Brilio.net - Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa yang cukup populer di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bahasa ini memiliki kosakata sederhana dan makna yang tidak sulit dipelajari. Bahkan banyak lagu populer yang disisipkan kalimat Jawa karena memiliki makna yang mendalam.

Kata-kata dalam bahasa Jawa memang cenderung halus dan filosofis. Tak heran, jika banyak orang menjadikan kata-kata Jawa ini sebagai motivasi hidup yang baik untuk diri sendiri dan orang-orang lain. Tak hanya itu, kata-kata bahasa Jawa singkat dan penuh arti ini dapat dijadikan pegangan ketika sedang menghadapi kesulitan.

Kata-kata motivasi bahasa Jawa ini mampu menyuntikkan semangat bagi seseorang, seperti mendapat dorongan baru agar bangkit dari keterpurukan. Apalagi bagi orang yang sedang bekerja keras, kata-kata motivasi bahasa Jawa ini dapat dijadikan inspirasi agar kembali semangat dan menikmati hidupnya.

Bagi kalian yang sedang gundah gulana dengan pekerjaan, kata-kata motivasi bahasa Jawa berikut ini bisa meningkatkan semangat dan menginspirasi kalian loh. Kali ini, brilio.net telah menghimpun 25 kata-kata motivasi kerja dalam bahasa Jawa dari berbagai sumber, Senin (24/5).

Loading...

Kata-kata motivasi kerja bahasa Jawa penuk makna

Kata-kata motivasi kerja bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Instagram/@filosofi_jawa

1. "Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe." (Orang yang menan adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri)

2. "Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurananig pati." (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat)

3. "Wong pinter kalah karo wong beja." (Orang pintar kalah dengan orang beruntung)

4. "Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan." (Niat bekerja bukan untuk nyari perkara. Niat mencari rezeki, bukan hanya cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

5. "Ra ono wong mulyo tanpo urip rekoso." (Tidak ada orang yang hidup sukses tanpa kerja keras)

6. "Seng nandur bakale ngunduh." (Yang berbuat akan mendapatkan hasilnya)

7. "Alon-alon asal kelakon." (Pelan-pelan yang penting tercapai)

8. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu biar baik nasibmu)

9. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

10. "Alam iki sejatining Guru." (Alam adalah guru yang sejati)

11. "Ojo mabuk bondo, opo meneh mabuk dunyo, uripmu rekoso." (Jangan tergila gila dengan harta, apa lagi mabuk kekuasaan dunia, hidupmu sengsara)

12. "Nanging ora teges gampang pepes kentekan pangarep arep." (Bukan berarti putus asa ketika kehabisan harapan karena harapan selalu ada)

13. "Tetep eling lan waspada, wong golek pepadhang kuwi biasane akeh sing ngalang." (Tetap ingat dan waspada, orang yang mencari pandangan hidup biasanya banyak yang menghalangi)

14. "Urip iku dilakoni, dinikmati lan disyukuri." (Hidup itu dijalani, dinikmati dan disyukuri)

15. "Akehi niat kurangi sambat tetep semangat." (Perbanyak niat jangan banyak mengeluh tetap semangat)

16. "Ora usah meri karo wong liyo, luwih becik syukurono lan rumatono opo sing wis enek." (Tidak perlu iri dengan yang lain, lebih baik bersyukur dan menjaga yang sudah ada)

17. "Sak sambat-sambatmu kesel kerjo, elingo wong tuamu ora tau sambat nyukupi kebutuhan keluargane." (Saat kamu mengeluh karena kerja, ingatlah orang tuamu yang tak pernah mengeluh untuk mencukupi kebutuhan keluarganya)

18. "Luwih becik rekoso saiki mumpung isih enom, timbang mbesuke rekoso pas wes tua." (Lebih baik bekerja keras saat masa muda, dari pada masih bekerja keras saat masa tua)

19. "Witing mulyo jalaran wani rekoso." (Hidup sukses berawal dari kerja keras)

20. "Wong kerja rasah nuruti gengsi sing penting halal lan barokah." (Kerja tidak perlu gengsi yang terpenting halal dan berkah)

21. "Wong sabar rejekine jembar, wong ngalah uripe berkah." (Orang sabar rejekinya luas, orang yang selalu menerima hidupnya berkah)

22. "Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun." (Tuhan akan memberikan jalan, bagi mereka yang mengikuti jalan kebenaran)

23. "Eling lan waspada, sadar lan sabar, setiti lan ngabekti, sumeleh tur sareh." (Ingat dan waspada, sadar dan sabar, hemat dan mengabdi, ikhlas dan tenang)

24. "Urip kang utama, mateni kang sempurna." (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya)

25. "Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo." (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)