Brilio.net - Sehari jelang HUT RI ke-73, Kamis (16/8) menjadi hari bersejarah bagi perjalanan cinta petani asal Indonesia, Asep Probo Egiana. Pria asal Desa Gumiwang, Banjarnegara ini resmi mempersunting wanita asal Republik Ceko bernama Pavla Travnickova. Pernikahan keduanya berlangsung di Desa Gumiwang, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pria berusia 29 tahun ini kesehariannya bekerja sebagai petani ikan. Pertemuan keduanya bermula dari tahun 2017 silam. Pavla menginjakkan kaki di Indonesia sejak tahun 2017 lalu. Ia bersama teman-temannya dikenal seabgai pegiat lingkungan. Pavla datang ke Desa Gumiwang, Banjarnegara, Jawa Tengah untuk membantu masyarakat sekitar terhadap pemetaan wisata ikan.

Pavla tinggal beberapa waktu di desa Asep. Ia bertemu dengan masyarakat sekitar termasuk Asep. Sempat terkendala bahasa, keduanya tetap menjalin komunikasi dengan bahasa Inggris meskipun terbata-bata. Perkenalan Asep dengan Pavla menumbuhkan benih-benih asmara di antara keduanya.

Mereka akhirnya meresmikan hubungan ke jenjang pernikahan. Keputusan yang diambil oleh pasangan beda negara ini sempat dibagikan Pavla melalui blog pribadinya pada Mei 2018. Pavla dikenal sebagai sosok pecinta traveling dan negara Indonesia jadi salah satu destinasinya di Asia Tenggara.

pavla dan asep © 2018 brilio.net
foto: Facebook/@Pavla Travnickova

Pavla telah melangsungkan acara pertunangan atau lamaran di bulan Mei lalu. Selang sebulan bertunangan, Pavla dan Asep meresmikan hubungan mereka ke jenjang pernikahan. Wanita berusia 25 ini akan ikut tinggal dan menetap di desa asal suaminya, yakni Desa Gumiwang. Keduanya akan bekerja sebagai petani ikan di desa tersebut.

Asep dan Pavla menikah secara Islam disaksikan keluarga dan kerabat dekat. Pavla terlihat cantik dengan balutan gaun pengantin warna putih. Sementara Asep terlihat mengenakan jas dan peci hitam. Pasangan beda negara ini telah resmi menjadi suami -istri. Kabar pernikahan Pavla dan Asep menjadi perbincangan hangat di masyarakat Indonesia.