Brilio.net - Memiliki rambut yang sehat dan alami adalah dambaan setiap orang. Namun tak sedikit di antaranya merasa bosan dengan warna rambut yang itu-itu saja. Tak segan banyak orang rela mengeluarkan bujet banyak untuk mengganti rambut mereka di salon ternama.

Namun bagi kamu yang hobi gonta-ganti rambut, mengecat rambut tak hanya bisa dilakukan di salon saja. Bisa di dalam rumah dengan alat semprot biasa. Tapi dari bahan pewarna itu biasanya banyak mengandung bahan kimia yang bisa berefek buruk pada rambut. Mulai dari rambut kering, ketombe, rontok, bercabang, dan masalah lainnya.

Nah, salah satu cara lain untuk bisa mewarnai rambut tapi juga dapat menghindari efek kimia adalah dengan metode tradisional. Bahan tradisional yang alami, praktis, dan mudah didapat tak hanya menawarkan warna rambut yang indah, tapi juga membuat rambut lebih sehat.

Minimalkan penggunaan bahan kimia dan dapatkan rambut sehat dan cantik dengan bahan langsung dari alam ini. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Bahan alami apa saja yang dapat kamu manfaatkan untuk mewarnai rambutmu? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/7).

Loading...

1.Wortel.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Cobalah menggunakan jus wortel jika kamu ingin rambutmu berwarna oranye kemerahan. Ronanya akan bertahan beberapa minggu, sesuai dengan warna rambutmu. Untuk mewarnai rambut dengan jus wortel caranya adalah campur jus wortel dengan minyak seperti kelapa atau minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran tersebut secara bebas ke rambut.

Lalu bungkus rambut dengan plastik, diamkan setidaknya satu jam. Setelah itu bilas dengan cuka sari apel. Kamu dapat mengulanginya di hari berikutnya jika warnanya belum cukup kuat.

2. Buah bit.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Jika kamu ingin warna merah yang lebih dalam dengan nada dingin, pilih jus bit daripada jus wortel. Langkah-langkah untuk menggunakan jus bit sebagai pewarna rambut alami mirip dengan yang digunakan untuk jus wortel.

Campur jus bit dengan minyak zaitun atau kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut secara bebas ke rambut, kemudian bungkus rambutmu. Lalu diamkan campuran tersebut setidaknya satu jam sebelum dicuci.

3. Henna.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: Instagram/@hennapreneur.official

Henna adalah pewarna nabati alami tradisional, biasanya digunakan untuk membuat tato temporer pada kulit. Tak hanya kulit saja, henna juga dapat digunakan untuk mewarnai rambutmu menjadi merah. Henna bentuk bubuk merupakan pilihan pewarna rambut alami paling tahan lama dan paling cerah. Warnanya bisa bertahan selama empat hingga enam minggu.

Untuk menggunakan henna atau pacar untuk mewarnai rambut pertama campurkan sekitar 1/2 cangkir henna dengan 1/4 gelas air. Kemudian aduk campuran sampai benar-benar tercampur dan terasa seperti kentang tumbuk, lalu tambahkan lebih banyak air jika perlu.

Tutup campuran dengan bungkus plastik, dan diamkan selama 12 jam. Kamu mungkin perlu menambahkan lebih banyak air setelah 12 jam agar dapat diaplikasikan ke rambut.

Setelah semua siap, cuci rambut. Kenakan ikat kepala dan oleskan minyak seperti minyak kelapa di sepanjang garis rambut. Ini agar pacar tidak akan menodai kulit kepala.

Lalu oleskan campuran pasta ke bagian-bagian kecil dari rambut seakan menyisir basah sampai semua rambut tertutup. Bungkus rambut dengan plastik dan biarkan warnanya berkembang selama dua hingga enam jam sebelum dicuci.

4. Lemon.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Lemon dapat dimanfaatkan untuk memberikan warna rambut yang cantik. Jus lemon ini dapat membantu mengupas pigmen rambutmu secara perlahan. Berbeda dengan pewarna lain yang bersifat sementara, hasil dari jus lemon bersifat permanen.

Untuk menggunakan jus lemon untuk mewarnai rambutmu caranya tuang jus lemon ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan jus secara bebas ke rambut. Gunakan sisir untuk meratakannya.

Duduklah di luar ruangan agar terkena sinar matahari untuk hasil yang optimal. Setelah rata, biarkan jus lemon setidaknya selama satu jam, lalu cuci bersih. Kamu dapat melakukan cara ini beberapa kali untuk mendapatkan seberapa efek yang kamu inginkan jika perlu. Sebab metode lemon ini akan bekerja lambat, jadi kemungkinan akan membutuhkan beberapa sesi berulang.

5. Kopi.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Secangkir kopi diseduh juga membantu mewarnai rambutmu menjadi lebih hitam dan gelap. Dengan kopi kamu juga bisa menutupi uban secara alami. Meskipun begitu, mewarnai rambut dengan kopi tidak akan memberikan perubahan drastis pada rambut dan efeknya tidak akan bertahan lama.

Caranya adalah seduh secangkir kopi. Lalu campurkan sekitar 1/2 cangkir kopi dengan 2 sdm bubuk kopi dan 1 cangkir conditioner rambut. Kemudian oleskan campuran ini untuk membersihkan rambut. Biarkan campuran setidaknya selama satu jam, baru cuci bersih setelah itu. Ulangi jika perlu.

6. Daun sage.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: Instagram/@tahuntahunlalu

Jika kamu memiliki rambut cokelat tua atau hitam dan ingin sedikit menggelapkannya, bijak adalah pilihan yang baik. Ini bisa memperdalam warna rambut cokelat, dan juga bisa membantu menutupi rambut abu-abu. Caranya rendam 1/2 hingga 1 cangkir sage kering ke dalam satu liter air mendidih setidaknya 30 menit.

Semakin lama kamu rendam, akan semakin gelap warnanya. Biarkan air menjadi dingin dan saring sage. Sisihkan terlebih dulu. Cuci dan keringkan rambut dengan handuk, kemudian tuangkan air sage tadi ke rambut. Biarkan rona berkembang setidaknya 15 menit sebelum dicuci.

7. Teh chamomile.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Teh chamomile dapat membantumu mendapatkan rambut yang lebih cerah berkilau. Pewarna rambut ini sangat efektif untuk kamu yang ingin mendapatkan rambut pirang. Caranya rendam 1/2 cangkir bunga chamomile dalam air mendidih. Biarkan campuran selama setengah jam hingga dingin, lalu saring bunga.

Cuci rambutmu kemudian tuangkan teh yang diseduh tadi ke rambut setidaknya 10 kali. Tunggu 16 menit sebelum dicuci. Kamu dapat menggunakan perawatan ini sekali, tapi untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa menggunakannya setidaknya seminggu sekali untuk mempertahankan warna cerah yang indah.

8. Kemiri.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Kamu bisa menghitamkan rambut dengan bahan alami kemiri. Dengan metode ini setidaknya kamu bisa menutupi uban di rambut. Tanpa risiko merusak rambut dan tentunya tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. Caranya mudah, sangrai kemiri yang sudah ditumbuk hingga halus, sampai mengeluarkan minyak.

Ambil minyaknya, lalu oleskan pada kepala. Pijat kulit kepala secara merata. Lakukan setiap 30 menit sebelum keramas. Untuk hasil yang efektif, kamu bisa melakukan cara ini selama beberapa minggu.

9. Bunga sepatu.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Bunga sepatu dapat memperhalus rambut, selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut beruban. Cara mudah, ambil beberapa tangkai bunga sepatu dan ambil kelopaknya. Kemudian panaskan bersama minyak alami, seperti minyak zaitun atau kelapa, sampai warnanya berubah menjadi gelap.

Biarkan rendaman itu hingga dingin, lalu ambil beberapa tetes dan aplikasikan ke rambut. Pijatkan ke kulit kepala secara merata. Kamu bisa menggunakan metode ini di pagi hari, cukup 30 menit setiap hari. Jika sudah, bilas rambut hingga bersih.

10. Pandan.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: Instagram/@echibundaffa_naura

Pandan juga merupakan bahan alami yang digunakan secara turun-temurun untuk mendapatkan rambut lebih hitam, sehat, dan berkilau. Cara juga mudah, cuci bersih 7 helai daun pandan lalu potong-potong kira-kira sepanjang 3 cm. Setelah itu rebus di dalam air mendidih sampai air berubah warna menjadi kehijauan.

Lalu saring dan diamkan semalam. Pagi harinya campurkan air pandan dan jus mengkudu, aplikasikan ke rambut seperti sedang memakai masker. Agar hasilnya maksimal, gunakan minimal 3 kali dalam seminggu.

11. Minyak orang aring.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: pixabay

Minyak urang-aring dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami. Atasi rambut ubanmu dengan memijatkan minyak urang-aring pada kulit kepala. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak orang aring ke kulit kepala, diamkan sebentar kira-kira selama 30 menit hingga 1 jam, sebelum keramas. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil warna rambut hitam alami.

12. Daun jelatang.

mewarnai rambut alami pixabay

foto: Instagram/@solusi_ajib

Perpaduan daun jelatang dan rosemary akan membuat rambutmu menjadi warna cokelat alami. Selain itu juga daun jelatang berfungsi memperkuat dan menyuburkan rambut. Sebab daun jelatang mengandung fosfor, flavonoids, kalsium, dan magnesium yang tinggi.

Cara memanfaatkannya cukup mudah. Pertama tumbuk daun jelatang bersama dengan daun rosemary, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan rambut secara merata. Diamkan kira-kira 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

RECOMMENDED BY EDITOR