Brilio.net - Sobat Brilio, apa sih arti sahabat buat kamu? Seseorang yang sangat berarti, yang tahu banyak hal mengenai diri kita. Ia akan selalu ada bukan saat suka saja, namun terutama saat duka. Saat kita perlu bantuan dan seseorang untuk mendengarkan keluh kesah kita.

Tapi pernahkah terbayang seperti apa hidup kita tanpa sahabat? Untuk kamu yang punya sahabat dan sangat menghargai persahabatan, tahu kan bahwa setiap 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Internasional (International Day of Friendship).

Tapi sebelum merayakan hari istimewa ini bareng sahabat, yuk ketahui dulu sejarah terciptanya Hari Persahabatan Internasional ini. Pada tahun 1930, Hari Persahabatan dicetuskan Joyce Hall, penemu kartu merek Hallmark. Lalu pada tahun 1998, Nane Annan, istri Sektretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Winnie the Pooh sebagai Ambassador of Friendship di PBB.

Ide untuk membuat Hari Persahabatan Internasional dicanangkan di Paraguay oleh Dr Ramon Artemio Bracho saat ia sedang makan malam dengan teman-temannya. Pada acara makan malam ini, lahirlah World Friendship Crusade, sebuah yayasan yang mengedepankan persahabatan dan persekutuan di antara semua orang tanpa memandang ras, warna kulit atau agama.

Sejak itu, Hari Persahabatan dirayakan di Paraguay setiap 30 Juli. World Friendship Crusade pun selama bertahun-tahun terus menyampaikan kepada PBB untuk membuat Hari Persahabatan menjadi hari yang resmi. Lantas pada tahun 2011 PBB pun setuju untuk menetapkan 30 Juli sebagai International Day of Friendship (Hari Persahabatan Internasional).

Jadi sudah tahu kan sejarah Hari Persahabatan Internasional? Lalu apakah kamu sudah punya ide apa yang akan kamu lakukan untuk merayakannya? Berikut beberapa ide menarik untuk menunjukkan betapa berharganya sahabat dan persahabatan bagi kamu.

1. Bikin collage foto

Hari Persahabatan Internasional © 2020 brilio.net mention-me.com

Buatlah sebuah collage foto yang berisi foto-foto kamu dan sahabat-sahabatmu. Pastinya kamu punya foto-foto di saat-saat menyenangkan yang kalian nikmati bersama. Kamu bisa mengirimkan collage tersebut melalui media sosial kepada sahabatmu. Kamu juga bisa posting di akun media sosial kamu agar semua orang bisa melihat betapa berartinya sahabat dan arti persahabatan bagi kamu.

2. Buat simbol persahabatan

Hari Persahabatan Internasional © 2020 brilio.net betterhelp.com

Buatkan simbol persahabatan yang spesial. Untuk melambangkan persahabatan kamu dan sahabatmu, kamu dapat membuat sesuatu yang khusus yang hanya akan dimiliki kamu dan sahabatmu. Kamu bisa membeli beberapa t-shirt polos dan berikan tulisan ataupun gambar yang khusus untuk para sahabatmu. Kamu juga bisa membuat gelang persahabatan dari tali, kulit atau pun kain. Gelang persahabatan (friendship bracelet) adalah tradisi yang sudah lama diterapkan di Amerika Serikat dan melambangkan ikatan persabahatan antara kamu dan sahabatmu.

3. Berikan hadiah bermakna

Hari Persahabatan Internasional © 2020 brilio.net instructables.com

Berikan hadiah yang bermakna untuk sahabatmu. Di Hari Persahabatan Internasional ini, coba ingat-ingat hal apa yang akan sangat berarti bagi sahabatmu? Tidak perlu barang yang mahal. Mungkin saja foto sepuluh tahun yang lalu, teh dengan flavor yang sangat disukai sahabatmu, atau pun cerita lucu yang pernah kamu alami bersamanya. Cerita lucu ini bisa ditulis tangan dan dikirimkan kepadanya sebagai hadiah yang hanya kamu berdua tahu maknanya. Ada barang-barang yang bagi orang lain terlihat biasa, justru bisa sangat berarti bagi kamu dan sahabatmu.

4. Brunch bareng

Hari Persahabatan Internasional © 2020 brilio.net peachvalleycafe.com

Nikmati brunch bersama sahabatmu. Di saat sepert ini, di mana kita dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dengan physical distancing terutama di tempat-tempat umum, undang sahabat kamu untuk brunch bareng di rumah, tentunya dengan tetap menjaga jarak aman ya. Brunch di akhir pekan rasanya paling tepat, karena kamu jadi punya banyak waktu untuk ngobrol dan membuat kenangan baru dengan sahabatmu. Siapkan hidangan yang bisa dinikmati sambil ngobrol santai.

Sekarang kamu sudah tahu mengenai sejarah Hari Persahabatan Internasional dan beberapa ide untuk merayakannya. Tinggal satu hal lagi yang perlu kamu lakukan, menyiapkan perayaan hari istimewa ini. Yuk, tunjukkan pada sahabatmu betapa berartinya ia dalam hidupmu. Berikan kejutan tak terduga di Hari Persahabatan Internasional ini.