Brilio.net - Selain dianugerahi keanekaragaman suku dan budaya, Indonesia juga dianugerahi keanekaragaman buah-buahan. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia punya buah yang sangat khas dan tak dimiliki daerah lain.

Sebut saja pisang tongka langit asal Maluku. Ini pisang yang unik lho. Nggak seperti pisang pada umumnya yang tumbuh menggelantung, tongka langit justru tumbuh sebaliknya, menjulang ke langit. Makanya dinamakan tongka langit yang artinya mengarah ke langit.

Keunikan lain, ukuran pisang ini juga berbeda, lebih besar dibanding kebanyakan pisang. Pohonnya pun bisa tumbuh sangat tinggi ibarat gedung pencakar langit.

"Buah pisang pada umumnya menggantung, namun kalau buah pisang tongka langit ini justru tumbuh ke atas. Ini merupakan ciri khas dari pisang tongka langit. Pada pisang tongka langit buahnya cenderung lebih besar dengan panjang buah lebih dari 7 cm sesuai dengan musimnya," ujar Husni, salah satu panitia Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) 2016, di Senayan, Sabtu (19/11).

Pisang tongka langit © 2016 brilio.net

Sampai saat ini, pisang ini hanya bisa tumbuh di Pulau Ambon, Sapurau, Haruku, Nusalaut, dan Seram. Budidayanya pun dilakukan dengan sangat lokal.

"Pisang ini akan tumbuh subur pada tanah dengan tekstur liat dengan topografi standar dan bergelombang pada ketinggian 0-400 meter di atas permukaan laut dan kemiringan 4-15 derajat serta tingkat keasaman tanah sekitar 4,5-7,3," jelasnya.

Uniknya, kata Husni, pisang tongka langit ini bisa berbuah sepajang musim dengan masa umur produksi sekitar 1-1,5 tahun. "Sedangkan untuk umur panen yakni 7 bulan setelah berbunga dengan warna buah ketika sudah masak yakni merah-orange," katanya.

Pada umumnya, buah pisang ini dijual dengan harga Rp 20.000 per 3 buah, namun harga akan berubah sesuai dengan besar dari ukuran pisang tersebut. Tuh unik kan.

Loading...