Brilio.net - Sebesar apa pun cita-cita kamu, jangan pernah berhenti untuk menggapainya. Meskipun jalan yang dilalui tidak selalu mulus, tapi seperti pepatah bilang 'proses tak pernah mengkhianati hasil'.

Itulah yang dialami seorang pria lulusan SMK otomotif. Dia adalah Saifudin Aulya Akhsan, atau akrab disapa Akhsan. Meski tiga tahun berkutat di dunia otomotif semasa sekolah, tapi hal itu tak lantas membuat passion-nya sebagai fashion desainer redup.

Pria berusia 23 tahun itu membagikan kisah perjuangannya yang lulusan SMK otomotif namun berhasil menjadi fashion desainer, pada akun TikTok pribadinya, @sa_akhsan.

lulusan smk otomotif jadi fashion desainer © 2021 Instagram

Loading...

foto: Instagram/@sa_akhsan

"3 tahun sekolah di jurusan otomotif, mencoba untuk mengikuti kata orang tua buat ambil jurusan ini. Sering kali nekat buat ikut lomba yang sesuai passion gw," ungkapnya dalam video.

Meski sempat dilarang oleh orang tua, tapi Akhsan meyakini ini bukan sekadar mimpi. Ia membuktikan hal tersebut lewat lomba-lomba yang sering diikutinya.

Pria asal Sragen, Jawa Tengah, itu rupanya sudah tertarik dengan dunia fashion sejak masih SMP. Di masa itu ia belajar menjahit dan sebagainya.

lulusan smk otomotif jadi fashion desainer © 2021 Instagram

foto: Instagram/@sa_akhsan

"Aku sejak MTS, sejak SMP. Di situ aku mulai belajar jahit gitu. Karena tertarik di dunia fashion, jadi aku pengin belajar jahit gitu secara detail, kayak pola dan segala macam," ungkapnya.

Akhsan mengaku ia sempat mengubur minatnya saat di kelas 3 SMP. Faktor itu juga yang menyebabkan akhirnya Akhsan mengambil jurusan otomotif, saran dari orang tuanya. Hingga akhirnya minat itu muncul lagi saat di bangku SMK.

Beberapa kompetisi sudah pernah ia jejaki. Kompetisi pertamanya pada tahun 2015 di Jogja Fashion Week. Pada tahun berikutnya Akhsan mencoba kompetisi yang sama, dan berhasil mendapatkan juara.

lulusan smk otomotif jadi fashion desainer © 2021 Instagram

foto: Instagram/@sa_akhsan

"Terus ada pun beberapa kompetisi yang menurut Akhsan berkesan itu salah satunya di Hijab Look RCTI, kemudian Mode Fashion Project dari Kemenperin, dan beberapa kompetisi lainnya," sambungnya.

Melihat prestasi yang bukan kaleng-kaleng dari Akhsan, tentu saja orang tuanya sudah mulai menerima keputusan anaknya.

"Alhamdulillah sekarang orang tua udah mulai nerima sih, tentang passion Akhsan, kemudian cita-cita Akhsan ke depannya. Mungkin dulu orang tua ngelihatnya Akhsan masih labil, jadi belum sepenuhnya yakin," lanjutnya.

lulusan smk otomotif jadi fashion desainer © 2021 Instagram

foto: Instagram/@sa_akhsan

Postingan kisah Akhsan itu menjadi viral di media sosial. Bahkan sudah disaksikan 4,3 juta kali hingga artikel ini ditulis. Kini Akhsan terus menggeluti passion-nya sebagai fashion desainer. Ia juga punya cita-cita ingin punya workshop dan runway di Paris Fashion Week.

"Akhsan tuh pengin banget punya workshop yang di mana workshop itu bisa berguna di daerah Akhsan. Kayak workshop produksi batik, dan industri lainnya. Kalau impian yang dari dulu belum terwujud, aku pengin banget runway di Paris Fashion Week," pungkasnya.

@sa_akhsan

Buat temen temen yang di posisi yang sama kaya akhsan semangatt kalian pasti bisaa

Berkibarlah bendera negeriku - ratiiih