Brilio.net - Siklus menstruasi bulanan normalnya terjadi setiap 28 hari. Udah tahu dong, ladies?

Nah, dalam siklus ini dikendalikan oleh berbagai hormon dan kondisi tubuh kamu sendiri. Kelelahan dan stres misalnya, bisa berpengaruh pada periode menstruasi yang berakibat adanya perbedaan tanggal menstruasi dengan bulan sebelumnya.

Seorang wanita, umumnya, periode menstruasi dimulai sekitar usia 11-12 tahun, berlangsung selama 2-7 hari dan berlanjut sampai menopause yang terjadi sekitar usia 51 tahun.

Jumlah darah yang dikeluarkan oleh setiap wanita selama menstruasi juga nggak sama. Beberapa wanita secara rutin memiliki periode lebih berat, yaitu kehilangan hingga 12 sendok teh darah setiap bulan. Sedangkan yang lain mungkin mengalami periode hampir kehilangan sedikitnya empat sendok darah saja.

Setelah menjalani periode menstruasi selama beberapa tahun, wanita cenderung memiliki siklus haid yang teratur. Namun ada juga yang mengalami siklus yang tak teratur, maka didefinisikan sebagai pendarahan yang nggak normal. Kondisi ini dapat mencakup telat menstruasi, menstruasi lebih awal, menstruasi yang sangat banyak atau malah hanya sedikit.

Jika kamu nggak biasa mengalami PMS, menstruasi yang nggak teratur juga mencakup kondisi di mana kamu akan mengalami kram perut yang hebat atau sakit kepala.

Setiap wanita akan mengalami periode menstruasi yang nggak teratur dari waktu ke waktu, dan meskipun dalam banyak kasus nggak membahayakan, penting untuk mengetahui penyebabnya.

Nah, berikut beberapa penyebab umum mengapa kamu kerap mengalami periode menstruasi nggak teratur atau abnormal, seperti dilansir brilio.net dari sheknows, Jumat (19/2):


1. Stres

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: Film Magic/Getty

Stres adalah penyebab paling umum menstruasi jadi nggak teratur. Kortisol, hormon stres, memiliki dampak langsung pada seberapa banyak estrogen dan progesteron sebagai dua hormon seks akan diproduksi oleh tubuh. Jika kamu memiliki banyak hormon kortisol dalam aliran darah, waktu siklus menstruasi kamu pun bisa berubah.


2. Diet

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: Digital Vision/Getty Images

Alasan umum lainnya yang jadi penyebab telat menstruasi adalah makanan yang kamu konsumsi atau lebih spesifik berat badan yang kamu bawa. Jika kamu diet yang kaya karbohidrat tak sehat atau kamu mengalami kenaikan berat badan, tubuh kamu akan memproduksi hormon-hormon tertentu dalam level yang berbeda-beda sehingga mengubah waktu ovulasi kamu. Hal yang sama berlaku bagi wanita yang mengalami penurunan berat badan.


3. Olahraga

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: John Fedele/Blend Images/Getty

Tubuh membutuhkan energi untuk menstruasi. Jika kamu membakar terlalu banyak kalori di gym, maka tak ada energi yang tersisa bagi tubuh untuk digunakan selama periode menstruasi. Olahraga berlebihan dan perubahan drastis berat badan bisa mempengaruhi kadar hormon, salah satu hormon ini disebut leptin yang diproduksi dalam jaringan lemak. Jadi, dengan olahraga berlebihan dapat menurunkan lemak tubuh dan menyebabkan hormon leptin dan lainnya 'nge-drop' sehingga berpengaruh pada siklus menstruasi yang nggak teratur.


4. Pil KB

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: Jamie Grill/Getty Images

Tubuh perlu beberapa bulan untuk terbiasa dengan dosis hormon yang diberikan oleh pil KB. Salah satu efek samping dari pil KB adalah nggak mengalami menstruasi. Beberapa wanita yang berhenti minum pil, siklus menstruasi membutuhkan waktu satu sampai tiga bulan untuk kembali normal.

WAJIB KAMU BACA: Ini 7 tips kecantikan dalam keadaan darurat! Wanita musti ngerti


5. Sindrom polycystic ovary

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: Stocktrek Images/Getty Images

Kondisi ini menyebabkan terbentuk kista pada ovarium, sehingga mengganggu ovulasi teratur. Gejala lain dari sindrom ini termasuk pertumbuhan rambut, kenaikan berat badan, ketombe, dan infertilitas. Sindrom ini jauh lebih rumit dari periode menstruasi yang nggak teratur karena nggak adanya ovulasi (anovulasi) yang jadi salah satu keunggulan dari gangguan tersebut.


6. Menopause

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: Wire Image/Wire Image/Getty

Seperti kehamilan, masa ini terjadi ketika level hormon dalam tubuh mulai berubah. Menstruasi yang nggak teratur bisa terjadi 10 tahun sebelum masa menopause (atau biasanya pada usia akhir 40-an atau awal 50-an). Alasan bahwa menopause dapat menyebabkan menstruasi nggak teratur cukup sederhana, menopause adalah berhentinya ovulasi jadi semua telur telah habis.


7. Konsumsi obat-obatan

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: Getty Images New/Getty Images

Kalau belakangan ini kamu jatuh sakit dan harus mengonsumsi obat, siklus menstruasi kamu bisa terlambat satu atau dua hari. Pasalnya obat-obatan dapat memengaruhi cara tubuh memproduksi estrogen dan progesteron.


8. Kehamilan

8 Penyebab kenapa menstruasimu nggak teratur, hayo jangan disepelekan! foto: JGI Jamie Grill/Blend Images/Getty

Saat hamil, tubuh wanita memproduksi hormon-hormon dalam level yang berbeda yang menyebabkan menstruasi berhenti. Periode menstruasi jelas berhenti selama kehamilan karena bila terjadi pendarahan adalah hal yang nggak normal dan perlu diselidiki.