Brilio.net - Tren membuat podcast semakin meningkat dalam dua tahun ini. Nggak sekadar menghibur, podcast juga bisa menjadi media untuk membagikan banyak informasi menarik. Kamu bisa menyampaikan isi kepalamu sendiri ataupun bersama orang lain. Seakan memiliki radio pribadi, kamu bisa membagikan hasil rekaman suaramu dengan isi konten yang beragam. Bahkan nggak sedikit yang kini bisa memanfaatkan podcast untuk mendulang keuntungan ekonomi.

Mengolah podcast menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk kamu nikmati di sela-sela waktu. Nggak hanya mengasah kemampuan baru, namun kamu juga bisa saling bertukar pikiran dengan orang lain. Yang nggak kalah menarik untuk membuat podcast pun juga mudah lho. Untuk kamu yang nggak memiliki perangkat profesional pun bisa melakukannya. Tahapan untuk membuat podcast di Spotify pun juga praktis untuk diikuti.

Penasaran seperti apa? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari anchor.fm, podcasters.spotify.com dan berbagai sumber pada Jumat (18/6) berikut ini.

Cara membuat podcast via Anchor.

Cara membuat podcast di Spotify via Anchor © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Untuk merilis podcast di Spotify kamu bisa membuat kontenmu melalui beberapa aplikasi pembuat podcast. Anchor menjadi salah satu yang kerap digunakan banyak orang. Aplikasi ini dapat membantu untuk merekam hingga mengunggah episode podcastmu. Nah cara untuk melakukannya, kamu bisa ikut beberapa cara berikut ini.

1. Unduh aplikasi Anchor pada perangkat Android atau iOs miikmu.
2. Buat akun pribadimu.
3. Klik tombol "new episode".
4. Kemudian kamu dapat memilih langkah selanjutnya, mulai dari merekam suara secara langsung ataupun mengunggah audio yang sudah kamu rekam.
5. Jika audio sudah siap, unggah konten tersebut dengan cara klik area yang untuk mengunggah atau menarik file yang ada di perangkat dan meletakkannya pada fitur untuk mengunggah.
6. Tunggu hingga konten terunggah secara menyeluruh.
7. Jika sudah, kamu bisa klik ikon "+" untuk menambahkan backsound yang sudah disediakan oleh Anchor.
8. Selanjutnya jangan lupa klik "save episode" untuk menyimpan kontenmu.
9. Kemudian akan diarahkan untuk mengisi informasi seputar kontenmu. Mulai dari judul episode sampai dengan kapan waktu pengunggahannya.
10. Jika kamu ingin menyimpannya terlebih dahulu, klik "save as draft". Namun jika ingin mengunggahnya saat itu juga, pilih "publish now".
11. Proses mengunggah pun selesai. Namun yang perlu diketahui, Anchor membutuhkan waktu 1-2 hari untuk menampilkan kontenmu di Spotify. Setelah itu, kontenmu bisa didengar melalui Spotify!

Panduan konten Anchor yang perlu diperhatikan podcaster.

Cara membuat podcast di Spotify via Anchor © freepik.com

foto: freepik.com

Selain mengetahui bagaimana cara mengunggah podcast, pahami juga ketentuan yang dimiliki Anchor mengenai konten yang diunggah. Jangan sampai kamu melanggar aturan dan berujung merugikan diri sendiri dan orang lain. Agar mengetahui lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini yuk.

1. Dilarang menyebarkan konten kebencian.

Konten berbau kebencian dan menghasut kekerasan dilarang oleh Anchor. Hal ini mencakup tindakan kepada individu maupun kelompok, baik secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan agama, etnis, gender, usia, disabilitas, kewarganegaraan, status veteran, ataupun identitas seksual.

2. Konten berbahaya.

Podcast menjadi salah satu wadah untuk saling berbagi informasi. Jangan berikan ajakan, ide atau tantangan berbahaya yang bisa mengancam keselamatan diri sendiri maupun pendengar. Anchor juga melarang konten promo barang-barang ilegal. Anchor mengingatkan bahwa suara podcaster memberikan pengaruh besar kepada pendengar.

3. Konten tidak senonoh.

Konten kekerasan, yang tujuan utamanya adalah untuk mengejutkan dan menakuti audiens tidak diizinkan oleh Anchor. Meski dengan suara, penggambaran tindakan kekerasan dan pelecehan seksual akan mendapat tindakan penghapusan konten dari Anchor.

4. Penindasan dunia maya dan pelanggaran privasi.

Selanjutnya, Anchor juga akan melarang keras pelecehan, penindasan dalam bentuk apapun. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada:

a. Doxxing: praktik mencari dan menyebarkan informasi pribadi atau yang mudah diidentifikasi (terutama informasi identitas pribadi) tentang individu atau organisasi tertentu dengan tujuan menghasut atau memprovokasi pelecehan terhadap individu atau organisasi tersebut.

b. Ancaman: pernyataan tentang tujuan atau niat seseorang untuk menyebabkan kerugian pada individu atau entitas tertentu, atau mendorong orang lain untuk melakukannya.

c. Pencemaran nama baik dan/atau fitnah: pencemaran nama baik, baik tertulis maupun lisan, tidak diterima di Anchor.

Jika dianggap keterlaluan, Anchor akan menghapus konten dan juga menangguhkan pihak yang melanggar aturan tersebut.

5. Konten seksual eksplisit.

Konten berbau seksual dapat didiskusikan dengan cara mendidik, ilmiah, dokumenter, atau artistik. Akan tetapi tidak dengan cara yang mengandung kekerasan, merendahkan, atau mempermalukan kelompok atau individu tertentu.

6. Pelanggaran hak cipta.

Konten yang secara eksplisit melanggar hak cipta orang lain akan dihapus oleh Anchor. Kebijakan tersebut akan dilakukan dengan ataupun tanpa pemberitahuan. Hal ini dilakukan untuk melindungi karya kreator dari penggunaan konten tanpa izin.