Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang selalu menjadi perhatian, terutama bagi wanita. Berbagai cara pun dilakukan oleh kaum hawa supaya kulit wajahnya tetap bersih dan sehat. Meski begitu, tak dapat dipungkiri masalah kulit wajah seperti tumbuhnya jerawat juga kerap dialami oleh para wanita.

Tidak hanya bagi wanita, jerawat juga sering membuat kepercayaan diri laki-laki terganggu. Belum lagi jika jerawat sudah sembuh, sering kali akan meninggalkan bekas di kulit.

Masalah lain yang sering dialami oleh wanita selain bekas jerawat yakni flek hitam. Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, termasuk genetik.

Flek hitam sendiri merupakan bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan. Dalam dunia medis flek hitam dikenal dengan ephelis. Sama-sama dapat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak percaya diri, berikut 25 cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (1/7).

Loading...

Cara menghilangkan bekas jerawat.

menghilangkan bekas jerawat & flek hitam © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Tomat.

Tomat sangat cocok untuk menghilangkan bekas jerawat, hal ini dikarenakan kandungan tomat seperti antioksidan, solanin, saponin, vitamin C, dan likopen. Kamu dapat menggunakan tomat sebagai langkah awal dalam menghilangkan bekas jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni sebagai berikut:

a. Iris tomat tipis-tipis.
b. Tempelkan pada seluruh wajah secara merata.
c. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas bersih dengan air.

2. Belimbing wuluh.

Kamu juga bisa menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan bekas jerawat. Tak banyak yang mengetahui bahwa belimbing wuluh memiliki kemampuan menghilangkan bekas jerawat dengan ampuh. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung vitamin C. Cara penggunaannya simpel dan sangat mudah. Berikut ini cara penggunaannya:

a. Siapkan 3 buah belimbing wuluh, cuci hingga bersih.
b. Haluskan belimbing wuluh tersebut.
c. Oleskan pada pada bagian bekas jerawat.
d. Tunggu selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.
e. Untuk hasil yang maksimal, maka kamu bisa rutin menggunakannya 2 kali sehari sekali.

3. Lemon.

Lemon merupakan buah yang memiliki khasiat tinggi. Selain segar jika dikonsumsi, ternyata buah kuning ini bisa mengatasi masalah pada kulitmu. Lemon memiliki kandungan asam alfa hidroksi alami yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, lemon juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut cara penggunaan lemon guna menghilangkan bekas jerawat:

a. Belah lemon menjadi dua bagian.
b. Peras airnya.
c. Oleskan pada bekas jerawat.
d. Diamkan sampai kering, lalu bilang bersih dengan air.
e. Lakukan perawatan ini 2-3 hari sekali.

4. Mentimun.

Mentimun mengandung vitamin A dan C sehingga sangat bermanfaat untuk kulit. Selain kaya akan vitamin, mentimun juga kaya akan kandungan mineral, magnesium, dan kalium. Kandungan inilah sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat. Berikut cara penggunaan timun untuk menghilangkan bekas jerawat:

a. Iris tipis-tipis mentimun.
b. Letakkan di bagian bekas jerawat.
c. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.
d. Lakukan 2 kali dalam seminggu.

5. Bawang putih.

Bahan dapur satu ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Mungkin untuk yang satu ini sudah banyak yang tahu, dan sudah mempraktikkannya. Bawang putih kaya akan senyawa thiacremonon dan sulfur yang mengandung antibakteri. Cara penggunaannya sebagai berikut:

a. Siapkan bawang putih secukupnya.
b. Haluskan bawang putih.
c. Oleskan pada bekas jerawat.
d. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilang hingga bersih.
e. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

6. Gula.

Gula memiliki kemampuan dalam menghilangkan bekas jerawat. Tebu yang merupakan bahan dasar gula mengandung asam glikolat dan alfa hidroksi. Dua kandungan tersebut mampu membersihkan sel kulit mati dan membentuk jaringan sel baru.

Selain itu, gula juga bisa digunakan sebagai scrub untuk wajah. Cara penggunaannya sangat mudah, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun dan air lemon. Berikut cara penggunaannya:

a. Campurkan gula, minyak zaitun, dan air lemon hingga merata.
b. Oleskan pada bekas jerawat.
c. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
d. Gunakan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

7. Minyak ikan.

Minyak ikan bisa kamu jadikan bahan untuk merawat wajah. Minyak ikan mengandung vitamin F dan Omega-3 yang ternyata ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yakni sebagai berikut:

a. Oleskan sedikit pada bekas jerawat.
b. Diamkan selama 2-3 menit, lalu bilas hingga bersih.
c. Kamu bisa menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yakni 2 kali sehari.

8. Cuka apel.

Cuka apel mengandung antiseptik dan alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Cara ini belum banyak diketahui orang, kamu bisa mencobanya. Berikut cara penggunaannya:

a. Tempelkan kapas yang sudah dibasahi dengan cuka apel pada jerawat dan bekasnya.
b. Diamkan selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air.
c. Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara diatas 2 kali sehari.

9. Baking soda.

Baking soda menjadi pilihan lainnya untuk mengatasi bekas jerawat. Hal ini dikarenakan baking soda mengandung sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Berikut cara pemakaian baking soda untuk bekas jerawat:

a. Siapkan 3 sendok teh baking soda dan tambahkan air secukupnya.
b. Oleskan pada area bekas jerawat.
c. Diamkan selama 3-5 menit, kemudian bilang bersih dengan air.
d. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengulanginya sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

10. Blueberry.

Dalam buah blueberry terdapat kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Senyawa tersebut di antaranya vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan. Cara menggunakannya:

a. Cuci bersih blueberry, lalu tumbuk hingga halus.
b. Oleskan pada bekas jerawat.
c. Diamkan selama 20 menit, dan bilas bersih.
d. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulang cara di atas 2-3 kali dalam seminggu.

11. Minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi. Dua kandungan ini ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat. Wajah juga terasa lebih halus. Cara penggunaannya:

a. Oleskan pada permukaan wajah hingga merata.
b. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.
c. Untuk hasil yang maksimal kamu harus menggunakannya secara rutin.

12. Bengkuang.

Buah yang satu ini sudah cukup terkenal untuk perawatan kulit. Selain bisa membersihkan wajah sehingga tampak bersih dan putih, bengkuang bisa menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan bengkuang mengandung vitamin C dan senyawa beta-karoten dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Berikut cara penggunaan bengkuang untuk bekas jerawat:

a. Pertama, haluskan bengkuang.
b. Jadikanlah sebagai masker wajah.
c. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.
d. Kalau kamu menggunakan masker bengkuang ini secara teratur, hasilnya tentu akan jauh lebih maksimal.

13. Bubuk kayu manis.

Selain mudah ditemukan, bubuk kayu manis memiliki manfaat besar untuk mengatasi bekas jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan antimikroba yang terdapat dalam kayu manis ternyata bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Nggak hanya itu, bekas jerawat pun bisa pudar. Cara penggunaannya:

a. Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan madu, kemudian aduk merata.
b. Oleskan pada bagian bekas jerawat sebelum tidur.
c. Keesokan harinya, bilas saja menggunakan air bersih.
d. Jika dilakukan secara teratur, tentu hasilnya juga lebih maksimal.

14. Kentang.

Kandungan niacin dalam kentang diduga kuat bisa mengatasi masalah bekas jerawat di wajah. Tak hanya itu, kentang juga dipercaya mampu berperan sebagai antiradang maupun antiseptik. Tak heran jika kentang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Berikut cara penggunaannya:

a. Iris kentang tipis-tipis.
b. Tempelkan pada bagian bekas jerawat.
c. Diamkan selama 15-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

15. Lidah buaya.

Selain dipercaya sangat baik untuk kesehatan kulit kepala, lidah buaya ternyata juga sangat ampuh dalam mengatasi bekas jerawat. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain bekas jerawat, flek hitam juga bisa hilang jika menggunakan lidah buaya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut cara penggunaannya:

a. Potong-potong daun lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya.
b. Ambil bagian gel lidah buaya, kemudian haluskan.
c. Oleskan pada wajah.
d. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

16. Madu.

Bahan alami yang terkandung pada madu sangat banyak manfaatnya. Salah satunya bisa menghilangkan bekas jerawat, serta kandungan antibiotiknya mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Cara penggunaannya:

a. Siapkan madu murni.
b. Oleskan pada bekas jerawat.
c. Diamkan sampai madu mengering, lalu bilas bersih dengan air hangat.

Cara menghilangkan bekas flek hitam.

menghilangkan bekas jerawat & flek hitam © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

17. Putih telur.

Putih telur dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat. Namun ternyata putih telur juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Penggunaannya cukup mudah, berikut caranya:

a. Siapkan putih telur, lalu oleskan ke wajah yang terdapat flek hitam.
b. Diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.
c. Jika tidak menyukai bau amis dari telur, kamu bisa menambahkan sedikit madu atau jeruk nipis.

18. Kunyit.

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang cukup ampuh menghilangkan flek hitam. Kunyit sendiri memang cukup populer di dunia kecantikan karena dapat mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit. Bahkan kunyit dikenal sangat cepat dalam menghilangkan flek hitam. Berikut cara penggunaannya:

a. Ambil dua sendok kunyit bubuk, tambahkan sedikit susu dan perasan air jeruk.
b. Aduk hingga merata, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam.
c. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

19. Pepaya.

Pepaya dikenal mampu mencerahkan kulit karena adanya kandungan enzim papain. Jika ingin menghilangkan flek hitam, kamu juga bisa menggunakan pepaya. Selain itu pepaya juga membantu membersihkan wajah dari kotoran dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Berikut cara penggunaanya:

a. Haluskan pepaya, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam.
b. Diamkan selama 20 menit lalu basuh muka dengan air bersih.
c. Lakukan secara rutin, 3 atau 4 kali dalam seminggu.

20. Bawang merah.

Bahan dapur satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam. Caranya penggunaannya:

a. Haluskan terlebih dahulu bawang merah.
b. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu, lalu oleskan pada wajahmu.
c. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

21. Kayu cendana.

Kayu cendana sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Kandungan minyak yang terdapat pada kayu cendana mampu membersihkan flek hitam secara keseluruhan. Tak hanya itu saja, wajah kamu juga jadi lebih berseri-seri. Cara penggunaannya sebagai berikut:

a. Larutkan bubuk cendana dengan campuran 1 sendok makan gliserin dan 3 sendok madu.
b. Lalu campuran tersebut diaduk dan oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam.
c. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

22. Oatmeal.

Oatmeal yang biasanya dipakai untuk sarapan ternyata bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Kandungan sapoin yang terdapat dalam oatmeal berfungsi membuang sel kulit mati sekaligus mempercerah kulit wajah dengan cepat. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni sebagai berikut:

a. Haluskan oatmeal, kemudian campurkan dengan perasan jeruk lemon atau madu.
b. Kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam.
c. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

23. Jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA). Senyawa inilah yang diklaim mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam membandel. Perannya sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus. Cara menghilangkan flek hitam dengan cepat dengan jeruk nipis yakni sebagai berikut:

a. Siapkan 2-3 jeruk nipis.
b. Belah jadi 2 bagian.
c. Peras dengan saringan.
d. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah.
e. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

24. Teh.

Teh dapat dipakai untuk menghilangkan flek hitam membandel. Termasuk untuk flek hitam bekas jerawat. Hal ini disebabkan karena sifat teh yang dapat menenangkan kulit wajah. Caranya yakni sebagai berikut:

a. Biarkan sisa rendaman teh bertahan semalaman.
b. Lalu usapkan air hasil rendaman teh ke area yang banyak memiliki flek hitam dan bekas jerawat.
c. Diamkan sampai kering.
d. Kemudian bilas dengan air hangat.

25. Almond.

Almond membantu untuk mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan flek hitam membandel dan bekas luka. Almond kaya akan vitamin E, antioksidan dan lemak sehat, juga membantu untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan mulus. Berikut cara penggunaannya:

a. Ambil 8-10 biji almond, lalu rendam ke dalam susu, biarkan semalam.
b. Kupas kulitnya dan giling kacang almond keesokan harinya.
c. Tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana dan ½ sendok teh madu ke dalamnya.
d. Campur semua bahan untuk membuat pasta masker.
e. Oleskan pasta itu pada wajah.
f. Biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bersihkan.
g. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.