×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Amal Udin

31 Desember 2021 15:53

10 Contoh bahasa slang kekinian, sering dipakai remaja zaman sekarang

Slang merupakan variasi bahasa Indonesia yang tidak baku, biasa digunakan oleh anak remaja dengan sebutan bahasa gaul..

10 Contoh bahasa slang kekinian, sering dipakai remaja zaman sekarang

0



Bahasa adalah alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa merupakan suatu sistem lambang bunyi yang bersifat arbiter, yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat untuk berinteraksi dan mengidentifikasi diri. Dalam bidang sosiolinguistik, ada yang dinamakan dengan variasi bahasa.

Lalu kata slang merupakan kata gaul yang sering diucapkan oleh remaja zaman sekarang. Ada beragam bahasa slang yang terganti pada setiap zamannya. Daripada penasaran, yuk kita liat ada apa saja kata slang atau gaul yang sering digunakan oleh remaja zaman sekarang.

1. Sabi.

Kata sabi sebenarnya kebalikan dari kata "bisa". Remaja saat ini ketika berbicara dengan temannya kebanyakan menggunakan kata sabi ini untuk merencanakan sesuatu.

Contohnya: "Sabi nih, kita ke sini jalan-jalannya."

Loading...

2. Brokap.

Brokap sendiri merupakan variasi bahasa yang digunakan oleh beberapa komunitas atau kelompoknya sendiri. Kata brokap berarti "berapa".

Contohnya: "Brokap ini bro?"

3. Gaskeun.

Gaskeun merupakan kata yang divariasikan dari bahasa Sunda dengan bahasa Indonesia. Kata gaskeun sendiri memberi makna "ayo" yang biasa digunakan untuk merencanakan sesuatu juga.

Contohnya:

A: "Main yuk!"

B: "Gaskeun lah."

4. Kuy.

Kata kuy ialah kebalikan kata dari kata "yuk" yang biasa digunakan oleh para remaja yang akan melakukan suatu kegiatan. Kata ini punya arti hampir sama dengan kata gaskeun.

Contohnya: "Kuy lah kita ke Bandung."

5. Kzl.

Kzl adalah singkatan dari "kesel" atau "kesal" dengan huruf vokal yang dimatikan. Pengucapan "kesel" tanpa huruf vokal dianggap terdengar lebih manja.

Contohnya: "Ih kzl deh sama dia."

6. Gesrek.

Masyarakat perlu berhati-hati dalam menggunakan kata slang satu ini. Sebab gesrek berarti "bodoh", "lemot", "lemah otak".

Contohnya: "Otakmu gesrek juga ya bro."

7. Lokit.

Kata slang ini sering didengar di tempat kumpul atau tongkrongan di saat sesorang meminta bantuan untuk melihat sesuatu. Kata lokit yang artinya "lihat", yaitu untuk melihat sesuatu.

Contohnya: "Bro, lokit dah di depan ada siapa?" Dan dijawab, "Tukang bakso bre di depan."

8. B.

Kata B yang divariasikan kembali ini biasanya muncul ketika ada seorang teman yang meminta pendapat tentang sesuatu. B artinya "biasa saja", "standar", "tak ada yang istimewa", "tak direkomendasikan".

Contohnya: "Noh lokit, si Amel cantik ya?" Lalu djawab, "B aja."

9. Pap.

Kata yang satu ini bukan hanya sering didengar di luar negeri. Masyarakat Indonesia khususnya pengguna internet kini sering menggunakan kata slang yang satu ini. Pap merupakan singkatan dari "post a picture" atau "unggah/kirim gambar/foto".

Contohnya: "Kak kirim pap terbaru dong."

10. Ads.

Kata slang ads atau dae ini diartikan "ada". Kata ini biasa digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Contohnya:

A: "Bro, ads camilan?

B: "Ads, nih bro."

Nah bisa dilihat bahwa ragam bahasa slang kita begitu banyak. Apalagi dengan berkembangnya era globalisasi yang dapat memvariasikan bahasa itu sendiri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Sastra Sosiolinguistik Slang Bahasa Tutur
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top