menyumbang 29% dari produksi global.

Di masa yang berkelanjutan ini, negara ini secara bertahap menjadi titik fokus untuk inovasi pertambangan hijau. Negara terluas kedua ini memiliki cadangan SDA sebesar US$ 33,2 triliun.

3. Arab Saudi.

  Bendera Arab Saudi

foto: https://www.theflagshop.co.uk/saudi-arabia-flag-3ft-x-2ft.html

Negara yang berada di jazirah Arab ini memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Tak heran Arab Saudi menempati posisi ketiga pada daftar ini. Minyak bumi dan komoditas turunan minyak bumi menyumbang sebagian besar dari total pendapatan ekspor negara ini. Pasokan minyaknya yang melimpah diperkirakan mencapai 268 miliar barel.

Negara kerajaan ini juga memiliki cadangan gas alam, emas, fosfat, dan aluminium dalam jumlah yang sangat banyak. Negara Arab Saudi memiliki total SDA sebesar US$ 34.4 triliun.

2. Amerika Serikat.

Bendera Amerika Serikat

foto: https://www.theflagshop.co.uk/usa-american-flag.html

Amerika Serikat merupakan negara adikuasa yang berada di benua Amerika Utara dengan perekonomian terbesar di dunia. Negara ini merupakan produsen batubara terbesar ketiga, menyumbang 27% dari total batubara dunia. Sumber daya alam lainnya di antaranya minyak mentah, gas alam, uranium, bauksit, seng, tembaga, perak, nikel dan kalium.

Amerika juga sedang mengusahakan untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan, mulai dari angin hingga biodiesel. Selain memiliki sumber daya manusia yang sangat maju, negara ini juga punya cadangan SDA yang sangat besar yaitu US$ 45 triliun.

1. Rusia.

  Bendera Rusia

foto: https://www.theflagshop.co.uk/russia-flag.html

Rusia merupakan negara terluas di dunia membentang dari timur Eropa dan Asia bagian utara. Saat ini Rusia sedang mengalami konflik peperangan. Rusia memimpin daftar dalam hal sumber daya alam di antaranya berlian, emas, platinum, photoresist, batu bara, gas alam dan minyak bumi serta bijih besi, mangan, kromium, nikel, titanium, tembaga, timah, timah, dan tungsten.

Selain itu Rusia juga memiliki wilayah hutan terluas di dunia yang menyumbang sekitar 20% dari kayu dunia melalui tumbuhan runjung yang berlimpah. Jumlah nilai cadangan SDA Rusia sangat besar yaitu US$ 75 triliun.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#SDA #rusia #minyak #gas #sumber_daya_alam
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top