Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Arya Raihan

18 Januari 2020 12:09

10 Alasan penting mengapa kamu harus membaca buku

Tak hanya menambah informasi dan pengetahuanmu, membaca buku juga punya berbagai manfaat baik lainnya..

10 Alasan penting mengapa kamu harus membaca buku

0



Sebagai jendela dunia, membaca buku merupakan suatu syarat untuk membuka jendela tersebut agar kamu dapat mengetahui berbagai macam permasalahan. Kegiatan membaca buku dapat dilakukan seluruh manusia dengan segala usia, mulai dari anak-anak sampai usia lanjut.

Buku menjadi sumber informasi yang berisi tentang pengetahuan, kesehatan, politik, dan sebagainya. Dengan membaca buku tentu dapat mengubah masa depan dan menambah kecerdasan serta mengubah pola pikirmu.

Kegiatan membaca buku bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja atau saat ada waktu luang, misalnya ketika menunggu seseorang maupun sedang berada dalam antrean. Membaca buku pun akan lebih bermanfaat daripada kamu sekadar bermain handphone tanpa tujuan yang jelas.

Tanpa disadari ternyata membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi. Namun sayangnya, kegiatan membaca buku kurang dilakukan bagi orang-orang. Ada yang bilang membaca buku membosankan, tidak menghibur, dan membaca bisa dilakukan lewat online.

Nah, ada beberapa alasan mengapa kamu dianjurkan membaca buku yang sebenarnya punya banyak sekali manfaat.

Loading...

1. Dapat mengurangi stres.

Ketika seharian bekerja yang menimbulkan stres, tidak heran kamu langsung istirahat agar rasa stresmu berkurang. Dengan membaca buku dalam beberapa menit juga bisa mengendalikan stresmu lho. Hormon yang bernama kortisol sebagai pengembang stres pada akhirnya bisa berkurang. 

Selain sebagai relaksasi, membaca buku dapat menimbulkan ketenangan dan kedamaian hidup yang sangat besar. Ada juga yang beranggapan bahwa membaca buku dapat menambah stres dan menambah kelelahan, padahal keadaannya tidak seperti itu. 

2. Dapat menambah kosakata.

Semakin rutin membaca buku maka semakin banyak makna yang kamu ketahui. Kamu pun dapat menambah jumlah kosakata yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harimu. Hal  ini tentu saja dapat mempermudahmu menyampaikan pendapat dan memperlancarmu untuk berbicara di depan banyak orang.

3. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Dengan membaca kamu banyak mendapatkan informasi baru yang selama ini belum kamu ketahui. Semakin banyak pengetahuan yang didapat maka kamu pun lebih siap menghadapi tantangan hidup di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Sebab ilmu pengetahuan tidak akan hilang walaupun kamu kehilangan harta benda berharga. Dengan ilmu yang kamu dapat dari membaca buku bisa membuka jalan pikiranmu untuk lebih mengenal dunia yang berbeda.

4. Dapat memperluas pemikiran.

Seseorang yang rutin membaca buku memiliki kreativitas lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak membaca buku. Dengan membaca buku, kamu dapat berbagi cerita dengan orang lain yang nantinya dapat mempermudahmu mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan sesuatu.

5. Dapat meningkatkan hubungan sosial.

Gemar membaca buku ternyata memengaruhi aspek kehidupan sosialmu karena kamu lebih mengetahui masalah kebudayaan di suatu tempat, karakteristik, maupun kehidupan sosialnya. 

6. Kegiatan menulis jadi lebih baik.

Kosakata yang kamu dapatkan dari membaca buku dapat membantumu membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang baik dan benar.

7. Dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Dengan membaca buku kamu dapat melatih otak untuk lebih konsentrasi. Hal ini akan melatihmu untuk dapat lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian.

8. Meningkatkan memori otak.

Dengan membaca buku dapat meningkatkan kualitas otak dalam mengingat berbagai hal yang kamu baca. Dengan membaca buku dapat membantu melatih otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio.

Seorang presiden direktur dari riset Haskins Laboratories yang bernama Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

9. Hemat biaya pengeluaran.

Dengan membaca buku ternyata membawa dampak segi perekonomian. Di mana kala membaca buku kamu akan hemat uang daripada sekadar hiburan yang tiada habisnya.

10. Dapat menstimulasi mental.

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Baca Buku Buku Latihanotak Otodidak Membaca
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top