Brilio.net - Salah satu ciri anak jadul adalah punya kreativitas yang luar biasa. Pasalnya, dulu anak-anak dituntut untuk bisa memanfaatkan bahan yang apa adanya untuk membuat mainan. Boro-boro lihat tutorial di YouTube, untuk lihat acara kesayangan di televisi pun harus ke rumah orang kaya di desa.

Dari kreativitas anak jadul tersebut, banyak menghasilkan mainan-mainan tradisional yang bisa di bilang legendaris. Meski dari bahan apa adanya, asyik banget kok dimainkan. Kini, mainan-mainan tradisional ini sudah jarang ditemui karena ditinggalkan generasi sekarang.

Berikut 5 mainan jadul legendaris yang sekarang ini makin jarang ditemui.

1. Mainan dari cangkang bekicot.

Loading...

Mainan JAdul Jarang © 2017 Istimewa

Mainan ini akan berbunyi nyaring apabila stik berupa batang bambu kecil dihentakkan di sela-sela dua cangkang bekicot.

2. Tulup Bambu.

Mainan JAdul Jarang © 2017 Istimewa

Mainan ini bisa dibilang adalah senjata kebanggaan anak-anak zaman dulu. Dibuat dari bambu kecil dan menggunakan kertas basah atau buah-buahan kecil sebagai amunisi. Jika ditembakkan akan berbunyi 'blup'.

3. Pistol kayu.

Mainan JAdul Jarang © 2017 Istimewa

Pistol dari kayu dan karet gelang ini cukup menarik bagi anak-anak. Dengan amunisi korek api batang atau kertas api, kamu bisa bergaya bak Polisi.

4. Yoyo kayu.

Mainan JAdul Jarang © 2017 Istimewa

Bermain yoyo mungkin masih banyak dilakukan oleh orang-orang zaman sekarang, tapi yang mereka mainkan bukan yoyo kayu yang murah meriah dan talinya pun diperoleh dari benang kantung semen.

5. Kapal api legendaris.

Mainan JAdul Jarang © 2017 Istimewa

Dulu anak kecil bisa berjam-jam mantengin ember hanya untuk main kapal legendaris ini. Kapal berbunyi otok-otok ini kini jarang ditemui.