Brilio.net - Saat menjalin sebuah hubungan asmara, tentu kita ingin memiliki pasangan yang yang setia yang selalu menjadikan diri kita sebagai prioritasnya. Kita juga tentu selalu ingin memiliki hubungan yang baik-baik saja. Namun, memiliki hubungan yang selalu harmonis dengan pasangan tak selalu dimiliki oleh pasangan loh. Percecokan pasti saja terjadi untuk memperbaiki hubungan lebih baik lagi kedepannya.

Rupanya, salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pasangan yang masih pacaran ataupun yang sudah menikah adalah seseorang di masa lalunya. Pasalnya perasaan di masa lalu terkadang bisa saja muncul kembali, apalagi bila pasangan kita dan mantan kekasihnya masih sering bertemu. Lantas, usai menikah bolehkah berhubungan baik dengan mantan kekasih?

Psikolog Klinis Dewasa, Pingkan Rumondor mengatakan ketika ingin berhubungan baik dengan sang mantan kekasih harus ada kesepakatan dari setiap pasangan. Selain itu, harus dilihat juga rentang waktu putus dan bagaimana suasana saat putusnya.

"Jika pasangan tidak keberatan, dan mantan memang adalah teman, maka boleh saja menjaga hubungan baik dengan mantan. Selalu informasikan dan libatkan pasangan jika ada rencana atau acara yang memungkinkan ketemu mantan," katanya kepada brilio.net melalui pesan singkat belum lama ini.

Namun, tambahnya, bila saat putus dan dengan perasaan yang penuh emosi, Pingkan menyarankan untuk membatasi berhubungan meskipun pasangan kita tidak keberatan. "Selama masih berstatus menikah, sebaiknya hindari menghubungi mantan. Jika terpaksa sekali bertemu dengan mantan, maka jaga sikap se"profesional" mungkin dan membatasi komunikasi sewajarnya. Hindari membicarakan masa lalu," jelasnya.

Loading...

Sementara itu, Psikolog Klinis Perkawinan, Titi Sahidah juga setuju bila berhubungan baik sengan mantan kekasih diperbolehkan, namun harus tahu batasannya dan diketahui oleh pasangan masing-masing. "Ini hal yg harus disepakati dengan pasangan. Namun tentu saja bila jalan berdua (dengan mantan pasangan), riskan terjadi kembali percikan percikan cinta ya," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR