Brilio.net - Memutuskan berpisah dengan kekasih bukanlah perkara mudah, bisa jadi ini menjadi keputusan terpenting dalam hidupmu. Tentu saja tak ada pasangan yang bersama untuk berpisah. Maka dari itu, keputusan berpisah bisa menjadi jalan yang sangat berat, dan titik dimana kamu akan memulai sesuatu yang baru. Kamu tak mau salah pilih bukan?

Untuk itu, kamu harus mempertimbangkan sematang mungkin sebelum memutuskan berpisah. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan, mungkin justru membuat kamu semakin bimbang. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut akan membantumu memutuskan apakah ini saatnya berpisah atau bukan.

Berikut sembilan pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum memutuskan berpisah yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/5).

1. Apakah aku benar-benar ingin berpisah atau hanya emosi sesaat saja?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

Loading...

foto: sheknows.com

Cobalah untuk duduk tenang, memikirkan keputusanmu dengan kepala dingin. Mungkin kamu butuh bertemu sahabat-sahabatmu atau keluargamu yang bisa mendengarkanmu, tanyalah pada mereka tentang masalah yang kamu hadapi. Jangan sampai emosi sesaatmu justru membuat kalian harus berpisah.

BACA JUGA: Jombloers, dari 9 tipe jomblo ini yuk kenali jenis apa dirimu

2. Apakah aku bisa memaafkannya?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: elitedaily

Jika kamu ingin berpisah dengan kekasihmu lantaran dia melakukan kesalahan, maka mulailah untuk berpikir apakah kamu bisa memafkannya atau tidak. Satu hal yang harus kamu pahami bahwa setiap orang melakukan kesahalan, jadi sekarang tergantung bagaimana kamu dan bagaimana menurutmu kekasihmu akan berubah atau tidak setelah melakukan kesalahan tersebut.

3. Apakah aku sudah melakukan yang terbaik untuk hubungan ini atau aku terlalu sibuk menuntut yang terbaik?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: chatelaine.com

Instrospeksi diri itu sangat penting, begitu juga dalam menjalin hubungan dengan kekasih. Kamu harus menilai dirimu sendiri dengan jujur. Apa yang sudah kamu lakukan untuk hubungan kalian? Apakah kamu sudah mengusahakan yang terbaik?

4. Apakah aku memiliki harapan untuk terus bersamanya?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: quotesgram.com

Satu hal yang tak kalah penting adalah memastikan apakah hubungan kalian adalah apa yang sama-sama kamu dan pasanganmu harapkan atau hanya menjadi mimpi milikmu saja. Kamu harus memastikan bagaimana sikap pasanganmu terhadap masa depan hubungan kalian. Jika dia memiliki harapan yang sama, apa salahnya untuk bertahan?

5. Seberapa besar dia memperjuangkanmu selama ini?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: mic.com

Menjalin hubungan yang lama dengan seseorang bisa membuatmu mengukur seberapa besar dia memperjuangkan hubungan kalian. Jika dia sudah berusaha melakukan yang terbaik, kenapa harus berpisah? Masalah itu selalu datang, yang terpenting adalah mau atau tidaknya kalian berjuang bersama.

6. Apakah aku jatuh cinta lagi?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: hercampus.com

Kehadiran orang ketiga dalam hubungan bisa menjadi pertimbangan seseorang untuk memutuskan berpisah. Yang harus kamu pikirkan adalah, jika kamu bosan dengan kekasihmu sekarang lalu menjalin kasih dengan orang lain, bukankah suatu saat kamu akan bosan juga?

7. Apakah alasanku untuk berpisah adalah alasan yang kuat?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: cheatsheet.com

Cobalah untuk memikirkan matang-matang apakah kamu memiliki alasan yang kuat untuk berpisah. Jika menurutmu alasanmu memang kuat, berpisah bisa menjadi pilihan yang tepat daripada terus bersama tapi sudah tak sama rasanya.

8. Seberapa lelah aku dengan hubungan ini?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: elitedaily.com

Mungkin kamu lelah menghadapi orang yang sama dengan permasalahan yang sama selama ini. Tapi, benarkah kamu benar-benar lelah? Jika iya, ungkapkan pada kekasihmu.

9. Apa aku yakin tanpanya akan menjadi lebih baik?

pertanyaan sebelum berpisah 1-9 © 2016 brilio.net

foto: beliefnet.com

Kamu pasti bisa hidup tanpa kekasihmu yang sekarang, tapi akankah kamu menjadi pribadi yang lebih baik? Perpisahan bisa menghadirkan dampak yang besar untuk pribadimu. Jika kamu yakin kamu akan menjadi pribadi yang jau lebih baik dengan berpisah darinya, jangan ragu untuk segera mengakhiri hubungan.

RECOMMENDED BY EDITOR