Brilio.net - Masalah umum kulit yang dialami orang adalah jerawat, pori-pori besar, komedo, dan masih banyak lainnya. Hampir semuanya begitu mengganggu, namun ada satu yang cukup menarik perhatian adalah jerawat.

Yap selain membuat kulit menjadi tidak sehat, jerawat juga sangat mengganggu penampilan seseorang. Rasanya percuma dandan setiap hari tapi jerawat tetap aja nongol.

Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Nah peradangan tersebut ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit.

Jerawat muncul biasanya dari kebiasaan buruk sehari-hari yang tanpa disadari. Misalnya, terlalu sering mencuci muka, sehingga membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Loading...

Kebiasaan buruk lainnya, memencet jerawat. Buat kamu yang sering melakukan ini, lebih baik berhenti. Cara itu tidak akan membuat jerawat menghilang, justru sebaliknya jerawat semakin banyak dan meradang. Sebab saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Apalagi yang bisa menyebabkan jerawat? Menggunakan produk makeup berlebihan, produk rambut yang menetes pada wajah, penggunaan telepon genggam, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan olahan, kurang telaten dalam mengobati jerawat, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu cobalah untuk lebih berhati-hati jika kamu memiliki kulit sensitif.

Apakah jerawat bisa diatasi dengan mudah? Jawabannya tentu saja ada. Sekarang ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya. Namun perlu kamu ketahui, meski bisa menghilangkan, namun itu belum tentu aman untuk kulit karena mengandung kimia.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan bahan alami, salah satunya menggunakan lidah buaya atau aloe vera. Tak perlu membelinya, kamu bisa meraciknya sendiri di rumah. Selain aman cara ini juga terbilang ampuh.

Berikut cara membuat masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (1/12).

1. Lidah buaya murni.

Cara membuat masker lidah buaya untuk hilangkan jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Tanpa dicampurkan apapun lidah gel lidah buaya sudah bisa mengatasi masalah jerawat. Pertama kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti:

- Lidah buaya secukupnya
- Pisau
- Mangkuk
- Garpu
- Toples

Jika ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa membekukannya atau menambahkan pengawet ke dalam proses pembuatannya. Kamu bisa juga menambahkan bubuk vitamin C atau vitamin E untuk membuat gel lidah buaya bertahan lama.

2. Lidah buaya dan lemon.

Cara membuat masker lidah buaya untuk hilangkan jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Mencampur lidah buaya dengan jus jeruk nipis atau lemon juga membantu merawat wajah. Lakukan cara ini dengan perbandingan 8 : 1 (8 bagian lidah buaya dengan 1 bagian air jeruk nipis atau lemon).

Bahan yang dibutuhkan:
- sendok
- 1 sendok makan jus jeruk nipis (perasan jeruk nipis)
- 8 sendok makan lidah buaya

Cara membuat masker:
- Campur gel lidah buaya dengan perasan jeruk nipis
- Bersihkan wajah terlebih dulu
- Keringkan wajah dengan handuk lembut
- Oleskan adonan masker lidah buaya dan jeruk nipis secara menyeluruh pada wajah
- Diamkan setidaknya 10 menit supaya masker bisa meresap
- Bilas wajah pakai air dingin sampai bersih
- Keringkan lagi dengan handuk lembut.

3. Lidah buaya, kunyit dan madu.

Cara membuat masker lidah buaya untuk hilangkan jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit dikenal sangat bagus untuk mengatasi jerawat yang meradang. Sementara, madu dikenal dengan kualitas antibakteri dan antijamurnya. Berikut bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker lidah buaya dan kunyit:

- 1 sendok makan gel lidah buaya
- 1 sendok makan madu segar
- 1 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat:
- Campurkan lidah buaya dan madu cair ke dalam mangkuk kecil
- Setelah tercampur, tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit
- Terus aduk sampai tidak ada benjolan bubuk yang terlihat di dalam campuran masker.
- Masker siap digunakan.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami

Jerawat sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis. Untuk jerawat pasir ini ukurannya kecil dan berisi nanah atau cairan kotor serta lemak.

Jenis jerawat yang menyerang secara bersamaan ini bisa memicu radang dan menyebabkan bagian kulit yang berjerawat menjadi merah. Jerawat ini juga sering muncul di area T zone.

Bagian dahi biasanya juga rentan karena sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut. Namun tak jarang juga muncul di bagian pipi dan dagu.

Berikut cara mengatasinya:

1. Bawang putih.

Bawang putih dikenal dapat mengatasi berbagai masalah dan efektif untuk perawatan kulit. Selain kerap digunakan untuk melezatkan berbagai jenis masakan, bawang putih juga dapat menyembuhkan jerawat pasir. Hal ini karena bawang putih mengandung antibakteri dan minyak atsiri yang dikenal baik untuk mengatasi jerawat.

Perlu diketahui, penggunaan bawang putih akan menghasilkan panas apabila ditempelkan pada area kulit. Kamu bisa mencoba mengenali jenis kulit kamu terlebih dahulu, apakah tergolong sensitif atau normal.

Jangan aplikasikan bawang secara langsung pada jerawat, kamu bisa mencobanya dengan menempelkan bawang di leher atau tangan. Selain cara di atas, menggunakan air rendaman atau perasan bawang putih juga bisa jadi alternatif teraman.

Untuk mengurangi rasa panas kamu bisa menambahkan madu. Oleskan ramuan itu hanya pada bagian kulit yang berjerawat.

Diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Putih telur.

Putih telur yang kaya dengan vitamin B2, bermanfaat untuk mengatasi jerawat pasir. Vitamin B2 adalah obat pereda stres alami yang pada akhirnya juga dapat mencegah jerawat. Putih telur dapat digunakan sebagai masker yang bisa membuka pori-pori tertutup dan mengontrol minyak.

Cara penggunaannya yakni dengan mengoleskan masker putih telur pada area berjerawat, tunggu sekitar 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil lebih baik, sebaiknya gunakan telur ayam kampung.

3. Jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan asam askorbat-L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Cara penggunaannya yakni dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air mawar, kemudian dioleskan pada wajah. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Lidah buaya.

Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut dengan polifenol yang berguna sebagai antibakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat.

Caranya adalah dengan iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pasir pun akan berangsur hilang.

5. Yogurt plain.

Yogurt sudah sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun yogurt yang digunakan untuk perawatan wajah adalah yogurt plain. Yogurt ini tanpa rasa, sehingga cocok untuk digunakan sebagai masker ataupun lulur.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya ke area yang berjerawat. Diamkan beberapa menit hingga meresap, kemudian cuci hingga bersih.