Brilio.net - Ada yang bilang cinta itu tak kenal jarak dan usia. Tapi tampaknya, satu faktor yang terakhir disebut akan cukup jadi perhatian. Pasalnya baru-baru ini telah dirilis sebuah hasil penelitian tentang kaitan beda usia pasangan dengan kelanggengan hubungan.

Sepeti dilansir brilio.net dari cosmopolitan, Sabtu (10/9), ada selisih usia ideal suatu pasangan agar dapat membina rumah tangga yang awet. Penelitian ini datang dari Emory University di Atlanta, Amerika Serikat. Studi yang melibatkan 3.000 responden menemukan pola bahwa semakin besar selisih umur maka semakin besar risiko pisah.

selisih umur  © 2016 brilio.net

Para peneliti mengemukakan pasangan yang punya selisih umur 5 tahun punya kecenderungan pisah sebesar 18% dibanding yang usianya sama. Sementara itu, pasangan yang beda usianya 10 tahun, 39% lebih mudah pisah daripada yang usianya sama. Untuk pasangan yang selisih usianya 20 tahun, statistik sangat tidak mendukung karena menunjukkan kemungkinan berpisah pada angka 95%.

selisih umur  © 2016 brilio.net

Loading...

Pasangan yang paling kecil prosentase kemungkinan pisahnya adalah yang selisih usianya 1 tahun. Statistik menunjukkan pada angka 3%. Namun, masa depan hubungan juga akan bergantung pada faktor lainnya, seperti penanganan konflik, keberadaan anak-anak, kebiasaan, serta kecocokan.

RECOMMENDED BY EDITOR