Brilio.net - Perawatan wajah kini ditawarkan dalam berbagai bentuk. Ada yang memberikan layanan perawatan di salon, dan nggak sedikit juga produk kecantikan yang bertabur di pasaran. Mulai dari mengatasi jerawat, kulit kusam, komedo, hingga permasalahan penuaan dini.

Bahkan, bahan perawatannya pun beragam, baik dari bahan alami hingga penambahan beberapa bahan kimia. Nggak heran nih kalau banyak pengguna yang kerap bingung harus memilih produk yang mana.

Nah, kalau kamu termasuk golongan yang bingung, nggak ada salahnya untuk mencoba perawatan kulit wajah dengan kopi dan madu. Dua bahan alami ini terkenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Bahkan, banyak juga produk kecantikan yang menambahkan bahan kopi dan madu di dalam produknya. Dari bahan alami ini kamu pun bisa memanfaatkannya dengan mudah sebagai perawatan sehari-hari lho.

Loading...

Penasaran pengen coba? Yuk simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dikutip dari Medical News Today, Healthline, dan berbagai sumber pada Rabu (14/7) berikut ini.

Manfaat kopi untuk kecantikan.

1. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Kamu salah satu orang yang mudah berjerawat? Tenang kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan memanfaatkan kopi. Selain diseduh, kopi bermanfaat untuk mengatasi jerawat, bahkan membantu menyamarkan bekasnya.

Kamu dapat menggunakan kopi sebagai masker wajah. Sebab kandungan antiinflamasi pada kopi mampu mengatasi masalah dari bakteri, termasuk jerawat ini.

2. Mengecilkan pori-pori.

Pori-pori yang besar bisa terjadi karena banyak faktor. Nggak sedikit orang yang terganggu dengan kondisi ini karena memberikan pengaruh pada wajah, terutama saat dirias.

Sebagai salah satu cara perawatannya kamu bisa menggunakan kopi. Apabila rutin menggunakan kopi sebagai masker maka secara bertahap pori-pori di wajah dapat semakin mengecil dan wajah akan halus.

3. Mengatasi wajah berminyak.

Manfaat kopi untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi wajah yang berminyak. Kulit berminyak terkadang membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami jerawat. Selain memberikan efek kusam, kotoran dan debu akan semakin mudah untuk menempel dan masuk ke pori-pori. Penggunaan masker kopi dapat mengatasi wajah berminyak ini, sehingga wajah lebih lembap apabila kamu rutin menggunakannya.

4. Mengatasi wajah kusam.

Kafein yang terkandung dalam biji kopi nggak hanya mampu menahan rasa kantuk, namun juga dapat mengatasi efek wajah yang kusam dan memberikan efek menyegarkan kulit. Manfaat kopi untuk kecantikan wajah kusam ini bisa kamu coba dengan menggunakan air kopi yang sudah dibekukan untuk ice facial.

Cara membuatnya pun mudah cukup membuat secangkir kopi kental kemudian masukkan ke cetakan es, lalu bekukan. Setelah beku, balurkan es kopi ke bagian wajah.

5. Mencegah penuaan.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Kandungan dalam kopi memiliki sifat yang ampuh mengangkat kotoran, kopi juga dapat merangsang pertumbuhan regenerasi sel. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa rutin melakukan scrubbing agar kulit menjadi bersih, cerah, dan kencang.

Lebih menariknya lagi kopi yang mengandung antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah dan menjaga penampilan tetap awet muda. Kamu juga dapat memanfaatkan antipenuaan kopi dengan membuat masker kopi dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan campuran bahan tersebut pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

6. Mengurangi komedo.

Nggak hanya mengatasi jerawat saja, manfaat kopi juga bisa untuk mengurangi komedo pada kulit wajah. Kandungan kafein pada kopi bekerja secara efektif mengurangi ukuran sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab utama munculnya komedo.

Kamu bisa menggunakan masker kopi sebagai solusinya. Dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air. Oleskan pada area wajah yang berkomedo, lalu gosok secara perlahan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Mengangkat sel kulit mati.

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.

8. Menenangkan kulit wajah.

Kamu juga bisa memanfaatkan kopi sebagai penenang untuk kulit wajah. Ketika dijadikan sebagai masker kopi, kandungan antioksidannya mampu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

9. Menyamarkan kantung mata.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Kebiasaan begadang harus segera kamu kurangi untuk menghindari timbulnya kantung mata. Nah, untuk kamu yang ingin menyamarkannya, cobalah untuk memanfaatkan kandungan kopi. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalam kopi dapat mengembalikan kesegaran kulit dan mengatasi lingkar hitam gelap di bawah mata.

Yang kamu butuhkan hanya bubuk kopi dan juga minyak kelapa yang dihangatkan sebentar. Caranya, campurkan 2 sdt kopi dan 1 sdt minyak kelapa. Aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian bawah mata. Diamkan selama 10 menit. Bersihkan dan bilas dengan air. Untuk hasil yang lebih cepat kamu bisa melakukannya secara rutin sebelum tidur.

10. Menghidrasi bibir.

Jangan lupakan merawat bibirmu dengan kopi. Hal ini dapat dilakukan dengan minum cukup air, menggunakan lip balm setiap hari, dan menghilangkan kulit kering. Caranya, campur 1 sdt bubuk kopi dengan 2 sdt minyak zaitun. Campur kedua bahan dalam cangkir atau mangkuk hingga tercampur. Oleskan scrub ke bibir dan gunakan jari untuk memijat lulur dengan gerakan melingkar. Gunakan minimal 3 kali seminggu. Bilas dengan air lalu oleskan pelembab favoritmu.

Manfaat madu untuk wajah.

1. Mengatasi jerawat.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Madu yang murni dan belum dipasteurisasi memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk mengatasi jerawat. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 membuktikan bahwa menggunakan madu dengan gliserin 10% dapat lebih efektif mengatasi jerawat daripada sabun antibakteri.

Untuk mengatasi jerawat, madu dapat secara langsung diberikan pada area yang berjerawat, kemudian diamkan selama beberapa saat. Meskipun dapat mengatasi jerawat, terdapat beberapa orang yang memiliki alergi terhadap madu. Oleh karena itu, penting untuk mencoba sedikit madu di bagian kulit guna mengetahui apakah ada reaksi alergi atau tidak.

2. Mencerahkan wajah.

Madu memiliki efek eksfoliasi dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dengan sel baru yang cepat tumbuh, maka akan menggantikan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dengan sel kulit baru yang lebih cerah.

Untuk merasakan manfaat madu yang mencerahkan wajah, dapat langsung mengoleskan madu di bagian wajah. Sebelum dioleskan, wajah sudah harus dalam keadaan bersih, supaya tidak ada bakteri yang menempel pada wajah. Apabila terlalu lengket, maka dapat ditambahkan dengan air. Madu didiamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

3. Melembapkan kulit.

Manfaat selanjutnya dari madu adalah meningkatkan kelembapan kulit. Gula yang terdapat dalam madu berfungsi sebagai humektan alami yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembap, lembut, dan terhidrasi lebih lama. Selain humektan alami, madu yang kaya akan antioksidan ini juga berperan penting dalam melembapkan kulit wajah.

4. Mengatasi penuaan dini.

Manfaat madu yang nggak kalah menarik adalah mengatasi penuaan dini. Perlu diketahui pada madu dapat menghambat terjadinya kerutan pada wajah, memiliki sifat antiaging, dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit wajah yang dapat mempercepat proses penuaan.

5. Berperan sebagai eksfoliator.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Madu dapat menjadi media eksfoliasi bagi kulit wajah. Eksfoliator fisik yang dijual bebas di pasaran sering kali memiliki tekstur yang kasar dan menimbulkan iritasi pada kulit. Bagi orang yang menginginkan eksfoliasi dengan lembut dan alami, madu dapat dijadikan pilihan karena mampu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati pada wajah yang membuat kulit terlihat kusam.

6. Mengatasi luka bakar.

Tak hanya menjaga penampilan wajah, madu juga bisa membantu permasalahan akibat luka bakar. Madu sangat efektif untuk mengatasi luka bakar dan mencegah adanya infeksi akibat luka bakar karena memiliki sifat antimikroba. Sampai saat ini, masyarakat luas, khususnya Selandia Baru masih sering menggunakan madu untuk mengobati luka bakar.

7. Mengatasi eksim.

Tak hanya mengatasi luka bakar, madu juga bisa membantu menangani eksim. Eksim merupakan salah satu masalah kulit yang menyebabkan gatal dan kulit memerah. Biasanya eksim dialami oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian pada tahun 2017 membuktikan bahwa madu dapat mengatasi eksim dan mengurangi ukuran lesi eksim pada kulit.

8. Mempercepat penyembuhan luka.

Madu memiliki sifat antimikroba di dalamnya. Dengan kondisi tersebut, madu memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang terdapat pada kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

9. Mengatasi psoriasis.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Psoriasis adalah gangguan autoimun yang menyebabkan adanya pertumbuhan sel kulit yang berlebihan. Akibatnya, orang yang mengalami gangguan tersebut akan mengalami gatal-gatal pada bagian sel-sel kulit yang menumpuk. Gejala psoriasis ini pun dapat dialami di bagian tubuh mana saja, salah satunya di wajah.

Dikutip dari Medical News Today, madu dapat mengatasi psoriasis dengan efektif sama seperti krim yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

10. Menangani kanker kulit.

Manfaat yang nggak kalah menarik dari madu adalah mengatasi kanker kulit. Pasalnya madu memiliki efek antiproliferatif, antikanker, dan antimetastasis yang baik untuk proses pengobatan kanker kulit. Madu juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun terbukti dapat mengatasi kanker kulit, dokter tidak menyarankan untuk semata-mata memberikan madu bagi pasien kanker kulit. Pasien tetap harus menjalani perawatan sesuai prosedur dan boleh mengonsumsi madu di samping perawatan medis.

Cara memanfaatkan madu dan kopi untuk kecantikan.

Manfaat madu dan kopi untuk wajah © unsplash.com

foto: unsplash.com

Madu dan kopi memiliki banyak manfaat untuk kecantikan terutama pada wajah. Namun kamu juga bisa memanfaatkan keduanya secara bersamaan sebagai masker. Hal ini dikarenakan tekstur ampas kopi membantu pengelupasan kulit, sementara itu kandungan kafein membantu mengurangi bengkak. Dan manfaat madu bagi kulit wajah didapat dari adanya antibakteri dan mengandung pelembap. Utuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dalam membuat masker dari kopi dan madu berikut ini:

Bahan:
- 1 sendok makan bubuk kopi
- 3 sendok madu murni

Cara membuat:
- Campur bubuk kopi dan madu tersebut sampai membentuk semacam krim atau pasta. Usahakan tidak terlalu cair, karena nantinya akan sulit dioleskan pada bagian wajah kamu.
- Oleskan masker kopi tersebut sedikit demi sedikit secara rata. Mulai dari wajah sampai dengan bagian leher.
- Agar bisa meresap secara optimal, diamkan masker tersebut sekiranya 30 menit atau sampai kering.
- Selanjutnya bilas masker tersebut dengan air dingin sampai bersih.

Perlu kamu ketahui, kopi memiliki manfaat sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mata dan sisa make up yang mengganggu. Sedangkan madu bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah.