Brilio.net - Buah semangka baik untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan dahaga. Buah semangka diketahui sangat baik dalam mencegah dehidrasi karena mengandung air yang sangat banyak.

Semangka juga baik untuk kesehatan kulit wajah lho. Dilansir brilio.net dari news.health.com, semangka yang merah mengindikasikan adanya lycopene yang tinggi. Meskipun bukan antioksidan kuat, namun lycopene bisa menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Sehingga, semangka mampu mengatasi beragam masalah kulit, mulai dari ruam panas, jerawat, sengatan matahari hingga membuat wajah menjadi cerah alias glowing. Tak heran kalau kini banyak produk kecantikan yang berbahan dari buah semangka ini.

Nah, kamu pun juga bisa membuat masker alami ini sendiri, caranya pun mudah. Penasaran gimana cara membuatnya? Berikut dihimpun dari NDTV Food dan Her Zindagi, Senin (25/01), lima cara membuat masker semangka untuk wajah.

Loading...

1. Semangka dan madu.

membuat masker semangka freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Cara yang pertama yakni dengan campuran semangka dan madu. Kedua bahan ini sama-sama dikenal bagus untuk kulit, apalagi jika digabungkan tentu akan luar biasa.

Madu sendiri berguna untuk mengatasi masalah penuaan dini, kulit terbakar dan menyamarkan noda hitam. Cara membuatnya, cukup siapkan dua sendok jus semangka dan satu sendok madu. Aduk merata kedua bahan tersebut, setelah tercampur aplikasikan ke kulit dan biarkan selama sekitar 20 menit.

2. Semangka dan susu.

membuat masker semangka freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selanjutnya yakni dengan memanfaatkan masker semangka dan susu. Susu diketuai bagus untuk mencerahkan kulit dan menutrisinya. Pemakaian masker dengan kombinasi ini bisa membantu meratakan warna kulit.

Caranya, blender semangka dengan dua sendok makan susu, kamu bisa menambahkan bubuk vitamin E untuk tambahan nutrisi ke masker tersebut. Setelah masker jadi, gunakan dan oleskan ke wajah dan tunggu 20-25 menit. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air dingin lalu tepuk-tepuk wajah agar nutrisi menyerap sempurna ke wajah.

3. Semangka dan yogurt.

membuat masker semangka freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Yogurt dikenal bermanfaat bagi kulit dan rambut kita. Perpaduan jus semangka dan yogurt mampu memberikan kulit menjadi kenyal dan glowing alias bercahaya. Penggunaan masker wajah ini secara teratur akan membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.

Caranya pun mudah, ambil mangkuk kecil dan tambahkan setengah cangkir jus semangka di dalamnya. Tambahkan satu sendok makan yogurt, dan aduk kedua bahan dengan baik. Oleskan masker wajah pada wajah dan leher kamu, dan diamkan selama 20 menit. Kemudian cuci bersih dengan air dingin.

4. Semangka dan lemon.

membuat masker semangka freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Perpaduan bahan alami semangka dan perasan air lemon untuk masker mampu mengatasi kulit wajah kering. Sebab lemon akan mengangkat sel kulit mati yang kering, sedangkan madu dan jus semangka akan melembabkan kulit kasar.

Untuk mendapatkan manfaatnya cukup ambil dua sendok makan jus semangka, tambahkan satu sendok makan jus lemon, dan satu sendok teh madu di dalamnya. Campur hingga rata dan aplikasikan pada wajah, tunggu hingga agak kering. Lalu bilas dengan air dingin.

5. Semangka dan mentimun.

membuat masker semangka freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Yang terakhir yakni dengan memanfaatkan semangka dan mentimun. Seperti kita ketahui kedua bahan alami ini sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun memiliki sifat yang sifat yang mendinginkan dan membantu menghilangkan bercak cokelat di kulit wajah.

Sedangkan, semangka memiliki sejumlah manfaat kecantikan yang dapat melembapkan kulit dan meredakan iritasi serta gatal.

Cara membuatnya yaitu, siapkan satu sendok jus mentimun dengan dan dua sendok jus semangka. Aduk rata lalu aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.