Brilio.net - Memiliki wajah berkomedo memang sangat menyebalkan. Selain membuat kulit menjadi kurang sehat, penampilan pun jadi kurang maksimal.

Komedo merupakan bintik-bintik kecil berwarna hitam atau putih yang biasanya banyak terdapat di wajah, terutama hidung. Komedo cukup sulit untuk dihilangkan. Banyak orang meski telah mencoba berbagai perawatan mahal, namun tetap saja tidak bisa maksimal.

Selain perawatan mahal, kamu sebenarnya bisa mengatasinya sendiri dengan beberapa bahan alami. Salah satunya adalah lidah buaya.

Cara membuat masker lidah buaya untuk komedo freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Lidah buaya atau Aloe vera mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta antiinflamasi yang membantu mengobati luka bakar, jerawat, komedo, dan melembapkan kulit kering. Bahkan jika digunakan secara rutin, lidah buaya bisa menghilangkan kerutan-kerutan halus pada wajah.

Cara membuat masker lidah buaya untuk komedo freepik.com

foto: freepik.com

Yuk langsung saja membuat masker lidah buaya sendiri di rumah untuk mengatasi komedo membandel. Berikut ulasannya dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/12).

Bahan-bahan:
- Lidah buaya secukupnya
- Pisau
- Mangkuk
- Garpu
- Toples

Cara membuat:
1. Hancurkan daging lidah buaya menggunakan sendok hingga lumat
2. Kemudian oleskan pada seluruh wajah dan beri lapisan yang lebih tebal pada daerah wajah yang ditumbuhi komedo
3. Diamkan selama lebih kurang 30 menit atau hingga kering
4. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih
5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya digunakan secara rutin, yakni pagi dan sore hari.

Kebiasaan yang menyebabkan komedo

Munculnya komedo memang sering disebabkan oleh polusi dan kelembapan yang mempengaruhi pori-pori kulit. Namun, di luar itu ternyata banyak juga hal lain yang sangat bisa memicu munculnya komedo hitam dan jerawat. Apa saja?

1. Olahraga pakai makeup

Lupa atau bahkan mungkin mengabaikan pentingnya mencuci wajah sebelum berolahraga bisa menyebabkan komedo hitam, jerawat, dan kulit iritasi. Pori-pori kulit membuka ketika berkeringat untuk bernafas, sehingga sangat penting untuk tidak menghalanginya dengan memakai makeup tebal.

Hapus makeup sebelum berolahraga menggunakan pembersih yang lembut. Usai berolahraga pun sebaiknya bersihkan lagi untuk menghilangkan keringat dan kotoran.

2. Tidak mencuci wajah usai mandi

Kebiasaan kebanyakan orang memilih untuk mencuci muka sebelum mandi. Padahal, seharusnya mandi dulu kemudian cuci muka untuk menghilangkan sisa-sisa produk mandi, seperti shampo atau kondisioner, yang mungkin masih menempel di kulit wajah dan bisa menyumbat pori-pori.

3. Tidur dengan sarung bantal kotor

Bantalmu menyerap keringat, kotoran, dan makeup dari permukaan kulitmu ketika kamu tidur. Hal ini bisa mengontaminasi kulitmu.

Sarung bantal bisa menjadi sumber bakteri penyebab tersumbatnya pori-pori, sehingga kulit pun lebih rentan ditumbuhi komedo hitam dan jerawat, serta iritasi. Agar kebersihan kulit wajahmu terjaga, gantiah sarung bantal setiap tiga hari sekali.