Brilio.net - Kecoa adalah salah satu hewan yang kerap dianggap musuh di dalam rumah. Meski memiliki ukuran kecil, tapi kehadiran kecoa sering bikin orang jadi geli sampai ngeri. Nggak sedikit orang yang merasa takut untuk menghadapi kecoa. Lantaran, serangga ini bisa menghindar sangat cepat dengan merayap ataupun terbang. Nah kalau sudah begini, bisa jadi lari adalah cara yang paling sering dipilih untuk menghindar.

Daripada lelah terus menghindar, lebih baik kamu menemukan penyebab dari timbulnya kecoa. Pasalnya, kecoa sering hadir di sudut rumah yang kotor, lembab, dan gelap. Maka dari itu kamu perlu memastikan situasi tersebut tidak ada di rumahmu. Karena, jika sarang kecoa sudah terbentuk, ia dapat menjadi sumber kuman yang dapat mengganggu kesehatanmu.

Selain menjaga kebersihan, kamu juga bisa menata ulang atau memperbaiki beberapa sudut di dalam rumah. Agar semakin efektif gunakan juga beberapa bahan yang bisa menjadi pembasmi ampuh kecoa. Mau tahu apa saja? Simak ulasan lebih jelasnya dalam brilio.net pada Jumat (13/11) dari berbagai sumber berikut.

1. Menggunakan daun salam.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Kamu mungkin kerap menggunakan daun salam sebagai penambah kenikmatan masakan. Tapi fungsi daun salam nggak hanya itu saja lho, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pembasmi kecoa. Tidak perlu banyak peralatan, kamu hanya perlu memotong daun salam menjadi bagian kecil. Lalu letakkan di sudut rumah yang kerap dihinggapi kecoa.

Selain itu kamu juga bisa mengolah daun salam menjadi cairan. Dengan begitu kamu bisa langsung menyemprotkan ramuan ini ke area favorit kecoa. Jangan lupa, berikan juga di bawah tong sampah karena lokasi ini kerap jadi persembunyian kecoa dan serangga lainnya.

2. Membuat ramuan baking soda.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak jauh berbeda dari daun salam, kamu juga bisa memanfaatkan baking soda sebagai pembasmi kecoa. Baking soda merupakan salah satu bahan kimia aktif yang ternyata bermanfaat untuk membunuh kecoa. Ramuan baking soda mampu membuat tubuh kecoa seketika mengembang setelah bersentuhan dengan bahan tersebut.

Sebagai solusinya, kamu bisa mencampurkan baking soda dengan gula dengan takaran yang sama. Kemudian taburkan campuran tersebut di sudut-sudut ruangan atau bagian lain yang sering dilewati kecoa. Campuran gula dalam ramuan ini dapat menarik kecoa datang sehingga dapat mati dengan sendirinya.

3. Memanfaatkan deterjen.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Deterjen juga bisa kamu gunakan untuk mengusir kecoa di rumah nih. Untuk memanfaatkannya kamu masih memerlukan air sebagai bahan campurannya. Karena campuran air dan sabun bisa membuat kecoa sekarat dan lebih cepat mati. Maka dari itu kamu bisa langsung mencampurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan air, lalu kocok perlahan hingga bahan tercampur. Selanjutnya semprotkan bagai bagian rumah yang sering dilewati kecoa.

4. Menggunakan hairspray.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Selain bisa membantu tatanan rambutmu, hairspray juga bisa berperan penting untuk membersihkan rumah dari serangan kecoa lho. Seperti yang kamu tahu, hairspray memiliki tekstur lengket. Dengan begitu ketika kamu membasmi kecoa dengan hairspray akan membuatnya terjebak dan sulit untuk bergerak. Dengan begitu, kecoa akan lebih mudah diusir.

5. Membuat cairan dari obat kumur.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Obat kumur jadi salah satu bahan yang perlu disediakan di rumahmu. Nggak cuma bisa menyegarkan rongga mulut, tapi kandungan mentol yang terdapat pada obat kumur secara efektif dapat membunuh kecoa. Menariknya, menurut hasil penelitian, obat kumur jauh lebih ampuh membunuh kecoa dibandingkan dengan minyak esensial lainnya.

Kamu pengen mendapatkan hasilnya? Campurkan 100 ml obat kumur dengan air. Kocok perlahan hingga tercampur sempurna. Lalu semprotkan pada bagian sudut ruangan atau bagian lain yang menjadi sarang kecoa. Tunggu beberapa saat, dan kecoa pun dapat mati dengan mudah.

6. Menggunakan tanah diatom.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan adalah tanah diatom. Tanah diatom ini dibentuk dari bagian fosil makhluk air kecil, yang biasanya disebut dengan Diatomaceous Earth (DE). Zat yang terkandung dalam tanah ini pun bersifat abrasif, sehingga dapat membuat lapisan tubuh kecoa mengering saat menyentuh tanah ini.

Jangan khawatir akan repot, kamu bisa mencampurkan DE dengan tambahan gula di dalamnya. Larutkan dengan menggunakan sedikit air, lalu oleskan pada bagian celah-celah ruangan yang biasa dilewati kecoa. Selanjutnya, kecoa akan lebih cepat mati dengan sendirinya.

7. Meletakkan kapur barus di beberapa sudut rumah.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Kapur barus dikenal jadi bahan ampuh untuk membasmi kecoa dan berbagai jenis serangga. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu menebarkan kapur barus di sudut-sudut ruangan. Wangi yang tajam dari kapur baru tak disukai oleh kecoa dan mampu mengusir kecoa dari rumah. Namun hati-hati ya, jangan letakkan kapur barus di area makanan agar tidak mengontaminasi.

8. Menutup saluran air yang bocor.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Disamping membasmi dengan ramuan-ramuan, kamu juga bisa mengurangi jumlah kecoa dari rumah dengan memperhatikan spot favoritnya. Yaps perlu kamu ketahui, kecoa sulit hidup tanpa air, meskipun ia tidak makan sama sekali dalam satu bulan.

Maka dari itu nih, kamu perlu mengecek pipa wastafel kamar mandi, pipa keran kamar mandi hingga dapur. Jika ada kebocoran, segera perbaiki saluran air tersebut ya. Karena jika tidak, spot ini akan jadi sarang terbaik untuk para kecoa.

9. Menyingkirkan barang yang tidak digunakan.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pernah kesulitan mencari kecoa? Bisa jadi ia bersembunyi di sela-sela barang rumahmu. Maka dari itu, singkirkan segera barang yang tidak terpakai. Dengan begitu tidak ada lagi tempat persembunyian untuk kecoa. Termasuk tumpukan kayu sisa bangunan, karena area ini jadi persembunyian favorit kecoa saat musim hujan tiba.

10. Membuat perangkap.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Sama halnya dengan tikus, kamu perlu juga membuat perangkap kecoa. Untuk tips ini , kamu bisa menggunakan bahan kopi atau minyak. Caranya dengan menggunakan botol plastik bekas yang telah dibelah. Setelah botol plastik bekas dibelah, masukkan umpan dan bahan penjebak ke dalam botol. Kopi yang dicampur air atau minyak dapat kamu gunakan untuk menjebak kecoa.

11. Memusnahkan telur kecoa.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Selain membasmi kecoa dewasa, kamu juga perlu mengetahui dimana telur kecoa berada. Faktanya, sepasang kecoa dapat menghasilkan sebanyak 35.000 anak kecoa per tahun. Dengan jumlah yang begitu banyak kamu bisa membasmi dari telurnya.

Kecoa kerap menyembunyikan telurnya di lubang atau retakan kecil sekitar rumah. Telur kecoa yang berbentuk kapsul kecil sulit dikenali. Jika sarang telah ditemukan, segera semprotkan insektisida untuk membasminya.

12. Memastikan tidak ada makanan yang tercecer.

Cara membasmi kecoa di dalam rumah  © freepik.com

foto: freepik.com

Nah ini menjadi salah satu penyebab yang kerap mendatangkan kecoa. Makanan yang berantakan atau tercecer bisa mengundang kecoa dengan mudah. Maka pastikan rumah dalam keadaan bersih, terang, dan tidak ada area yang lembab. Dengan begitu, jumlah kecoa dapat berkurang setiap harinya.