Brilio.net - Perawatan wajah merupakan satu hal yang sangat penting. Tak hanya untuk perempuan, laki-laki juga wajib melakukan perawatan untuk menghindari permasalahan kulit yang menganggu.

Sayangnya, saat ini banyak laki-laki yang merasa gengsi untuk melalukan perawatan kulit dan wajah karena dianggap hanya untuk perempuan saja. Kalaupun mereka melakukan perawatan wajah, mereka tidak melakukan dengan benar karena laki-laki memang selalu cuek dengan penampilan.

Musisi sekaligus co-founder klinik ketampanan pria, MEN/O/LOGY by ZAP, Tompi mengatakan sangat wajib laki-laki melakukan perawatan. Dalam siaran pers yang brilio.net terima, Selasa (9/7) Tompi juga membahas mengenai mitos mitos seputar perawatan wajah dan kulit laki-laki yang perlu diketahui.

Apa saja? Berikut mitos tentang perawatan pria yang perlu kamu tahu.

1. Pria yang merawat diri tidak maskulin.

Perawatan pria © 2019 brilio.net

 

Banyak pria yang menganggap melakukan perawatan kulit wajah membuat pria terlihat feminin. Padahal menjaga kesehatan kulit terutama dari paparan sinar matahari adalah hal penting.

"Merawat diri seperlunya tidak akan pernah mengubah pria menjadi wanita. Memang banyak pria yang malas atau canggung merawat diri karena takut terlihat terlalu feminin. Padahal, itu menjadikan pria lebih gentleman. Masa ceweknya udah cakep, cowoknya buluk?," kata dokter Tompi.

Ia menuturkan bahwa setidaknya pria harus tahu cara membersihkan dan melindungi kulit wajah. Gunakan tabir surya setiap hari agar terlindungi dari bahaya sengatan matahari. Jangan lupa pula gunakan pelembab untuk memberi nutrisi pada kulit. Selepas beraktivitas, gunakan face wash sesuai dengan tipe kulit wajah dan lakukanlah exfoliate dengan face scrub sekitar dua kali seminggu.

 

2. Pria harus sering mencuci muka agar bebas minyak.

Perawatan pria © 2019 brilio.net

 

Permasalahan kulit berminyak memang sering dialami oleh siapapun. Sebaiknya disarankan harus rajin cuci muka minimal tiga kali sehari.

"Kebalikan dari pria yang cuek, banyak juga pria yang insecure. Cuci muka terlalu sering justru bisa membuat wajah jadi kering dan memicu produksi minyak berlebih. Jadi maksimal cukup cuci wajah tiga kali sehari," ucapnya.

Akibat hormon testosteron, pria memiliki kulit wajah yang lebih tebal 20-25% dibandingkan wanita. Hormon tersebut membuat kelenjar sebasea pria bekerja dua kali lebih aktif dan akhirnya membuat kulit pria menjadi lebih berminyak.

"Punya wajah yang lebih berminyak bukan berarti pria nggak butuh pakai pelembab. Pemakaian pelembab justru membantu wajah untuk mengatur produksi minyak dengan tidak memproduksi minyak berlebih. Sekarang ini banyak pelembab yang oil free," lanjut dokter Tompi.

 

3. Jerawat pada pria lebih susah disembuhkan.

Perawatan pria © 2019 brilio.net

 

Masih terkait dengan kulit wajah pria yang secara natural lebih berminyak, pria menjadi lebih rentan berjerawat. Hal ini disebabkan karena produksi minyak yang berlebih merupakan pemicu awal tumbuhnya komedo maupun jerawat.

Oleh sebab itu, dokter Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, mengatakan bahwa jerawat membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Semakin pria malas atau gengsi dalam merawat wajah, jerawat jadi nggak sembuh-sembuh.

"Selain pakai produk anti jerawat, perlu diperhatikan untuk nggak makan makanan berminyak dan manis serta nggak terlalu sering begadang," kata dokter Endi.

 

4. Pria yang merokok akan lebih cepat tua?

Perawatan pria © 2019 brilio.net

 

Rokok megandung ribuan zat berbahaya yang dapat membuat kulit kurang oksigen dan nutrisi. Hal ini juga berdampak pada rusaknya kolagen dan berkurangnya elastisitas kulit. Maka tidak heran jika kulit pria perokok lebih cepat kendur, keriput serta cepat terlihat tua. Perokok biasanya memiliki smoker’s line di sekitar mulut yang timbul dari seringnya menghisap rokok secara berulang-ulang.

"Sebenarnya keriput pada pria muncul lebih lambat dibandingkan wanita. Tapi kalau pria sudah menjadi perokok kelas berat, jangan heran kalau mereka jadi terlihat lebih cepat tua. Perokok juga rentan terkena kanker kulit, salah satunya karsinoma sel skuamosa yang biasa muncul di sekitar mulut," terang dokter Tompi.

 

5. Sering menggunakan topi menyebabkan kebotakan.

Perawatan pria © 2019 brilio.net

 

Kebotakan adalah salah satu mimpi buruk yang ditakuti pria. Salah satu mitos yang berkembang mengenai kebotakan adalah pengaruh pemakaian topi. Terkait hal ini, dokter Tompi berkata "Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan pria menjadi botak, seperti penyakit, genetik, usia, dll. Tapi yang pasti, setiap kebotakan selalu diawali dari rambut yang rontok."

Soal mitos topi sebagai penyebab kebotakan, perlu diperhatikan higienitas dan frekuensi memakai topi. Apabila kamu sangat fanatik memakai topi hingga menggunakannya setiap hari dalam waktu yang lama, berbulan-bulan atau bertahun-tahun, rambut dapat rusak dan pada akhirnya menyebabkan kebotakan.