Brilio.net - Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini di antaranya membuat banyak bermunculan e-commerce. Banyak orang yang membuka toko online dan menjual berbagai barang dan jasa.

Banyaknya promo yang ditawarkan para pemilik toko online membuat banyak konsumen terdorong untuk berbelanja. Selain promo, banyak toko online yang menawarkan cashback, potongan harga, dan gratis ongkos kirim, membuat suatu gaya hidup baru.

Belanja online saat ini seperti menjadi solusi terbaik karena kamu tidak perlu lagi ke luar rumah untuk membeli kebutuhanmu. Nah agar kamu nyaman saat berbelanja online, kamu perlu memperhatikan dan mnegetahui cara dan langkah agar saat kamu berbelanja tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana caranya? Berikut brilio.net mengulas khusus buat kamu yang ingin belanja lewat online tapi masih ragu, seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (22/1).

Loading...

1. Lakukan riset terlebih dahulu.

Hal ini harus kamu lakukan saat kamu ingin berbelanja lewat online. Caranya yaitu kamu bisa melihat di ulasan konsumen yang sudah berbelanja. Jika dalam online shop tersebut banyak konsumen yang meninggalkan testimoni jelek, maka tinggalkan dan cari toko lain.

Sebaiknya kamu memilih online shop yang memiliki testimoni bagus dari konsumenya. Hindari online shop yang mendapatkan rating bintang satu dan mendapat komplain dari konsumen, baik itu pada akun medianya maupun pada situsnya.

2. Lihat kebijakan situs terhadap data pribadi konsumen.

Periksa kebijakan privasi situs penyedia situs web. Jangan sampai ada poin yang menyebutkan bahwa situs tersebut dapat memberikan data pribadi ke pihak lain.

Jangan lupa juga baca kebijakan pengembalian dana dan barang jika nanti kamu dapat barang yang cacat atau tidak lengkap.

3. Cek kembali harga di situs dengan toko yang ada di kota kamu.

Ada baiknya kamu mengecek kembali apakah harga di online lebih murah atau lebih mahal dibanding jika membeli langsung di toko.

4. Periksa paket dengan membaca deskripsi produk.

Periksa paket barang dan baca kembali deskripsi produk dengan cermat. Hati-hati juga dengan produk bermerek yang biasa dijual dengan harga tinggi, namun di salah satu situs dijual dengan harga yang sangat murah. Bisa jadi barang yang dijual dari situs tersbeut adalah barang palsu.

5. Perhatikan harga barang.

Dalam berbelanja online jangan terburu-buru karena harganya yang murah. Biasanya tawaran produk dengan harga murah datang dari e-mail. Hal ini biasanya adalah pekerjaan spammer.

Spammer biasanya mengirim e-mail yang terlihat seperti dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya kamu mengunjungi situs online dari perusahaan dan langsung belanja di situs tersebut.

6. Perhatikan keamanan situs.

Pada saat berbelaja online kamu bisa lihat bahwa situs tersebut aman atau tidak dengan melihat browser bar. Pada bagian browser bar biasanya terdapat ikon gembok/scure. Hal ini berati situs yang kamu kunjungi adalah jalur aman (secure area).

7. Pertimbangkan cara pembayaran.

Dalam melakukan transaksi biasanya situs belanja online memiliki berbagai opsi pembayaran. Seperti melalui kartu kredit, ATM, maupun melalui gerai modern.

Namun karena sekarang banyak pencurian nomor kartu kredit, membuat penyedia situs belanja online menggunakan sistem PayPal, Transfer Kirim, atau Cash On Delivery (COD).

8. Periksa kembali harga total.

Periksa kembali harga produk yang kamu beli, ongkos kirim, dan potongan harga atau cashback yang kamu dapetin. Kemudian kamu bisa bandingin harganya dengan situs yang lain.

9. Simpan bukti transaksi.

Jangan langsung buang bukti transaksi pembayaran. Bukti tersebut termasuk deskripsi produk, harga, dan kuitansi digital.

10. Tanyakan jasa pengiriman sacara jelas.

Selalu tanyakan jasa pengiriman apa yang digunakan situs atau toko online. Jangan lupa juga untuk meminta nomor resi kepada penjual dan tracking barang kamu.

11. Cek kembali barang jika sudah diterima.

Jika barang telah diterima, cek kembali apakah sesuai dengan yang kamu pesan atau malah ada yang kurang. Jika tidak sesuai atau cacat, langsung ajukan ke penjual agar dapat ditukar atau pengembalian dana.

12. Bersihkan data chace PC kamu.

Setelah digunakan untuk berbelanja online. Sebaiknya kamu bersihkan semua data yang telah kamu input.

Reporter: mgg/Feny Nidya