Brilio.net - Siapa sih yang tidak tau Taj Mahal? Salah satu bangunan yang menjadi tujuh keajaiban dunia ini berdiri kokoh dan megah di Kota Agra, India. Bangunan ini memiliki simbol cinta dari Raja Shah Jahan untuk mendiang istrinya, Mumtaz Mahal.

Pada tahun 1631, Mumtaz Mahal meninggal dunia usai melahirkan anak ke-14 mereka. Kesedihan yang begitu mendalam menguasai hari-hari Shah Jahan, dan akhirnya ia memutuskan untuk mulai membangun mausoleum ini di tahun 1632.

Kisah romantis itu hingga kini terus melegenda, menjadikan Taj Mahal sebagai salah satu tempat paling photogenic di dunia serta masuk ke dalam warisan budaya UNESCO. Karena itulah, Taj Mahal menginspirasi banyak orang di dunia untuk membuat bangunan yang serupa. Tak heran diberbagai negara, bangunan seperti ini pasti kerap kamu lihat.

Berikut lima bangunan di berbagai negara yang memiliki bangunan mirip Taj Mahal seperti dilansir brilio.net dari India.com, Rabu (25/4).

Loading...

1. Taj Mahal Bangladesh.

Tak mahal © 2018 brilio.net

Bangunan yang didirikan sutradara kaya raya asal Bangladesh, Ahsanullah Moni, ini memiliki nama lain Banglar Taj Mahal. Kabarnya, sejak resmi dibuka untuk umum di tahun 2008, bangunan ini mendapat protes keras dari warga India di Bangladesh karena bener-bener mirip sama Taj Mahal! Ahsanullah mengaku jika keseluruhan marmer yang ada di mausoleumnya sama persis dengan yang ada di Taj Mahal. Ide membangun mausoleum di Bangladesh ini berawal dari kunjungan Ahsanullah ke Taj Mahal di tahun 1980 dan sejak itu ia gak bisa melupakan keindahan Taj Mahal.

2. Royal Pavilion, Inggris.

Tak mahal © 2018 brilio.net

Bangunan ini memiliki nama lain Brighton Pavilion karena letaknya yang berada di Kota Brighton, Inggris. Di tahun 1787, Pangeran George IV menginginkan istana sebagai tempat peristirahatan tepi laut di Kota Brighton. Karena itulah bangunan ini dibuat. Terus, kenapa bisa mirip Taj Mahal? Karena bangunan ini menggunakan gaya arsitektur Indo-Saracenic yang lazim di India pada abad ke-19.

3. Taj Arabia, Dubai.

Tak mahal © 2018 brilio.net

Berbeda dengan bangunan lainnya yang merupakan istana, bangunan satu ini adalah hotel mewah bintang 6 di Dubai, Uni Emirat Arab. Hotel ini resmi dibuka untuk umum di 2018 dan direncanakan untuk menjadi tempat pernikahan masyarakat dunia. Arsitekturnya terinspirasi dari Taj Mahal, namun memiliki ukuran 4 kali lebih besar dari Taj Mahal. Wow, gede banget, ya!

4. Taj Mahal, China.

Tak mahal © 2018 brilio.net

Warga China memang terkenal akan kehebatannya membuat beragam replika. Bangunan semegah Taj Mahal pun dibuat replikanya! Sebuah theme park di Shenzhen, China bernama Window to the World, menjadikan replika dari Taj Mahal sebagai salah satu objek wisatanya. Selain Taj Mahal, ada juga lho bangunan ikonik lainnya di theme park ini, seperti Menara Eiffel dan Menara Pisa.

5. Taj of Deccan or Biwi ka Maqbara.

Tak mahal © 2018 brilio.net

Bukan Cuma Shah Jahan, keturunannya, Biwi ka Maqbara, juga membangun mausoleum megah sebagai simbol cinta. Bedanya, mausoleum ini dibangun untuk mengenang kepergian sang ibu, Dilras Banu Begum. Bangunan yang berada di Aurangzeb, Maharashtra ini memiliki arsitektur yang sangat mirip dengan Taj Mahal.