Brilio.net - Bra memiliki sejarah yang menarik dan tersimpan fakta yang nggak kamu ketahui lebih jauh. Terutama buat buat cewek-cewek nih, dari fakta yang paling simpel, buat milih bra yang pas aja terkadang masih ada aja yang salah. Jadi, fakta-fakta bra lainnya perlu kamu ketahui juga dong.

Berikut fakta-fakta penting tentang bra seperti yang dirangkum brilio.net dari laman Bustle dan Youbeauty, Jumat (1/4). Banyak yang belum kamu tahu deh, pasti..


1. Banyak perempuan nggak tahu ukuran bra mereka yang sebenarnya

fakta bra © 2016 brilio.net

Sudah jadi hal yang umum kalau cewek salah dalam menentukan ukuran bra yang pas. Apalagi kalau kamu sering mengganti-ganti merek bra. Misalnya ketika mencoba satu merek dengan ukuran 34B pas, tapi ketika mencoba merek lain malah pas dan merasa cocok sama ukuran 36C. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, mengingat tak ada standarisasi ukuran cup bra di antara produsen. Jadi kalau kamu sama sekali nggak yakin soal ukuran bra, sebaiknya konsultasikan dengan seorang profesional di toko yang dapat dipercaya juga tentunya.


2. Bra yang dibuat pertama kali sangat menakutkan

fakta bra © 2016 brilio.net

Dipatenkan oleh Marie Tucek pada tahun 1893, saat itu kaum perempuan memakai bra seperti korset sebelum adanya bra modern seperti saat ini. Terbuat dari logam dan kardus, bra jadul ini nampaknya sangat menakutkan untuk menopang payudara saat beraktivitas sehari-hari, ya?


3. Bralette dibuat dari saputangan

fakta bra © 2016 brilio.net Bralette (bra tanpa kawat dan busa) lahir pertama kali karena kebutuhan. Mary Phelps Jacobs (kemudian dikenal sebagai Caresse Crosby) sedang membutuhkan pakaian dalam yang mana ketika mengenakan gaun nggak akan membentuk atau menerawang seperti saat memakai korset. Dengan bantuan pembantunya, pita merah muda dan beberapa saputangan, Jacobs membuat bralette kuno pertama. Desain bralette buatannya kemudian dipatenkan pada tahun 1914, tapi kini tinggalah sejarah.


4. Ukuran cup bra dipopulerkan tahun 30-an

fakta bra © 2016 brilio.net

Bra buatan Jacobs tinggal sejarah karena bra tersebut tak memiliki ukuran cup yang jelas. Hingga akhirnya sistem penamaan cup bra A,B,C,D muncul pertama di awal tahun 20-an dan akhir 30-an. Meski tak jelas siapa persisnya yang menemukan ukuran cup tersebut.


5. Sports bra terinspirasi dari Jockstrap

fakta bra © 2016 brilio.net

Apakah kamu tahu kalau bra untuk olahraga telah ada sejak tahun 70-an? Sports bra merupakan penemuan yang relatif baru tapi prototipe pertama dibuat dengan menjahit dua jockstrap bersama-sama.

Sebagai tambahan, jockstrap adalah celana dalam yang banyak dipakai para atlet dari olahraga berintensitas tinggi seperti baseball, sepeda, atau beladiri. Celana jenis ini nggak menutupi pantat, karena hanya terdiri dari semacam kantung penyangga genitalia dengan tali-temali yang terbuat dari karet untuk menyambungnya.  


6. Ukuran payudara bisa berubah dalam setahun

fakta bra © 2016 brilio.net

Banyak wanita cenderung bertahan pada satu ukuran bra yang sama selama bertahun-tahun. Padahal ukuran bra dalam setahun bisa berbeda selama tiga kali. Menurut laman Youbeauty, ukuran bra yang bervariasi bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti kenaikan berat badan, obat-obatan terutama jika mengandung hormon, atau menstruasi.


7. Batas usia bra relatif singkat

Bagian bra meninggalkan bekas di kulit © 2015 brilio.net

Semahal dan sebagus apapun bra yang kamu miliki tak mungkin bisa dipakai dan bertahan sampai bertahun-tahun. Apalagi kalau sering kamu pakai dua hari berturut-turut. Menurut ahli bra, Caldwell, bra memiliki usia simpan relatif singkat yakni antara enam hingga sembilan bulan. Jadi sebaiknya biar bra bisa berumur lama, selain dirawat dengan baik, berikan waktu untuk bra beristirahat alias jangan dipakai terus menerus.