Brilio.net - Menjalin pertemanan merupakan hal yang harus dilakukan manusia sebagai makhluk sosial, alias tidak bisa hidup sendiri. Namun ternyata, manusia membutuhkan lebih dari itu. Mereka butuh sahabat yang bisa menjadi teman baik baik suka maupun duka. Sebenarnya mencari sahabat itu tidak muda, mereka yang memilikinya terbilang sangat beruntung.

Persahabatan di jalin tidak hanya sekedar ingin punya teman, namun sahabat diperlukan sebagai teman yang bisa mengingatkan, memberikan perhatian, pengertian, dan selalu menuntun kita ke arah yang lebih baik.

Kamu boleh percaya atau tidak, persahabatan memiliki kekuatan untuk memperbaiki kualitas hidup kita bahkan membantu memperpanjang usia. Pasalnya menghabiskan waktu dengan sahabat, menciptakan obrolan-obrolan menarik. Dukungan, kedekatan dari hati ke hati, serta adanya gelak tawa membuat hidup menjadi lebih berwarna.

Buat kamu yang memiliki sahabat, berikut ini ada beberapa kata-kata persahabatan yang bisa mewakili perasaan kamu

Loading...

Nah buat kamu yang ingin menyampaikan kata-kata bijak untuk sahabat, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/6).

1. "Tiada yang lebih indah daripada kasih seorang sahabat, sahabat menaruh kasih di setiap waktu selalu ada dalam setiap kesukaran."

2. "Janganlah berjalan di belakangku, karena mungkin aku tak bisa memimpinmu. Jangan pula berjalan di depanku, mungkin aku tak bisa mengikutimu. Berjalanlah di sampingku dan jadilah sahabatku."

3. "Sahabat yang baik akan membantumu menemukan hal-hal penting yang kamu hilangkan. Senyummu, harapanmu, dan keberanianmu." - Doe Zantamata.

4. "Momen spesial yaitu momen di mana kamu dan sahabatmu saling bertatapan dan tahu apa yang kalian pikirkan dan akhirnya tertawa lepas."

5. "Persahabatan ibarat sebuah gelas yang rapuh. Kau bisa memperbaikinya saat pecah, tapi bekas retakannya akan selalu ada." - Waqar Ahmed.

6. "Sahabat sejati tahu sekali seberapa bodohnya kamu dan tetap saja memilih untuk menghabiskan waktu bersamamu."

7. "Sahabat sejati adalah seseorang yang masuk ke hatimu ketika seisi dunia keluar." - Walter Winchell.

8. "Persahabatan tidak butuh sahabat yang bisa mendampingi dari awal, tapi sahabat yang bisa mendampingi kita sampai akhir."

9. "Sahabat bukan tentang siapa yang telah lama kamu kenal, tapi tentang siapa yang menghampiri hidupmu dan tidak pernah meninggalkanmu dalam situasi dan kondisi seburuk apa pun."

10. "Percayalah, bukan pengkhianatan yang akan mengakhirkan kita, namun pertemanan abadi yang akan menemani kita hingga akhir hayat."

11. "Sahabat sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan."

12. "Persahabatan adalah obat untuk hati yang terluka dan vitamin untuk jiwa yang penuh harapan."

13. "Katakan pada sahabatmu, aku tak bisa berjanji bisa mengatasi masalahmu namun akan kujanjikan kita akan selalu menghadapi masalah itu bersama."

14. "Diriku yakin, engkau bukanlah kacang yang lupa akan kulitnya. Tetapi engkau ialah bagian dari dimensi api yang tak lupa asapnya."

15. "Ingatkan aku kawan, bahwa akupun hanya insan biasa, namun dengan ikhlasnya engkau menolongku. Tiada yang lebih baik lagi, kuyakin engkau adalah manusia yang paling baik dalam hidupku."

16. "Sahabat merupakan seorang makhluk yang menemani saat sedih, senang, dan bahagia, terkadang menyebalkan namun sangat dirindukan jika tak ada."

17. "Kenalilah sahabat yang di samping kamu. Sahabat ialah yang mengulurkan pelukan ketika kamu terjatuh."

18. "Apa yang kita alami demi teman terkadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah."

19. "Sahabat adalah seseorang yang menari bersamamu di bawah matahari dan berjalan bersamamu di kegelapan."

20. "Sahabat tak akan menghilang saat masalah datang, tapi menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama."

Kata-kata mutiara tentang sahabat

Kata-kata bijak persahabatan freepik.com

foto: freepik.com

Sahabat merupakan orang yang memiliki kedekatan emosional dengan kita. Sahabat bisa menjadi teman yang paling setia di saat suka dan duka. Tentunya sangat beruntung bagi siapa pun yang memiliki teman baik atau sahabat yang bisa menemani kamu dalam kondisi apapun.

Begitulah sejatinya seorang sahabat, meski mereka tidak bisa membuat semua masalah yang kita hadapi menghilang, namun mereka tak akan pernah menghilang di saat kita memiliki masalah. Mereka akan mendukung dan membantu sebisa mungkin.

21. "Aku menganggapmu sebagai teman. Kukira dulu 'teman' hanyalah sebuah kata. Tidak kurang, tidak lebih. Tapi setelah bertemu denganmu, aku sadar bahwa yang penting adalah makna di dalamnya."

22. "Persahabatan bukanlah sebuah kesempatan, tapi merupakan tanggung jawab yang manis." - Khalil Gibran.

23. "Sahabat yang baik adalah orang yang kita percayai dan membuat kita tenang bersamanya. Dia menjadi tempat berbagi keluhan, berbagi kesedihan dan tidak menjual rahasia diri kita."

24. "Sahabat itu seperti bintang, dia memang tidak selalu terlihat. Tapi dia selalu ada untukmu."

25. "Menjadi seorang teman adalah pekerjaan mudah, tapi persahabatan adalah buah yang lama berbuah." - Aristoteles

26. "Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan hati dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan."

27. "Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu, sahabat merangkulmu ketika yang lain memukulmu." - Fiersa Besari.

28. "Sahabat yang baik tidak akan mencelakai, tetapi sahabat yang baik akan menasihati, melindungi, dan tulus mengasihi."

29. "Sahabat itu seperti halnya mata dan tangan. Saat mata menangis tangan mengusap, saat tangan terluka mata menangis."

30. "Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kamu pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun."

31. "Sahabat yang baik adalah sahabat yang berani berterus terang dan membetulkan kesalahan kita agar kita tidak terus hanyut dalam dosa."

32. "Persahabatan sejati itu layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya."

33. "Persahabatan yang kuat tak butuh percakapan sehari-hari atau kebersamaan setiap waktu. Selama persahabatan itu ada di hati, sahabat sejati tak akan pernah terpisah."

34. "Persahabatan yang indah. Persahabatan yang jujur."

35. "Persahabatan sejati dimulai saat keheningan di antara dua orang terasa nyaman."

36. "Persahabatan bukanlah tentang siapa yang kau kenal paling lama. Tetapi tentang ia yang datang ke kehidupanmu dan berkata, 'aku ada di sini untukmu, lalu membuktikannya'."

37. "Sahabat bagaikan roda yang terus berputar, yang membuat lokomotif itu terus berjalan."

38. "Teman sejati adalah ia yang datang saat seluruh dunia pergi menjauhi kita."

39. "Persahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti."

40. "Sahabat sejati akan muncul dan menghibur di saat kita hancur, bukan malah kabur di saat kita lebur."

Kata-kata persahabatan yang menyentuh hati dan lucu

Kata-kata bijak persahabatan freepik.com

foto: freepik.com

Sahabat yang baik, adalah orang yang bisa memberikan banyak warna dalam hidup kita. Mereka tidak hanya datang disaat mereka butuh. Menariknya, sahabat yang baik selalu berhasil menciptakan kekonyolan dan membuat kamu bisa tertawa lepas.

41. "Teman yang baik akan meminjamkan pundaknya untukmu menangis. Tapi sahabat yang baik akan meminjam cangkul untuk memukul orang yang membuatmu menangis."

42. "Darah memang lebih kental daripada air. Tapi kamu akan lebih butuh minum dari pada transfusi."

43. "Kalau ada yang melemparmu dengan batu, lemparlah balik dengan bunga, dan jangan lupakan potnya."

44. "Sahabat adalah yang menyapamu dengan ejekan."

45. "Lemparan bola salju yang mengenai muka itu tentunya adalah permulaan yang sempurna untuk persahabatan sejati."

46. "Kalau kau tersenyum, aku akan tersenyum. Jika kau menangis, aku juga. Tapi kalau kamu melompat dari jembatan, aku akan di bawah sini dengan sepuluh kasur dan sebuah perahu."

47. "Ingatlah selalu kawan. Kalau kau jatuh, aku akan mengangkatmu. Tapi setelah aku selesai tertawa."

48. "Sebuah berkah bagi persahabatan yang bisa melakukan hal bodoh bersama."

49. "Tertawa memang bisa jadi obat terbaik. Tapi kalau kamu tertawa tanpa alasan yang jelas, mungkin kamu butuh obat."

50. "Teman baik tidak peduli rumahmu bersih. Mereka peduli jika kamu punya anggur."

51. "Jika kamu pernah cukup beruntung menemukan orang aneh, jangan biarkan mereka pergi." - Matthew Grey Gubler.

52. "Sulit menemukan teman yang manis, penyayang, dermawan, perhatian, dan pintar. Saranku untuk kalian semua, jangan sampai kehilangan diriku."

53. "Ini adalah hak istimewa persahabatan, untuk berbicara omong kosong, dan untuk menghormati omong kosongnya." - Charles Lamb.

54. "Sahabat: orang yang bisa membuatmu marah hanya untuk waktu yang singkat karena kamu memiliki hal-hal penting untuk diberitahukan kepada mereka."

55. "Menurutku kita akan berteman selamanya karena kita terlalu malas untuk mencari teman baru."

56. "Teman membelikanmu makanan. Sahabat makan makananmu."

57. "Kami akan menjadi wanita tua yang menyebabkan masalah di panti jompo."

58. "Persahabatan sejati adalah saat kamu masuk ke rumahnya dan WiFi-mu terhubung secara otomatis."

59. "Orang yang selalu mengganggumu adalah orang yang mencintaimu."

60. "Sahabat seperti semanggi berdaun empat, sulit ditemukan, beruntung dimiliki."

61. "Jangan biarkan sahabatmu kesepian… terus ganggu mereka." - Candlelight Publications.

62. "Teman-teman Facebook-ku seperti koleksi penaku. Aku memiliki 100, tetapi hanya satu yang berfungsi."

63. "Beberapa teman seperti angin, beberapa seperti gunung. Mereka masuk dan keluar dari hidupmu, atau mereka ada di sana seumur hidup."

64. "Teman datang dan pergi, seperti ombak lautan, tetapi yang asli tetap seperti gurita di wajahmu."

65. "Alfabet dimulai dengan ABC, angka dimulai dengan 123, musik dimulai dengan do-re-mi, dan persahabatan dimulai dengan kamu dan aku."

66. "Belajar berarti 10 persen membaca dan 90 persen mengeluh kepada teman-temanmu bahwa kamu harus belajar."

67. "Sebagai sahabatmu aku akan selalu menolongmu saat kamu jatuh, setelah aku selesai tertawa."

68. "Jika kamu memiliki teman gila, kamu memiliki semua yang kau butuhkan."

69. "Tertawa adalah salah satu olahraga terbaik, seperti berlari di dalam pikiranmu. Kamu dapat melakukannya hampir di mana saja dan bahkan lebih baik dengan seorang sahabat."

70. "Teman yang baik tidak membiarkan sahabatnya melakukan hal-hal bodoh sendirian."

71. "Sahabat terbaik: mereka tahu betapa gilanya dirimu, tetapi tetap memilih untuk terlihat di depan umum bersamamu."

72. "Saya dan sahabat saya bisa berkomunikasi hanya dengan ekspresi wajah."

73. "Persahabatan itu seperti mengencingi diri sendiri: semua orang bisa melihatnya, tetapi hanya diirmu yang mendapatkan perasaan hangat yang dibawanya."

74. "Sulit menemukan teman yang 95% berbakat, 96% lucu, 98% penyayang, 99% cerdas, dan 100% manis. Jadi, jangan berani-berani kehilangan aku!"

75. "Jika kamu mencintai seorang teman, biarkan mereka pergi. Jika mereka kembali dengan membawa kopi, itu sudah seharusnya."

76. "Teman-teman terbaikku seperti dongeng, mereka telah ada sejak dulu dan akan ada di sana sampai selamanya."

77. "Teman itu seperti tembok, terkadang kamu bersandar padanya dan terkadang bagus untuk mengetahui mereka ada di sana."

78. "dengan piyama, tanpa makeup, dan terlihat seperti sampah dan aku tidak akan menghakimimu."

79. "Aku tidak tahu apa yang lebih ketat, jeans kita atau persahabatan kita."

80. "Aku tidak membutuhkan psikiater untuk kehidupan pribadiku dan membuatku menceritakan semua rahasiaku, aku punya sahabat untuk itu."

Kata-kata persahabatan yang menyentuh hati dalam Bahasa Inggris

Kata-kata bijak persahabatan freepik.com

foto: freepik.com

Persahabatan itu tidak bisa dipaksakan, terkadang ada orang yang tidak tertarik menjalin persahabatan, namun ada pula yang selalu tulus dalam berbagai hal. Mereka yang tulus inilah yang disebut dengan sahabat baik. Bahkan jika beruntung, kamu akan melihat perlakuan sahabat melebihi keluarga kandung sendiri, begitu baik dan menyenangkan.

81. "A true friend is someone who is there for you when he'd rather be anywhere else." - Len Wein.

(Teman sejati adalah seseorang yang ada untukmu ketika dia lebih suka berada di tempat lain)

82. "What is a friend? A single soul dwelling in two bodies." - Aristotle.

(Apa itu sahabat? Satu jiwa yang tinggal dalam dua tubuh)

83. "The most beautiful discovery true friends make is that they can grow separately without growing apart." – Elisabeth Foley.

(Penemuan terindah yang dilakukan teman sejati adalah bahwa mereka dapat tumbuh secara terpisah tanpa terpisah)

84. "Life is partly what we make it, and partly what it is made by the friends we choose." – Tennessee Williams.

(Hidup adalah sebagian dari apa yang kita buat, dan sebagian apa yang dibuat oleh teman-teman yang kita pilih)

85. "I don't need a friend who changes when I change and who nods when I nod; my shadow does that much better." – Plutarch.

(Aku tidak membutuhkan teman yang berubah ketika aku berubah dan yang mengangguk ketika aku mengangguk; bayanganku bisa melakukan itu lebih baik)

86. "Friendship is born at that moment when one person says to another, 'What! You too? I thought I was the only one." – CS Lewis.

(Persahabatan lahir pada saat ketika satu orang berkata kepada orang lain,' Apa! Kamu juga? Kupikir cuma aku)

87. "One of the most beautiful qualities of true friendship is to understand and to be understood." - Lucius Annaeus Seneca.

(Salah satu kualitas paling indah dari persahabatan sejati adalah memahami dan dipahami)

88. "I would rather walk with a friend in the dark, than alone in the light." - Helen Keller.

(Aku lebih suka berjalan dengan seorang teman dalam gelap, daripada sendirian dalam terang)

89. "Each friend represents a world in us, a world possibly not born until they arrive, and it is only by this meeting that a new world is born." – Anais Nin.

(Setiap teman mewakili dunia kita, dunia yang mungkin belum terlahir sampai mereka tiba, dan hanya dengan pertemuan inilah dunia baru lahir)

90. "A real friend is one who walks in when the rest of the world walks out." - Walter Winchell

(Sahabat sejati adalah ia yang mengiringimu saat semua orang menjauhimu)

91. "If you can survive 11 days in cramped quarters with a friend and come out laughing, your friendship is the real deal." - Oprah Winfrey.

(Jika kamu bisa bertahan 11 hari di tempat sempit dengan seorang teman dan keluar dalam keadaan tertawa, persahabatanmu benar-benar sejati)

92. "True friendship is when you walk into their house and your WiFi connects automatically."

(Persahabatan sejati adalah saat kamu masuk ke rumah mereka dan WiFi mu terhubung secara otomatis)

93. "Friendship is the shadow of the evening, which strengthens with the setting sun of life." -Jean de La Fontaine.

(Persahabatan adalah bayangan malam, yang diperkuat dengan terbenamnya matahari kehidupan)

94. "Friendship is a sheltering tree." - Samuel Taylor Coleridge.

(Persahabatan adalah pohon pelindung)

95. "Friendship is the hardest thing in the world to explain. It’s not something you learn in school. But if you haven’t learned the meaning of friendship, you really haven’t learned anything." - Muhammad Ali.

(Persahabatan adalah hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Itu bukan sesuatu yang kamu pelajari di sekolah. Tetapi, jika kamu belum belajar arti persahabatan, kamu benar-benar tidak mempelajari apa pun)

96. The secret to friendship is being a good listener."

(Rahasia persahabatan adalah menjadi pendengar yang baik)

97. "Words are easy, like the wind; Faithful friends are hard to find." - William Shakespeare.

(Kata-kata itu mudah, seperti angin, tapi teman-teman yang setia sulit ditemukan)

98. "The language of friendship is not words but meanings." - Henry David Thoreau.

(Bahasa persahabatan bukanlah kata-kata tapi makna)

99. "Friendship is the inexpressible comfort of feeling safe with a person, having neither to weigh thoughts nor measure words." - George Eliot

(Persahabatan adalah kenyamanan yang tak terungkap dari perasaan aman dengan seseorang, tidak menimbang pikiran atau mengukur kata-kata)

100. "Friendship is the only cement that will ever hold the world together." - Woodrow Wilson.

(Persahabatan adalah satu-satunya perekat yang akan menyatukan dunia)

101. 30. "A good friendship is a conversation that never ends." - Gloria Steinem

(Persahabatan yang baik adalah percakapan yang tidak pernah berakhir)

102. "Friends who understand your tears is more valuable than many friends who only know your smile."

(Teman yang mengerti air matamu, jauh lebih berharga daripada banyak teman yang hanya mengerti senyummu)

103. "Friends show their love in time of trouble, not happiness."

(Teman menunjukkan cinta mereka di saat ada masalah, bukan di saat bahagia)

104. "We’re born alone, we live alone, we die alone. Only through our love and friendship can we create the illusion for the moment that we’re not alone."

(Kita terlahir sendiri, kita hidup sendiri, kita mati sendiri. Hanya melalui cinta dan persahabatan, kita bisa menciptakan ilusi untuk saat ini bahwa kita tidak sendiri.)


105. "Depth of friendship does not depend on length of acquaintance."

(Dalamnya persahabatan tidak bergantung pada lamanya perkenalan.)

106. "True friendship is like sound health; the value of it is seldom known until it is lost."

(Persahabatan sejati seperti kesehatan yang baik; nilai itu jarang diketahui sampai ia hilang.)

107. "Friendship is always a sweet responsibility, never an opportunity."

(Persahabatan adalah masalah tanggung jawab, bukan masalah kesempatan.)

108. "Walking with a friend in the dark is truly better than walking alone in the place full of light."

(Berjalan dengan teman di dalam kegelapan lebih baik daripada berjalan sendirian di tempat yang penuh cahaya)

109. "Friendship is the definition of purest love."

(Persahabatan adalah pengertian dari cinta yang paling murni)

110. "A great friend is someone who enters your life and makes a beautiful impact on it."

(Sahabat adalah seseorang yang masuk ke dalam hidup kalian dan menimbulkan dampak yang indah di hidup kalian)

111. "A true best friend is the one who laughs with you and cries with you."

(Seorang sahabat sejati adalah orang yang tertawa bersamamu dan menangis bersamamu)

112. "Best friends are our adopted siblings."

(Sahabat adalah saudara kita yang diadopsi)

113. "Friendship is a sheltering tree." - Samuel Taylor Coleridge.

(Persahabatan adalah pohon pelindung)

114. If you live to be 100, I hope I live to be 100 minus 1 day, so I never have to live without you." - Winnie the Pooh.

(Jika kamu hidup sampai 100 tahun, kuharap aku hidup sampai 100 minus 1 hari, jadi aku tidak pernah merasakan hidup tanpamu)

115. "True friendships are eternal." - Cicero.

(Persahabatan sejati itu abadi)

116. "The real test of friendship is can you literally do nothing with the other person? Can you enjoy those moments of life that are utterly simple?" – Eugene Kenned.

(Ujian persahabatan yang sebenarnya adalah dapatkah kamu benar-benar tidak melakukan apa-apa dengan orang lain? Bisakah kamu menikmati saat-saat kehidupan yang benar-benar sederhana?)

117. "It takes a great deal of bravery to stand up to our enemies, but just as much to stand up to our friends." Albus Dumbledore, Harry Potter and the Sorcerer's Stone.

(Dibutuhkan keberanian besar untuk melawan musuh-musuh kita, tetapi lebih sulit lagi ketika melawan teman sendiri)

118. "Anybody can sympathize with the sufferings of a friend, but it requires a very fine nature to sympathize with a friend’s success." – Oscar Wilde.

(Siapa saja dapat bersimpati dengan penderitaan seorang teman, tetapi membutuhkan sifat yang sangat baik untuk bersimpati dengan kesuksesan seorang teman)

119. "A friend is someone who gives you total freedom to be yourself — and especially to feel, or not feel. Whatever you happen to be feeling at any moment is fine with them. That’s what real love amounts to – letting a person be what he really is." - Jim Morrison.

(Seorang teman adalah seseorang yang memberimu kebebasan total untuk menjadi diri sendiri - dan terutama untuk merasakan, atau tidak merasakan. Apa pun yang kamu rasakan setiap saat baik-baik saja dengan mereka. Itulah arti cinta sejati - membiarkan seseorang menjadi dirinya yang sebenarnya)

120. "A true friend is someone who thinks that you are a good egg even though he knows that you are slightly cracked." – Bernard Meltzer.

(Teman sejati adalah seseorang yang berpikir bahwa kamu adalah telur yang baik meskipun dia tahu bahwa kamu sedikit retak)