Brilio.net - Duka cita tengah menyelimuti keluarga Presiden Republik Indonesia (RI) keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Istri dan ibu tercinta, Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital (NUH) Singapura pada Sabtu (1/6).

Ani Yudhoyono meninggal dunia saat menjalani perawatan medis atas penyakit kanker darah yang dideritanya. Ani Yudhoyono meninggal dunia pada pukul 11.50 waktu Singapura.

Kepergian mantan Ibu Negara ini mengukir duka mendalam bagi keluarga besar dan kolega yang ditinggalkan. Ucapan duka cita tak berhenti mengalir dari segenap masyarakat Indonesia. Para tokoh nasional juga mengungkapkan duka citanya hingga menceritakan kenangan mereka akan sosok Ani Yudhoyono.

Ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ani Yudhoyono juga datang dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Melalui akun Facebooknya, Jokowi menyampaikan ucapan duka cita sekaligus menuliskan kenangannya akan sosok Ani Yudhoyono. Bagi Jokowi, Ani Yudhoyono merupakan sosok ibu negara yang menginspirasi dan setia.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Ibu Hajjah Kristiani Herrawati Yudhoyono di Singapura pada hari ini," tulis Jokowi seperti dilansir brilio.net dari akun Facebook Presiden Joko Widodo pada Sabtu (1/6).

"Almarhumah adalah seorang tokoh yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan sebagai istri dan Ibu Negara yang setia mendampingi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono semasa menjadi Presiden, sebagai ibu dari anak-anaknya, dan sebagai putri seorang prajurit," kenang Jokowi dalam unggahannya.

"Selamat jalan Ibu Ani, semoga amal ibadah dan baktimu untuk bangsa ini diterima di sisi Allah SWT. Kepada Bapak SBY dan segenap keluarga besar almarhumah kiranya diberiNya kekuatan dan kesabaran," doa Jokowi.

Sementara itu, jenazah Ani Yudhoyono sendiri rencananya akan disucikan dan disemayamkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Almarhumah sendiri akan diterbangkan menuju Indonesia besok pagi pukul 07.00 waktu Singapura, dengan pesawat Hercules. Jenazah kemudian akan disemayamkan di rumah duka Cikeas sebelum dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta.

Loading...