×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Marsha Impies

30 Maret 2020 12:04

10 Cara meningkatkan skill dalam olahraga basket yang patut dicoba

Jika kamu penggemar basket sejati dan ingin menjadi pemain terbaik di lapangan, ada beberapa cara untuk meningkatkan skill kamu..

10 Cara meningkatkan skill dalam olahraga basket yang patut dicoba

0



Basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Olahraga basket paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia. Banyak kompetisi bola basket yang diselenggarakan setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan Indonesia Basketball League (IBL) di Indonesia.

Nah, buat kamu penggemar basket sejati dan ingin menjadi pemain terbaik di lapangan, ada beberapa cara untuk meningkatkan skill kamu dalam olahraga basket.

1. Practice makes perfect.

Latihan membuat sempurna, Seperti perkataan dalam buku The Secret to Success dalam bab The “10.000-Hour Rule” yang dipopulerkan oleh Malcolm Gladwell yang menyatakan bahwa seseorang dibutuhkan setidaknya 10.000 jam latihan untuk menguasai suatu keterampilan. Genetika dan kompleksitas dapat mempercepat atau merusak proses. Sebagai contoh, tidak semua orang dapat melakukan dunk, tetapi lompat tali tidak membutuhkan waktu 10.000 jam untuk dikuasai.

2. Quality repetitions.

Loading...

Quality repetitions yaitu lebih mementingkan pengulangan terhadap kualitas dibandingkan pengulangan kuantitas. Dalam mementingkan pengulangan terhadap kualitas tinggi, kamu harus mengeksekusi dengan kecepatan permainan, fokus pada teknik dan mempertahankan tingkat energi yang tinggi dengan cara gerakan atau bergegas untuk menyelesaikan (the motions or rushing to finish).

Sebagai contoh, terus-menerus melakukan latihan shoot. Apabila repetisi berkualitas rendah maka kamu dapat 'melukai' permainanmu dengan bentuk permainan basket yang buruk. Dan itu hanya membuang waktumu dalam bermain basket.

3. Focus on the little things.

Fokus pada hal-hal kecil terutama pada bentuk dan gerakan kaki karena bentuk dan gerakan kaki ini dapat membuat perbedaan besar dalam permainan basketmu. Kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki fondasi yang kuat. Ataupun hal-hal kecil yang dapat menyakitimu saat bermain basket.

4. Discipline.

Selalu disiplin dalam melakukan latihan dan latihan keterampilan. Jangan malas saat kamu lelah dan jangan pernah melewatkan latihan. Jika kamu akan melakukan sesuatu, lakukanlah dari awal, jangan lakukan di tengah jalan.

5. Get out of your comfort zone.

Keluar dari zona nyamanmu untuk mempelajari teknik shooting yang tepat. Bermain serendah yang seharusnya kamu lakukan defensif dan ofensif yang membuatmu sedikit kurang nyaman. Namun ketika kamu mendorong diri sendiri dan meningkatkan hal-hal ini, itu akan menjadi lebih mudah dan kamu akan menjadi lebih baik.

Sebagai contoh, jangan pernah takut untuk berlatih dengan orang yang lebih jago dari kamu. Jangan pernah takut untuk berbagi pengalaman dengan orang yang kurang jago daripada kamu. Jangan pernah takut untuk ikut turnamen basket kesana-kemari dan tetap semangat walaupun kalah dalam turnamen tersebut. Terus mencoba agar jam terbang dalam olahraga basket ini semakin banyak.

6. Join several of basketball teams around you.

Bergabung dengan beberapa tim basket yang ada di sekitarmu. Gunanya bergabung dengan beberapa tim basket ini adalah untuk mengetahui teknik 'real' yang dipakai pada saat main di lapangan dan memahami gerak-gerik basket lawan ataupun kawanmu saat main di lapangan.

Bergabung dengan beberapa tim basket ini juga dapat memperluas jaringan pertemanan dalam olahraga basket maupun sosial. Ingat, pastikan jadwal basketmu yang satu dengan yang lain tidak bentrok supaya kamu bisa rutin dan fokus dalam olahraga basket ini.

7. Bring your own intensity.

Bawa intensitas kamu sendiri. Pemain cenderung termotivasi eksternal dan membutuhkan dorongan untuk melatih dengan intensitas. Apa pun praktiknya, kamu dapat menghadirkan intensitasmu sendiri.

Sebagai contoh, kamu dapat mendorong diri sendiri untuk mendapatkan lebih banyak pengulangan atau mengeksekusi lebih baik tanpa perlu pelatih. Selalu fokus dan berusaha sekuat tenaga, bahkan jika pelatihan terlihat membosankan atau lambat.

8. Refuse to settle.

Menolak untuk menyelesaikan. Kamu perlu menilai pekerjaanmu berdasarkan apa yang dapat kamu lakukan. Jika kamu dapat menyelesaikan Down and Back dalam delapan detik, jangan puas selama sepuluh detik jika itu adalah batasan waktu atau cukup untuk menyelesaikan terlebih dahulu.

9. Don’t cheat yourself.

Jangan menipu diri sendiri. Di Thunder Sports Institute, pemain tidak memperlambat sampai mereka melewati garis finish dan mereka tidak berhenti selama 10 hingga 15 kaki di lajur titik itu. Saat menyentuh garis sebelum berbalik, pastikan garis berada di bawah bagian tengah tubuhmu. Kamu tidak bekerja untuk melewati latihan. Kamu bekerja untuk menjadi lebih baik.

10. Understand the cost.

Dengan memahami biaya maka semakin baik yang kamu inginkan. Semakin banyak pula hal atau kegiatan yang harus kamu lakukan. Meningkatkan permainanmu tidak akan terjadi dalam semalam. Dibutuhkan jumlah kegiatan yang sama untuk mempertahankan level yang telah kamu capai bahkan lebih untuk membuatnya ke level berikutnya. Dedikasi menghasilkan hasil, tetapi kamu harus rela berkorban untuk mencapai tujuanmu.

Yuk, terapkan cara ini untuk meningkatkan skill kamu dalam olahraga basket. Jangan mudah lelah dan patah semangat dalam meningkatkan skill kamu. Karena kegagalan merupakan kunci dari sebuah kesuksesan dan pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Anak basket basket basketball
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya


ON FIRE

MORE
Back To Top