Brilio.net - Wajah kusam dianggap bisa mempengaruhi penampilan dan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Ada beberapa alasan mengapa kulit wajah menjadi kusam. Salah satunya disebabkan oleh kesalahan dalam membersihkan wajah. Dengan tidak melakukan pembersihan wajah yang tepat, maka debu dan kotoran yang menempel pada wajah jadi tidak terangkat secara maksimal.

Kotoran dan debu di wajah itu semakin parah ketika terkena paparan sinar matahari dan polusi di jalanan. Alhasil wajah pun terlihat lebih kusam, atau bahkan bisa memicu komedo dan jerawat datang lho. Oleh sebab itu penting mengetahui bagaimana cara membersihkan wajah yang tepat agar selalu cerah dan anti kusam.

Selain untuk menghindari kulit kusam, ada banyak manfaat yang didapatkan ketika kamu membersihkan wajah dengan benar. Misalnya seperti menyegarkan kulit, melancarkan peredaran darah di wajah, mencegah penuaan kulit, dan lain sebagainya. Tunggu apa lagi? Berikut cara membersihkan wajah yang telah dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (11/11).

1. Lakukan metode double cleansing.

wajah kusam © 2019 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

Double cleansing artinya menggunakan dua tahap pembersihan wajah agar bekerja lebih maksimal. Saat melakukan double cleansing, kamu memerlukan 2 produk pembersih. Pertama, kamu bisa menggunakan makeup remover terlebih dahulu. Bisa juga menggunakan micellar water, cleansing oi, atau cleansing milk. Fungsi pembersihan tahap pertama ini adalah menggilangkan debu, kotoran, atau make up tebal yang tidak mudah hilang. Jika sudah, tahap kedua adalah menggunakan sabun cuci muka sepeti facial wash atau facial foam.

2. Menggunakan air hangat untuk membuka pori, kemudian air dingin untuk menutup pori.

wajah kusam © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum menggunakan facial wash, Basuh terlebih dahulu wajahmu menggunakan air hangat. Fungsi air hangat ini untuk membuka pori-pori. Setelah itu barulah kamu bisa menggunakan facial wash. Jika sudah, bilas wajahmu dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka. Air dingin juga akan membuat kulit wajahmu lebih segar dan rileks.

3. Keringkan wajah menggunakan handuk khusus dengan ditepuk-tepuk.

wajah kusam © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk mengeringkan wajah, sebaiknya pilih handuk khusus yang lembut dipakai. Kamu bisa menggunakan handuk yang berbahan cotton dan handuk microfiber untuk wajah. Handukk microfiber lebih disarankan karena lebih lembut dan mengandung anti bakteri alami.

Jangan berbagi handuk dengan siapapun, Apalagi jika handuk itu akan kamu gunakan untuk mengeringkan wajah. Sebab, berbagi handuk membuat bakteri semakin mudah menyebar.

Kemudian hindari menggosok wajah dengan handuk. Sebab menggosok wajah akan membuat kulit wajah lebih mudah terkena iritasi. Cukup keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk.

4. Eksfoliasi secara rutin.

wajah kusam © 2019 brilio.net

foto:freepik.com

Eksfoliasi adalah langkah pembersihan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika sel-sel kulit mati yang menumpuk telah disingkirkan, maka terjadilah regenerasi kulit. Dengan demikian, wajah pun menjadi lebih cerah dan bebas kusam. Melakukan eksfoliasi haruslah memperhatikan tipe kulit. Untuk kulit yang cenderung berminyak, kamu bisa mengeksfoliasi kulitmu setidaknya setiap 3 hari sekali. Berbeda dengan kulit kering dan normal, dianjurkan melakukan eksfoliasi setiap minggunya. Sedangkan untuk kulit sensitif, disarankan untuk tidak sering melakukan eksfoliasi.Tentang waktunya, pemilik kulit sensitif sebaiknya melakukan eksfoliasi setiap dua minggu sekali.

Cara melakukan eksfoliasi kulit yang benar adalah sebagai berikut:

-Siapkan baskom berisi air hangat, hadapkan wajah ke dalam baskom

-Biarkan uap panas mengenai wajah. Fungsinya untuk membuat pori-pori kulit di wajah menjadi terbuka.

-Oleskan produk mengandung scrub di permukaan wajah secara merata

-Diamkan sampai terasa setengah kering

-Selanjutnya gosok perlahan dengan gerakan memutar

-Pastikan jangan menggosok terlalu keras

-Biarkan sisa sisa produk scrub berjatuhan dari wajah

-Terus gosok sampai semua permukaan wajah terkena.

-Celupkan kain lembut ke dalam baskom berisi air hangat

-Gunakan kain itu untuk membersihkan sisa scrub yang masih menempel di wajah.

-Selanjutnya bilas wajah menggunakan air dingin

5. Bersihkan area mata dengan tepat.

wajah kusam © 2019 brilio.net

foto:freepik.com

Mata menjadi salah satu area wajib yang perlu diperhatikan. Ketika membersihkan wajah, kita juga akan mengenai area mata. Maka, kamu harus tau bagaimana cara membersihkan area mata dengan tepat. Berikut cara membersihkan area mata:

-Pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk membersihkan area mata, yakni eye makeup remover.

-Basahi kapas dengan eye makeup remover

-Tutup mata, dan tempelkan kapas yang telah dibasahi tadi ke kelopak mata.

-Tekan dengan perlahan

-hindari menggosok area mata

-Jika masih kurang bersih, ulangi lagi dengan kapas yang baru.

-Jika bagian kelopak mata dirasa sudah bersih, mulailah bersihkan sisa kotoran yang menempel di bulu mata menggunakan cutton bud.

-Basahi cutton bud dengan eye makeup remover

-Sapukan pada bulu mata bawah terlebih dahulu

-Bersihkan dari sudut mata dalam ke sudut mata luar.

-Lakukan hal yang sama pada bulu mata atas.

mgg/deta jauda

RECOMMENDED BY EDITOR