Brilio.net - Umumnya jerawat muncul pada masa pubertas. Namun, tak jarang jerawat muncul pada anak remaja dan juga orang dewasa juga.

Nah, jerawat di wajah kerap menjadi masalah tersendiri karena mengganggu penampilan dan percaya diri seseorang. Hal ini pun disebabkan banyak faktor baik dari dalam diri, seperti hormonal hingga faktor luar seperti kurangnya menjaga kebersihan wajah.

Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Efeknya pun jerawat akan muncul kembali. Salah satu bahan alami penyembuh jerawat yang populer, yakni lidah buaya.

Loading...

Tanaman herbal ini memang sudah dikenal berabad-abad sebagai agen penyembuhan jerawat. Lidah buaya memiliki efek antiperadangan dan antioksidan yang bisa menenangkan iritasi kulit dan luka termasuk jerawat.

Sifat antibakterinya juga bisa menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa nih membuat masker lidah buaya sendiri di rumah.

Pastikan proses penggunaan masker lidah buaya ini digunakan secara rutin dan telaten. Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa dipadukan dengan beberapa bahan alami lainnya. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (7/12).

1. Masker lidah buaya.

lidah buaya atasi jerawat © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Sejak dulu lidah buaya digunakan untuk menghilangkan jerawat. Tidak hanya di wajah, namun juga digunakan untuk mengobati jerawat di badan ataupun di kulit kepala.

Cara membuatnya yakni ambil lidah buaya dan ambil gelnya. Pastikan kulit dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan lidah buaya ke kulit wajah. Oleskan pada bagian yang terinfeksi jerawat. Bilas dengan air bersih. Ulangi proses ini dua kali sehari selama seminggu.

2. Masker lidah buaya dan lemon.

lidah buaya atasi jerawat © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya yakni dengan memadukan lidah buaya dengan perasan jeruk lemon. Cukup campurkan lidah buaya dan perasan jeruk lemon dengan perbandingan delapan banding satu.

Campuran kedua bahan tersebut memiliki kandungan antibakteri yang ampuh atasi jerawat. Aplikasikan pada wajah. Diamkan 10 menit agar meresap, ke seluruh wajah. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Masker lidah buaya, kunyit, dan madu.

lidah buaya atasi jerawat © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Pilihan ketiga yakni dengan campuran kunyit dan madu. Siapkan lidah buaya segar, ambil gelnya. Lalu campur dengan kunyit, madu dan susu dan beberapa tetes air mawar. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata.

Oleskan adonan pasta tersebut ke bagian berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan secara bertahap hingga jerawat berkurang.

4. Masker lidah buaya, madu, dan kayu manis.

lidah buaya atasi jerawat © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Menggunakan lidah buaya, madu dan kayu manis juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi jerawat yang meradang. Seperti lidah buaya, madu dan kayu manis juga mengandung zat antibakteri dan antiperadangan.

Untuk membuat masker ini kamu bisa mencampurkan dua sendok makan madu, satu sendok makan lidah buaya, dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Aplikasikan pada wajah yang berjerawat, diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Masker lidah buaya dan tomat.

lidah buaya atasi jerawat © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Seperti kita tahu tomat juga kerap digunakan untuk masker mengatasi jerawat. Kamu bisa memanfaatkan campuran lidah buaya dan jus tomat untuk menghilangkan bekas jerawat dan membersihkan kulit kepala.

Pertama tuangkan gel lidah buaya dan 2 sendok makan jus tomat, campurkan bahan-bahan tersebut sampai rata. Aplikasikan masker pada wajah selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.