Brilio.net - Ratusan siswa SMP Negeri 1 Turi, Kabupaten Sleman dilaporkan hanyut terseret banjir, Jumat (21/2) sekitar pukul 15.30 WIB. Musibah ini terjadi saat mereka melaksanakan kegiatan Pramuka susur sungai di Sungai Sempor di Sleman.

Kepala Dusun Dukuh Tartono (54) mengaku, dia dan warganya tahu ada siswa SMP Turi 1 yang hanyut ke sungai karena diumumkan lewat pengeras suara masjid.

"Tahunya tadi 14.30 WIB ada anak hanyut di Sungai Sempor. Kegiatan di situ murni kegiatan Pramuka SMPN 1 Turi yakni susur sungai," kata Tartono dikutip merdeka.com.

Tartono menjabarkan saat kegiatan berlangsung, wilayahnya belum diguyur hujan. Namun dari informasi diketahui wilayah di atas Turi sudah hujan.

Loading...

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto membenarkan perihal adanya siswa dari SMP Negeri 1 Turi yang hanyut terbawa arus sungai. Para siswa ini hanyut saat sedang mengikuti kegiatan Pramuka. "Iya memang betul ada pelajar SMP Turi yang hanyut saat susur sungai," ujar Pipit dikutip merdeka.com.

Dilansir brilio.net dari antaranews.com, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan, kegiatan Pramuka SMPN 1 Turi ini diikuti sekitar 257 siswa.

Hingga malam ini proses pencarian siswa masih dilakukan. Sementara hasil assessment PMI Kabupaten Sleman menyebutkan sebanyak 127 siswa kelas 8 yang mengikuti acara tersebut, 120 di antaranya selamat. Sedangkan dari 129 siswa kelas 7 yang menjadi peserta, sampai pukul 18.00 WIB baru terabsen 51 orang. Total 171 siswa selamat.