Brilio.net - Beberapa hari terakhir ini virus Corona terus menjadi perhatian dunia. Di Wuhan, kota yang pertama kali teridentifikasi virus ini telah diisolasi pemerintah China. Virus yang menyebar dengan cepat itu membuat warga Wuhan tak bisa beraktifitas seperti biasanya.

Sekitar 11 juta orang terisolasi di ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok. Warga yang terlambat mengevakuasi diri ke luar kota memutuskan untuk berdiam diri di rumah. Suasana sepi dan sunyi begitu terasa, Wuhan mendadak jadi kota mati. Pemerintah Tiongkok juga memberi update tentang kasus virus Corona yang sudah menyentuh 4.515 orang.

Tak hanya warga asli, para WNI yang sedang menempuh pendidikan atau bekerja di Hubei pun ikut terjebak dan mulai merasa gelisah terkait penyebaran virus Corona. Namun di tengah ketakutan karena terisolasi dan tak bisa bekegiatan di luar rumah membuat banyak warga merasa harus saling menyemangati. Bahkan para warga Indonesia juga ikut saling menguatkan masyarakat kota.

Hal serupa juga dirasakan oleh seorang mahasiswi asal Indonesia bernama Ayu. Mahasiswi pendidikan bahasa Mandarin UNESA ini tengah belajar di Wuhan, Tiongkok. Melalui akun Instagram @ayulrast, ia membagikan rekaman suasana kota Wuhan pada malam hari. Video tersebut juga berisi tentang warga Wuhan yang tampak berteriak saling menguatkan satu sama lain.

Sontak videonya itu pun menjadi viral, Ayu juga mengaku bersyukur masih diberi kesehatan di tengah wabah virus Corona. Kini Ayu bersama beberapa mahasiswi lainnya tengah berjuang untuk bertahan di kota yang terisolasi ini.

Loading...
 
 
 
View this post on Instagram
 
 

MasyaAllah, terharu sekali malam ini. Tepat pukul 21:15 gasengaja buka jendela, banyak banget teriakan dari masyarakat Wuhan yg bilang "!" (Wuhan jiayou!) Yang artinya "Semangat Wuhan!" Seketika merinding, campur haru :'))) . Teriakan ini dilakukan untuk saling support satu sama lain, seluruh warga Wuhan, biar kita ngga ngerasa sendirian Aku bener-bener kali pertama ngerasain pengalaman ky gini, Semangat Wuhan, semangat temen-temen Indonesia, jiayou! . Maafkan suara sy yg berisik.

A post shared by AYU (@ayulrast) on

Penasaran seperti apa sosoknya? Berikut tujuh potret Ayu Larasati mahasiswi yang tinggal di Wuhan seperti dirangkum brilio.net dari akun Instagram @ayulrast, Rabu (29/1).

1. Ini dia sosok Ayu Larasati yang kini berstatus mahasiswi di salah satu universitas di Wuhan, China.

Ayu Larasati  Instagram

2. Ayu bersama beberapa temannya yang juga berasal dari Indonesia tetap bersyukur masih diberi kesehatan.

Ayu Larasati  Instagram

3. Melalui akun Instagramnya, Ayu kerap memberikan kabar terkini mengenai kondisi kota Wuhan.

Ayu Larasati  Instagram

4. Begini potret kompak Ayu bersama teman-teman kuliahnya di China.

Ayu Larasati  Instagram

5. Nah, kalau yang ini potret kebersamaan Ayu bersama keluarganya di Indonesia.

Ayu Larasati  Instagram

6. Potret Ayu di salah satu jalanan di Wuhan sebelum kota ini diisolasi.

Ayu Larasati  Instagram

7. Ayu Larasati juga kerap mengunggah aksinya saat bernyanyi.

Ayu Larasati  Instagram

RECOMMENDED BY EDITOR