×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Istimrora Raka

01 Mei 2019 11:15

10 Fakta tentang hutan hujan Amazon, eco-region terbesar di Bumi

Ternyata dulunya 'pemupukan' hutan Amazon dibantu pasir gurun Sahara, lho..

10 Fakta tentang hutan hujan Amazon, eco-region terbesar di Bumi

0



Ada banyak fakta menakjubkan tentang hutan hujan Amazon yang juga memegang gelar sebagai hutan hujan terbesar di dunia. Wilayahnya tersebar di sebagian besar bagian utara dan barat laut Amerika Selatan dan meluas hingga ke wilayah tengah benua tersebut. Tidak ada eco-region lain di bumi yang seperti ini. Dan mengingat bahwa wilayahnya sangat luas dan masih relatif belum banyak dijelajahi, ada banyak yang tidak kita diketahui tentang hutan hujan ini.

Berikut 10 fakta menarik tentang hutan hujan Amazon yang mungkin jarang kita dengar.

1. Hutan Amazon meliputi beberapa negara di Amerika Selatan.

Peta Hutan Hujan Amazon

Hutan hujan Amazon tersebar di beberapa negara di kawasan ini, tepatnya membentang di sembilan negara. Negara-negara tersebut adalah Venezuela, Kolombia, Suriname, Peru, Ekuador, Brasil, Bolivia, dll. Brasil memegang bagian terbesar dari hutan hujan. Karena lanskap Amazon yang luas, ini adalah hutan hujan paling beragam di dunia. Keanekaragaman hayati di hutan ini sangat besar dan kompleks.

Loading...

 

2. Brazil merupakan negara dengan wilayah hutan Amazon terbesar.

Amazon di Brazil

Meskipun Amazon membentang di beberapa negara, Brasil kebetulan memegang bagian terbesar dari hutan hujan tersebut. Sekitar 60% dari total hutan hujan Amazon saat ini berlokasi di Brasil. Sisanya, sekitar 40% berlokasi di negara-negara sekitarnya seperti Ekuador, Peru, Bolivia, dll. Selain itu, persentase di sini didasarkan pada perkiraan terbaru pada tahun 2019, bukan yang sebelumnya. Mengingat bahwa hutan hujan ini berukuran lebih besar di masa lalu (karena sedikit deforestasi), persentase pastinya sangat bervariasi di masa lalu. Di masa depan, persentase dapat berubah sesuai dengan laju deforestasi atau aforestasi.

 

3. Terdapat banyak sumber daya alami di dalamnya.

Sumber Daya Alam Amazon

Amazon tidak hanya terkenal dengan pepohonan dan lanskap hutannya. Hutan hujan Amazon juga berlimpah dalam hal sumber daya alam. Tempat ini adalah harta karun yang penuh dengan besi, minyak, emas, gas, dll yang tersedia di bentang alamnya yang luas. Namun, sulit untuk mengambilnya untuk penggunaan komersial karena berbagai alasan. Salah satu alasan terpentingnya adalah kerusakan ekosistem Amazon. Mengekstrak sumber daya alam ini hanya berarti menghancurkan hutan hujan Amazon. Dikarenakan semua kegiatan ini akan memerlukan penebangan pohon dan penggalian seluruh lanskap untuk mengakses pepohonan di bawah permukaannya. Terlepas dari kekhawatiran ini, ada banyak operasi penambangan dan pengeboran yang terjadi di Amazon saat ini.

 

4. Penemuan Piramida dan pemukiman kuno jauh di dalam hutan.

Penemuan Geografis di Amazon

Hutan hujan Amazon tidak sepenuhnya merupakan hutan yang luas dan tak tersentuh. Dua hal ini merupakan beberapa temuan paling misterius yang pernah ditemukan di dalam hutan. Ada masa-masa di masa lalu di mana kerajaan besar ada di seluruh wilayah. Bahkan saat ini, banyak wilayah hutan hujan dihuni oleh suku-suku dari berbagai masyarakat adat. Diduduki oleh kerajaan seperti suku Inca dengan piramida besar dan bangunan lainnya dibangun di seluruh wilayah. Bahkan hari ini, mungkin ada banyak bangunan seperti itu yang belum ditemukan.

Terlepas dari piramida, beberapa bentuk geometris telah ditemukan tersembunyi di hutan hujan yang lebat ini. Foto satelit NASA yang diambil hingga 1999 di sekitar Cekungan Amazon menemukan bahwa ada lebih dari 200 pekerjaan tanah geometris. Mungkinkah bentuk dan piramida ini menjadi karya seni dari peradaban kuno yang hilang? Bisa jadi peradaban misterius besar bertanggung jawab atas ciptaan ini. Banyak peneliti masih berani ke hutan untuk mempelajari dan meneliti tentang struktur ini.

 

5. Macaw, salah satu burung kakaktua terindah terdapat di sini.

Macaw

Macaw merupakan spesies kakatua terbesar di dunia dan memiliki umur yang sangat panjang. Bulu warna-warni, sifat main-main, dan kemampuannya untuk meniru berbagai suara menjadikannya hewan peliharaan yang populer. Hewan ini terlihat di seluruh hutan hujan Amazon serta daerah di sekitarnya, seperti Amerika Latin dan pulau-pulau Karibia. Hal yang menarik tentang Macaw adalah ia memakan makanan yang mengandung zat beracun dan mereka dapat mencernanya. Untuk menetralkan racun dalam tubuhnya, mereka memakan tanah liat dari tepi sungai. Perilaku makan tanah liat oleh Macaw ini tidak terlihat di wilayah lain di luar wilayah Amazon Barat.

 

6. Manaus, kota besar di jantung Amazon.

Manaus City

Di hutan hujan Amazon, kita dapat menemukan kota yang luar biasa besar yang dikenal sebagai Manaus. Sejarah Manaus dimulai saat periode kolonial ketika kota ini dibangun sebagai benteng Portugis. Kota ini merupakan pusat perdagangan untuk produk pertanian di daerah tersebut. Hari ini, Manaus adalah ibu kota negara bagian Brasil di Amazon yang juga dibangun sebagai pos terdepan dan pusat perdagangan selama masa kolonial. Kota ini adalah salah satu kota terpadat di Amazon.

 

7. Hutan hujan terbesar di planet ini dan mendapatkan pemupukan oleh pasir Gurun Sahara.

Hutan Amazon Difertilisasi Oleh Pasir Sahara

Hutan hujan ini membentang melintasi wilayah luas Amerika Selatan, membentang sekitar 5,5 juta kilometer persegi. Namun jumlah yang tersisa ini bukanlah ukuran asli dari hutan hujan tersebut. Sulit untuk memperkirakan berapa ukuran aslinya, tetapi mengingat bahwa ukuran cekungannya saja sekitar 7 juta kilometer persegi atau lebih, bisa dibayangkan seberapa besar hutan hujan yang ada di masa lalu.

Sekitar era Eosen, sekitar 50 hingga 35 juta tahun yang lalu, hutan hujan Amazon muncul. Sangat mengejutkan mengetahui bahwa gurun Sahara bertanggung jawab untuk pemupukan hutan hujan Amazon. Debu dari Chad Utara di Sahara ditiup angin ke Amazon. Menurut NASA, Sahara mengangkut sekitar 182 juta ton debu ke hutan. Debu mengandung fosfor yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan tanaman dan tumbuh-tumbuhan.

 

8. Orang-orang Amazon di dalam hutan tidak ada yang tinggi.

Orang-orang Amazon

Menurut legenda setempat, diperkirakan bahwa orang-orang Amazon sangat tinggi. Namun ini ternyata tidak benar. Ada penduduk asli yang tinggal di hutan hujan Amazon dan daerah sekitarnya tetapi mereka setinggi orang normal. Gagasan bahwa ada ras khusus orang Amazon yang sangat tinggi kebetulan berasal dari komik populer dan media lainnya.

 

9. Sungai Amazon merupakan salah satu yang terpanjang di dunia serta menyimpan banyak misteri.

Sungai Amazon

Dari semua sungai di dunia, Amazon adalah salah satu yang terpanjang dengan panjang sekitar 6.400 km yang membentang dari jantung hutan Amazon ke kaki pegunungan Andes, menjadikan lembah sungai Amazon sebagai salah satu sistem sungai terbesar di dunia. Ini juga salah satu sungai paling indah dan menakjubkan di dunia.

Sungai ini mengeluarkan volume air yang sangat besar ke lautan Atlantik. Titik awal yang berkontribusi terhadap volume maksimum air ke sungai Amazon masih belum diketahui dan membingungkan para ilmuwan di seluruh dunia. Mereka belum menemukan sumber sebenarnya dari sungai besar ini. Beberapa ahli geografi telah memetakan area dan menemukan bahwa titik asalnya terus bergeser, berubah dan bahkan beberapa sumber anak sungai menyebabkan masalah bagi para ilmuwan.

 

10. Ukuran Hutan Hujan Amazon Telah Jauh Menyusut.

Ukuran Hutan Amazon Jauh Menyusut

Seperti yang dikatakan di poin 7, beberapa abad yang lalu ada suatu masa ketika hutan hujan Amazon jauh lebih besar dari Amazon yang kita kenal sekarang. Dengan kata lain, ukuran absolut hutan hujan ini telah menyusut jauh selama berabad-abad terakhir atau bahkan beberapa dekade. Misalnya, negara bagian Brasil yang bernama Rondonia kehilangan persentase hutan hujannya dalam beberapa dekade. Tempat-tempat lain seperti Tocantins telah kehilangan hutan hujannya selama lebih dari satu abad. Saat ini, hutan hujan Amazon telah menyusut dalam jumlah besar karena deforestasi. Masih menakjubkan betapa banyak yang masih tersisa, meskipun telah dihancurkan selama ratusan tahun.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

amazon sungai amazon hutan hujan kakaktua gurun sahara
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top