×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

22 Oktober 2020 10:15

10 Besar anime KyoAni menurut survei fans Jepang

Dari begitu banyak anime karya Kyoto Animation, mana yang jadi favorit kamu? Apa sama seperti hasil survei penggemar KyoAni di Jepang?.

10 Besar anime KyoAni menurut survei fans Jepang

0



Penggemar anime Jepang hampir pasti tahu nama “Kyoto Animation” alias KyoAni. Ini adalah nama studio anime papan atas di Jepang yang sudah berdiri sejak 1981. Studio Kyoto Animation didirikan pasangan suami istri Hatta (Hideaki-Yoko) dan sudah menghasilkan begitu banyak judul anime yang sering jadi hits. Mulai dari TV anime Tamako Market (2013) sampai film anime Violet Evergarden the Movie (2020) yang sudah diputar di bioskop Jepang.

Fans anime juga hampir pasti tahu kasus pembakaran studio KyoAni yang heboh tahun 2019 serta menewaskan 36 staff. Gara-gara pembakaran tersebut banyak data anime hangus terbakar tidak dapat diselamatkan lagi. Tapi KyoAni dapat kembali bangkit dari situasi buruk yang menimpa mereka dan kembali berkarya.

Yang membedakan KyoAni dari studio anime sekelas adalah staff mereka mendapatkan gaji reguler dan bukan sistem kontrakan tenaga lepas alias freelancer. Sehingga pegawai bisa fokus pada kualitas ketimbang bekerja asal-asalan karena kejar target. Ini bisa terlihat di produk-produk KyoAni selama ini yang boleh dibilang selalu memiliki kualitas tinggi dalam hal grafis dan musik.

Baru-baru ini lembaga survei Jepang Voice Note menggelar survei "anime KyoAni paling keren menurut fans" pasca rilis film bioskop Violet Evergarden. 200 responden pria wanita dengan rentang usia remaja hingga umur 40-an berpartisipasi dalam survei. Yang dicari adalah "sepuluh besar anime karya KyoAni terbaik" dan hasil surveinya seperti berikut:

10. Lucky Star (2007).

Loading...

Ini adalah anime keren adaptasi manga penuh komedi lucu yang segar. Masih seru untuk ditonton di masa kini walau sudah berusia lebih dari satu dekade.

9. Clannad: After Story (2008).

Sekuel dari Clannad (2007) dan sama-sama berasal dari light novel berjudul sama tahun 2004. Clannad merupakan drama perjalanan Tomoya Okazaki menuju kedewasaan.

8. Nichijou (2011).

Seperti manganya yang bergenre komedi, anime Nichijou merupakan situasi komedi segar dalam format animasi bagus. Must see untuk penggemar komedi.

7. Full Metal Panic? Fumoffu (2003).

Light novel-nya sukses dan animenya juga sama sukses. Tapi lucunya anime Full Metal Panic tidak hanya dikerjakan KyoAni karena ada juga karya Gonzo (2002) serta Xebec (2018). Sehingga mungkin tiap rilisan memiliki beberapa perbedaan desain untuk Sousuke Sagara dan Kaname Chidori sebagai tokoh sentral Full Metal Panic. Genrenya? Aksi fiksi ilmiah dengan drama dan komedi. Seru!

6. Free! (2013).

Free! adalah anime adaptasi light novel High Speed! dan sama-sama bercerita soal tim renang cowok SMA. Visualisasi yang ada jelas eye candy buat fans cewek di mana karakter-karakter dalam anime digambarkan sebagai cowok-cowok berwajah ganteng dengan tubuh atletis yang menarik. Fans cowok KyoAni mungkin tidak terlalu menggilai judul ini? Bisa jadi.

5. Sound! Euphonium (2015).

Novel Sound! Euphonium bercerita tentang klub konser musik sebuah sekolah SMA. Novelnya sukses dan diadaptasi ke manga serta anime oleh KyoAni. Animenya sendiri sukses dan Sound! Euphonium termasuk bukti kalau anime musik KyoAni benar-benar memiliki pesona keren. Hasilnya bagus banget!

4. Hyouka (2012).

Aslinya merupakan novel misteri karya Honobu Yonezawa sebelum diadaptasi KyoAni ke dalam anime TV. Misteri seperti apa yang ada dalam Hyouka? Yang jelas bukan berskala kehancuran dunia atau kedatangan raja setan dari neraka dan sejenisnya namun tetap menarik karena dikemas dalam format kehidupan remaja usia sekolah di Jepang. Apa yang tidak menarik dari kehidupan remaja usia sekolahan Jepang, kan?

3. Violet Evergarden (2018).

Kamu harus nonton judul ini. Bahkan jika kamu tidak suka anime sekalipun. Karena anime ini bagus banget. Tidak hanya pada animasi, dialog, ataupun musik pengiring saja, tapi kisahnya yang emosional akan membuat kamu tersentuh. Atau mungkin menitikkan sedikit air mata seperti yang terjadi pada saya dan puluhan orang yang saya kenal setelah nonton.

Violet Evergarden berasal dari light novel dan gara-gara animenya saya jadi penasaran dengan light novel-nya. Temanya tentang perjalanan mantan tentara anak-anak Violet yang mencari makna hidupnya setelah tidak lagi di dalam medan pertempuran. TV anime Violet Evergarden tersedia di Netflix.

2. K-On! (2009).

Anime yang "hate it or love it" karena jika melihat hanya dari desainnya yang moe/imut saja maka beberapa penggemar anime akan menganggap anime ini hanya menjual elemen moe tadi. Sementara menurut saya, unsur musik di anime K-On! termasuk bagus dan catchy sehingga seru dan menyenangkan; baik ditonton maupun didengar.

Tapi orang kadung melihat anime K-On! (yang merupakan adaptasi yonkoma atau manga 4 panel / komik strip berjudul sama) sebagai anime imut-imut. Sementara K-On! sendiri punya faktor keren lain selain tampilan visual bagus, yaitu musik yang catchy abis.

1. The Melancholy of Haruhi Suzumiya (2006).

Ah, tentu saja Haruhi Suzumiya menempati peringkat teratas survei untuk "anime buatan KyoAni paling keren" karena memang pantas banget. Walau sudah lebih satu dekade, The Melancholy of Haruhi Suzumiya saya pikir masih sangat layak ditonton. Konsep yang tidak biasa (ditayangkan tidak secara kronologis/berurutan seperti seharusnya) mungkin masih akan membingungkan penonton masa kini sehingga disarankan untuk mencari tahu / Googling ‘urutan menonton anime Haruhi Suzumiya’.

Anime Haruhi berasal dari light novel sukses dan menceritakan kisah keseharian seorang anak SMA bernama Kyon yang terseret situasi supranatural seperti alien, penjelajah waktu, maupun kekuatan mistis ESP gara-gara teman sekelasnya bernama Haruhi Suzumiya yang memiliki kekuatan misterius tanpa menyadarinya.

Karakter Haruhi yang ceria dengan Kyon yang cuek dan nggak mau tahu merupakan bagian menarik anime keren ini. Selain anime, The Melancholy of Haruhi Suzumiya juga merambah video games. Kamu perlu nonton anime dan cobain game Haruhi Suzumiya.

Apakah kamu juga penggemar anime Kyoto Animation? Apa kamu setuju dengan hasil survey tadi?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Anime Jepang Animasi TV Film
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top