Brilio.net - Seorang remaja berdarah Somalia-Amerika ini rupanya menjadi remaja pertama yang berhijab dalam kontes Miss Minnesota Amerika Serikat (AS) atau USA. Namanya adalah Halima Aden (19), seorang mahasiswi di Universitas St. Cloud.

Gadis manis ini, kemarin Minggu (28/11), memenangkan kontes Miss Minnesota USA. Dia akan mewakili negara bagian Minnesota di ajang Miss USA pada tahun 2017.

Halima Aden  © 2016 brilio.net

foto: buzzfeed.com

Loading...

Meskipun berhijab, hal itu tak menyurutkan semangatnya. Aden, panggilan akrab Halima Aden juga mengenakan "burkini" selama segmen baju renang pada kompetisi yang digelar dua hari, yakni Sabtu dan Minggu tersebut.

Seperti yang dilansir brilio.net dari buzzfeed.com, Senin (28/11), Aden yang belum pernah berlaga di kontes sebelumnya, memutuskan untuk mengikuti kompetisi tahun ini untuk memecahkan stereotip negatif dan kesalahpahaman tentang muslim Amerika, Somalia-Amerika, dan wanita muslim pada umumnya.

"Saya pikir bagian dari masalah adalah mereka tidak berinteraksi dengan orang-orang yang berasal dari Somalia dan juga yang berhijab," ujar Aden kepada stasiun TV WCCO.

Halima Aden  © 2016 brilio.net

foto: buzzfeed.com

Aden lahir di sebuah kamp pengungsi di Kenya, dan beremigrasi dengan orangtuanya ke Minnesota. Minnesota sendiri telah sekian lama menjadi tempat yang populer untuk menetap bagi para imigran Somalia.