Brilio.net - Menikah adalah salah satu ibadah yang memiliki ganjaran besar. Namun, tak ada seorang pun yang tahu dengan siapa dan kapan saat itu akan datang. Seseorang akan menikah dengan orang yang dicintainya.

Pada dasarnya cinta hadir untuk selalu melengkapi kekurangan pasangan masing-masing. Karena itu, jika sudah memutuskan untuk menikah, berarti harus siap saling melengkapi kekurangan hingga kelebihan pasangannya.

Hal inilah yang terjadi pada pasangan tunawicara dan tunarungu yang mengucapkan janji pernikahan di hari bahagia mereka. Kisah ini dibagikan oleh pemilik akun TikTok @tomato_mbul pada 29 Mei 2022.

Pernikahan tunarungu dan tunawicara bikin haru TikTok

foto: TikTok/@tomato_mbul

Kedua mempelai tersebut berasal dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. "selamat berbahagia, jodoh, maut, rezeki pasti sudah di atur sama Allah." caption dari video tersebut.

Dalam video yang berdurasi 01.42 menit tersebut tampak pasangan tunawicara dan tunarungu yang sedang melangsungkan acara ijab kabul. Keduanya terlihat duduk bersebelahan dengan sang pria yang menyandang tunawicara sedang melakukan ijab kabul dengan wali nikah.

Adapun prosesi ijab kabul tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat oleh mempelai pria. Saat mengucapkan ijab kabul dengan bahasa isyarat, terdengar ada satu pria yang mencoba menerjemahkan apa yang disampaikan pengantin pria tersebut.

Pernikahan tunarungu dan tunawicara bikin haru TikTok

foto: TikTok/@tomato_mbul

"Tunawicara dan tunarungu menikah sah di mata agama dan negara," tulis pemilik akun dalam video.

Pada saat saksi mengucapkan sah, tampak pria tunawicara itu tersenyum sumringah hingga membuat tamu undangan yang hadir merasa terharu sekaligus bersyukur atas kelancaran prosesi ijab kabul tersebut. Tak hanya dirinya, para tamu undangan juga ikut merasakan haru dan juga mengucapkan rasa syukur atas berjalan lancarnya ijab kabul pernikahan tersebut.

Pernikahan tunarungu dan tunawicara bikin haru TikTok

foto: TikTok/@tomato_mbul

Karena hal tersebut, videonya viral dan hingga saat ini, Sabtu (11/6), seperti yang telah brilio.net lansir dari akun TikTok @tomato_mbul telah dilihat sebanyak 683,8 ribu kali dan menuai 2914 komentar beragam dari warganet. Ada yang terharu dengan pernikahan ini hingga mendoakan kedua mempelai agar selalu bahagia.

"Masyaallah tabarakallah... Bahagia selalu." tulis akun @pehpotret

"alhamdulillah sah... semoga samawa bikin terharu" komentar pemilik akun @fitriastuti252

"masyaallah, selamat ya mas, mba. samawa, bahagia till jannah." doa pemilik akun @rulaen_

"semoga istri mu bisa melengkapi semua kekurangan mu." komentar pemilik akun @haicahyoo

"NANGIS LIATNYA TERHARU." tulis pemilik akun @bujangmakani.

@tomato_mbul selamat berbahagia, jodoh, maut, rezeki pasti sudah di atur sama Allah. #tunarungu #tunawicara #menikah #fyp Jangan Berhenti Mencintaiku - Titi DJ