Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Cewek
Annisa Amalia Hapsari (brl/gib)

25 Juni 2019 08:06

6 Fakta sheet mask, masker sejuta manfaat yang lagi ngehits

Terkenal dari Korea namun sebenarnya asal muasalnya dari kebiasaan para geisha Jepang .

6 Fakta sheet mask, masker sejuta manfaat yang lagi ngehits

View Image



Brilio.net - Beberapa tahun terakhir, perawatan wajah menggunakan sheet mask atau masker lembaran menjadi trend yang booming di kalangan pencinta skincare. Masker berbentuk lembaran yang biasanya terbuat dari serat alami ini merupakan salah satu inovasi besar dalam produk perawatan dan kecantikan.

Hal ini tidak terlepas dari kelebihannya yang mudah dan praktis digunakan. Belum lagi kandungan formula cair di dalamnya berupa serum atau essence yang dipercaya dapat memberi kelembapan, mencerahkan kulit, hingga mengatasi garis halus pada wajah.

Sheet mask lebih dikenal sebagai salah satu produk skincare dari Korea. Namun demikian, jenis masker satu ini disebut-sebut berasal dari kebiasaan para Geisha di Jepang yang kerap mengumpulkan sisa bahan sutera dari kimono dan merendamnya dengan air bunga, kemudian ditempelkan pada wajah.

Terlepas dari sejarahnya, kini sheet mask sangat digandrungi banyak orang di Indonesia. Tak aneh jika sheet mask dari brand-brand lokal sudah banyak bermunculan.

Nah, sebelum memasukkan sheet mask dalam skincare rutinmu, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah fakta tentang sheet mask di bawah ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/6).

Loading...

1. Mempunyai sejuta manfaat yang bekerja lebih efektif.

fakta sheet mask  © 2019 Istimewa

foto: discovernight.com

Formula cair di dalam sheet mask biasanya berupa serum atau essence. Nah, dua formula cair ini dibekali kandungan vitamin, mineral, serta asam amino yang dipercaya dapat melembapkan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit dua kali lebih efektif.

Tak hanya itu saja, lembaran pada sheet mask memiliki fungsi mencegah penguapan dan mempercepat proses penyerapan serum atau essence pada kulit. Dengan begitu, sheet mask dapat mempertahankan kelembapan kulit lebih lama. Cara kerja sheet mask yang lebih unggul ini membuatnya juga dipercaya bisa meredakan peradangan pada kulit sensitif dan rentan berjerawat.

2. Material sheet mask bisa memengaruhi hasilnya.

fakta sheet mask  © 2019 Istimewa

foto: jmtbeauty.com

Lembaran pada masker tempel ini pada umumnya terbuat dari empat jenis material, yaitu fiber, pulp, hydro-gel, dan bio-cellulose. Perbedaan material sheet mask ini ternyata juga memengaruhi hasil akhirnya.

Penggunaan sheet mask dengan material pulp dan fiber akan memberikan hasil yang kurang optimal, namun bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Sedangkan bahan-bahan aktif pada masker yang terbuat dari hydro-gel dan bio-cellulose akan memberi hasil lebih maksimal karena bisa diserap kulit dengan lebih mudah.

3. Mengandung berbagai pilihan bahan sesuai jenis kulit.

fakta sheet mask  © 2019 Istimewa

foto: cosmopolitan.com

Berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sheet mask akan lebih optimal jika menggunakan sesuai jenis kulit. Maka mengenali bahan-bahan kandungan masker sangatlah penting.

Pastikan kamu memilih jenis masker yang dibutuhkan kulit wajahmu. Hindari juga sheet mask yang mengandung bahan parabens dan synthetic dyes karena berisiko membuat kulit iritasi.

4. Penggunaan yang salah dapat berakibat buruk.

fakta sheet mask  © 2019 Istimewa

foto: ecogardenskin.com

Meski dapat memberi kelembapan dalam jangka waktu panjang, penggunaan yang salah atau tidak sesuai aturan justru akan memberi dampak buruk pada kulit.  Biasanya hal ini berkaitan dengan mispersepsi banyak orang yang menganggap semakin lama mendiamkan sheet mask di wajah maka semakin baik bagi kulit.

Sayangnya, anggapan ini salah besar. Pasalnya penggunaan sheet mask terlalu lama dapat membuat kulir wajah menjadi dehidrasi. Jadi pastikan tidak memakai sheet mask lebih dari 20 menit agar tidak menyerap kelembapan natural kulit saat masker mengering.

5. Kurang cocok digunakan pada kulit berjerawat.

fakta sheet mask  © 2019 Istimewa

foto: refinery29.com

Kamu yang memiliki berjerawat mungkin akan berpikir ulang untuk menggunakan jenis masker satu ini. Bukan tanpa sebab, kandungan air pada sheet mask dapat membuat suhu kulit wajah berubah-ubah secara tiba-tiba.

Hal ini dapat membahayakan kulit wajahmu karena saat suhu kulit wajah naik sheet mask justru bisa meningkatkan jumlah bakteri di permukaan kulit. Kalau sudah begini, bukannya glowing yang ada jerawat di wajahmu bisa menjadi lebih parah.

Kalau masih ingin mencoba, kamu bisa melakukan tes sehari sebelum memakai sheet mask. Caranya cukup menempelkan masker di kulit pipi dan lihat reaksinya. Jika tidak membuat iritasi, maka kamu bisa melanjutkan pemakaiannya.

6. Gunakan dengan produk skincare lain agar maksimal.

fakta sheet mask  © 2019 Istimewa

foto: theskinpharmacy.com

Sama seperti masker lainnya yang berperan sebagai pelengkap perawatan wajah, sheet mask tidak bisa melembapkan wajah seharian penuh. Maka dari itu, kamu tetap perlu menggunakan produk skincare lainnya seperti pelembap, tabir surya, dan bahkan serum atau essence khusus lainnya.

Selain itu, mengaplikasikan toner pada wajah sebelum memakai masker langsung tempel ini akan membantu menyerap nutrisi lebih maksimal. Pasalnya, toner dapat menyeimbangkan level pH kulit dan membuka pori-pori kulit. Pastikan juga wajahmu dalam keadaan bersih saat menggunakan sheet mask.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Tren Kecantikan Sheet Mask Masker Kecantikan Korea Jepang Masalah Wanita Tips Kecantikan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE